loading...

Keunggulan Produksi Tanaman Jabon Dibandingkan Dengan Sengon

Posted by

Potensi dan Nilai Ekonomis Penanaman Pohon Jabon
Kayu jabon mudah dibuat venir tanpa perlakuan pendahuluan dengan sudut kupas 92 derajat untuk tebal venir 1,5 mm. Untuk pembuatan kayu lapis, pembuatan venir kayu jabon dengan urea formaldehida dapat menghasilkan kayu lapis yang memenuhi standard indonesia, jepang dan jerman.

Menurut World Agroforestry Center, kayu jabon mudah digergaji dan memiliki permukaan yang sangat bagus serta mudah untuk dipaku. Kayu jabon juga dapat digunakan sebagai kertas tulis dengan rendemen sebesar 48,6%



Dibandingkan dengan kayu sengon, kayu jabon masih belum begitu dikenal, namun potensinya akan lebih bagus daripada sengon. Adanya hama karat tumor daris sengon yang sampai sekarang masih merupakan momok karena sulitnya penanganannya, membuat masyarakat bernangsur2 mencoba menanam jabon. Kayu jabon memiliki berat jenis yang lebih tinggi yaitu sekitar 0,42, dibandingkan sengon yang berkisar 0,30.
Walaupun dari tingkat keawetannya sama namun kekuatannya masih satu tingkat diatas kayu sengon. Untuk pembuatan kertas, kayu jabon memiliki kualitas sangat baik karena tingginya kadar selulosa dari kayu ini.

Keunggulan Kayu Jabon dibanding Kayu Sengon
Kalau dilihat dari sistematika klasifikasi tumbuhan dalam botani, kedua jenis tumbuhan ini (jabon & sengon) berbeda jauh hubungan kekerabatannya, sehingga hampir dipastikan tanaman ini memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal kenampakan/ kergaan fisik pohon, respon tanaman terhadap lingkungan, sifat fisik kayu dan sifat fisiologis pohon. Perbedaan-perbedaan ini tentunya tidak bisa dibandingkan secara mutlak antar keduanya.

Dengan selisih umur kurang lebih 2 tahun lebih 2 bulan jabon memiliki ketinggian yang sama dengan sengon yang sudah berusia kurang lebih 3 tahun. Itu sebabnya kami mengajak bagi para investor/petani yang dulu mengembangkan tanaman sengon untuk mengganti mengembangkan tanaman jabon, karena jabon jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan sengon/albasia.

Tidak semua kayu lunak sejenis/segolongan kayu jabon dapat digunakan sebagai mebel dengan ornamen ukir-ukiran seperti yang dapat dilakukan pada kayu jabon itu sendiri semisal contoh kayu sengon, kayu sengon sekalipun mungkin dapat diukir kami yakin tidak akan pernah mendapatkan hasil seperti halnya kayu jabon bahkan mungkin tidak akan pernah bisa.

Kayu Jabon selain diukir juga dapat menerima pewarna kayu dengan sempurna tidak ubahnya kayu keras semisal jati dan mahoni. Secara penampilan hasil olahan dari kayu jabon yang di jadikan mebel tidak kalah dengan hasil ukir-ukiran dari kayu keras lainya dan dari segi kekuatan kontruksi mebel juga tidak diragukan lagi.

Potensi Jabon, Nilai Ekonomis dan Keunggulan Karakter Pohon JabonKarakteristik Pohon jabon :
  • Jabon mudah tumbuh tanpa perlakuan khusus dan ekstrim.
  • Batang jabon memiliki karakteristik yang unik yaitu silindris dan tegak lurus.
  • Cabang jabon dapat rontok dengan sendirinya (self prunning) sesuai dengan umur dan iklim sehingga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang batangnya secara mandiri.
  • Warna kayu jabon putih kekuning-kuningan sehingga memenuhi syarat karakteristik bahan baku furniture.
  • Serat kayu jabon padat halus sehingga sangat sesuai untuk bahan baku plywood atau furniture.
  • Jabon memiliki ekologi tumbuh pada ketinggian 0 sampai 1000 m dpl sehingga memiliki cakupan kesesuaian tanam yang lebih luas dibanding tanaman kayu yang lain.
  • Tanaman jabon dapat tumbuh pada pH tanah antara 4,5 sampai 7,5.
  • Tanaman jabon dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1500 sampai dengan 3000 mm/th.
  • Suhu lingkungan tempat tanaman jabon tumbuh berkisar antara 140 – 400 C.
  • Usia tebang jabon relatif singkat yaitu berkisar antara 5 sampai 7 tahun.
  • Secara ekonomis, jabon merupakan bahan baku untuk pembuatan industry triplek/ plywood, kertas, furniture, kerajinan tangan, pensil, sumpit, mainan anak anak, lantai kayu, dinding kayu dan lain-lain.
Nilai Ekonomi Jabon yang Menjanjikan Sebagai Investasi Agrobisnis yang MenguntungkanMenanam jabon bagaikan menanam emas , sebab kebutuhan kayu akan terus meningkat, karena saat ini pemerintah melarang penggunaan kayu bulat hasil tebangan hutan alam, akibatnya banyak industri tutup akibat kekurangan pasokan kayu, jadi pada masa mendatang, harga kayu jabon akan semakin meningkat terus. Investasi tanaman keras/kayu yang menguntungkan dan menjanjikan. Berdasarkan karakteristik jabon dan keunggulannya secara ekonomis maka kita perlu melirik jabon menjadi salah satu alternatif untuk usaha karena memiliki peluang yang masih terbuka lebar dan sangat berpotensi return (tingkat pengembalian modal) yang besar bagi kegiatan investasi anda.

Dalam 5-6 tahun, dengan perawatan yang optimal, pertumbuhan jabon akan bisa mencapai 1 m3 (satu meter kubik) dan saat ini harga per kubik menembus angka lebih dari 1 juta rupiah.

Contoh: Harga kayu jabon per kubik pada tahun 2013 adalah sebagai berikut :
Diameter 30-39 cm = Rp 1.000.000,-
Diameter 40-49 cm = Rp 1.150.000,-
Diameter > 50 cm, = Rp 1.300.000,-.

Harga ini diprediksi akan mengalami kenaikan seiring dengan tingkat kebutuhan dan permintaan yang semakin bertambah tiap tahunnya, sedangkan persediaan kayu jabon semakin lama semakin terbatas.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:04
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.