loading...

Klorofil: Dapatkan Manfaat Klorofil dengan Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Posted by

Klorofil. Slogan "Back to Nature" memang sedang gencar dilaksanakan mengingat kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan bahayanya terlalu sering mengkonsumsi bahan dan obat-obatan kimia dalam jumlah besar dan terus-menerus. Salah satu produk alami yang bisa dikonsumsi untuk menunjang kesehatan adalan klorofil. Pelajaran tentang klorofil tentunya sudah dikenal anak-anak sejak SD dan untuk mudahnya bisa disebut juga zat hijau daun. Klorofil sendiri adalah pigmen yang sangat penting bagi daun untuk membantu menyiapkan makanan mereka sendiri melalui proses fotosintesis. Namun siapa sangka bahwa klorofil ternyata juga mampu memberikan manfaat sehat untuk tubuh manusia.

Sayuran hijau Sumber Klorofil
Terdapat satu catatan penting ayng arus diperhatikan karena klorofil ini disamping memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tetapi untuk produk pabrikan atau olahan yang menggunakan klorofil tetapi cara pengolahannya tidak memperhatikan mutu dari daun-daunan atau sayuran yang dipakai bisa menyebabkan timbulnya efek samping.

Beberapa Manfaat Klorofil Untuk Kesehatan.

Klorofil Penting Untuk Produksi Sel Darah Merah.
Magnesium dalam Klorofil. Inti dari sel darah Anda adalah zat besi, sementara inti molekul dari klorofil adalah magnesium. Ketika magnesium masuk ke dalam tubuh, maka mampu berubah menjadi zat besi. Zat besi diperlukan untuk menyehatkan darah serta jaringan tubuh. Selain itu klorofil juga penting untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Sebagai Sumber antioksidan
Klorofil mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Zat antioksidan ini penting untuk menghilangkan karsinogen dan zat beracun lainnya di dalam tubuh.

Antibakteria yang Mampu Melawan infeksi
Klorofil memiliki sifat antiseptik yang kuat sehingga mampu membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Di samping itu, klorofil membantu pembekuan darah serta penyembuhan luka sehingga mampu mencegah penyebaran infeksi.

Vitamin K pada Klorofil Bisa Mencegah Timbulnya Batu Ginjal
Kandungan vitamin K di dalam klorofil membentuk senyawa penting dalam urin yang mampu mengurangi pertumbuhan kristal kalsium oksalat atau batu ginjal.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Zat hijau di dalam klorofik membantu membersihkan usus dan menghilangkan ketegangan usus. Sehingga pencernaan Anda akan bersih dari zat-zat berbahaya yang tertinggal.

Antibakteri pada Klorofil Dapat Menghilangkan bau mulut
Karena klorofil tinggi akan sifat anti bakteri di dalamnya, maka klorofil mampu membantu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut.

Mengurangi sakit karena pankreatitis
Klorofil jika disuntikkan intravena membantu mengurangi rasa sakit dan gejala lain yang berhubungan dengan pankreatitis.

Untuk Program Diet Menurunkan berat badan
Klorofil membantu dalam mengendalikan nafsu makan dengan menjaga kadar gula darah stabil dalam tubuh. Kedua hal ini berperan besar dalam proses penurunan berat badan.

Klorofil Mampu Mengurangi karsinogen Penyebab Kanker
Pada pasien kanker, zat beracun yang disebut karsinogen bertanggung jawab atas kerusakan gen. Klorofilin yang ada di dalam klorofil berfungsi untuk mengurangi karsinogen tersebut sehingga mampu membantu proses penyembuhan pasien kanker.

Catatan Penting untuk produk-produk suplemen dengan bahan klorofil.
Beberapa efek samping dari produk klorofil antara lain:
  • Keluhan Pencernaan seperti Diare
  • Perubahan warna feses, Perubahan warna urin, Perubahan warna lidah
  • Kram dan nyeri perut
  • Mual dan muntah
  • Alergi seperti ruam di kulit
Mengkonsumsi klorofil juga bisa menyebabkan berbagai efek samping. Selain beberapa efek samping klorofil seperti di atas, ada pula efek samping lainnya seperti terjadinya pembengkakan pada leher, tangan ataupun wajah, kesemutan yang sangat di dada dan mulut serta kesulitan bernafas.

Beberapa kondisi di atas membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin. Jika anda melihat langsung atau mengalami beberapa efek samping di atas, anda harus segera berhenti mengkonsumsi suplemen klorofil ini dan segera berkonsultasi dengan dokter. Kemungkinan besar tanaman yang digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan suplemen klorofil ini memiliki kandungan pestisida serta racun lingkungan lain dari tanah ataupun air, ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit kanker.

Racun, pestisida dan semacamnya bisa mengganggu fungsi sistem syaraf manusia. Tidak hanya itu, zat tersebut bisa menjadi penyebab hormon yang tidak seimbang. Suplemen murni eksklusif akan mempengaruhi kesehatan anda dengan serius jika bahan pembuatannya atau tanaman yang digunakan mengandung logam berat, misalnya merkuri. Banyak pakar yang mengatakan bahwa salah satu efek samping mengkonsumsi klorofil terjadi ketika pengkonsumsian dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Ini bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Konsumsi Klorofil Langsung Dari Sumbernya, Sayuran Hijau
Memang lebih mudah jika kita mengkonsumsi klorofil dari produk-produk yang beredar dipasaran saat ini, tetapi akan lebih baik jika kita mengkonsumsi klorofil langsung dari tanaman yang merupakan sumber utama klorofil ini. Klorofil sendiri dapat dengan mudah Anda temukan di dalam sayuran. Namun klorofil juga mudah hilang jika Anda salah dalam mengolah sayuran yang akan Anda konsumsi. Oleh karena itu hindari pemasakan sayuran yang terlalu matang atau dicampur dengan bahan kimia lainnya 

Jadi jangan terlalu mengandalkan yang instan-instan karena dengan mengkonsumsi klorofil langsung dari sumbernya yang berupa sayuran hijau, daun-daunan yang dimakan secara alami maka disamping anda mendapatkan manfaat klorofil seperti tersebut di atas, anda akan mendapatkan manfaat lain karena rajin mengkonsumsi Sayuran hijau. 
Tips Hari Ini
Jagalah apa saja yang masuk ke perut melalui mulut anda karena sebagian besar penyakit pada manusia dipicu dan berasal dari makanan.....semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:15
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.