loading...

Kembung, Penyebab dan Cara Mengatasinya serta Makanan yang harus dihindari saat Kembung

Posted by

Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa penuh dan kencang. Di samping itu, perut juga bisa terlihat membesar. Hal ini bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa disertai dengan gejala kentut secara berlebihan, bersendawa, serta perut terasa bergejolak.

Perut kembung biasanya berkaitan dengan menu makanan atau minuman dan cara Anda mengonsumsinya. Sedikit perubahan pada cara makan dan juga menu makanan atau minuman biasanya bisa membantu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung:

Menelan udara

Udara yang masuk ke dalam tubuh dikeluarkan melalui sendawa dan kentut. Kedua cara ini adalah reaksi normal yang disebabkan karena keberadaan udara yang berlebihan di dalam sistem pencernaan. Anda bisa menelan terlalu banyak udara jika:

Makan terlalu cepatMinum terlalu cepat (dengan memakai sedotan)Bicara sambil makanMengunyah permen karetMengisap permen yang kerasMinum minuman bersoda

Penyakit asam lambung juga bisa menyebabkan tubuh menelan lebih banyak udara. Saat asam lambung naik kembali ke kerongkongan, Anda akan menelan lebih banyak udara dan sering bersendawa. Terlalu banyak udara di dalam perut inilah yang bisa menyebabkan terjadinya perut kembung.

Usahakan untuk membuat bayi bersendawa pada saat dan setelah makan. Hal ini karena bayi sering menelan udara pada saat sedang makan. Jika terlalu banyak menelan udara, bayi bisa menjadi gelisah dan sakit perut.

Makanan dan minuman

Beberapa jenis makanan dan minuman menjadi penyebab utama terjadinya perut kembung. Untuk menghindarinya, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi makanan yang menghasilkan banyak gas. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan perut kembung:

Sayuran: Kol, brokoli, asparagus, kacang-kacangan, kembang kol, selada, paprika hijau, kentang, bawang bombai, gandum.Makanan yang digoreng dan berlemak.Makanan kemasan yang mengandung laktosa seperti roti dan sereal.Minuman bersoda seperti bir dan kola.Gula dan pemanis buatan.Susu dan produk olahan susu pada orang yang bermasalah dalam mengonsumsi laktosa.Buah-buahan: Apel, pir, pisang, melon.

Jumlah gas yang dihasilkan dari berbagai makanan berbeda-beda antara orang satu dengan orang lainnya. Perut kembung akibat makanan dan minuman adalah hal yang normal dan bisa dicegah dengan membuat perubahan pada pola makan dan minum.

Obat-obatan dan suplemen penambah nutrisi

Ada banyak sekali jenis suplemen penambah nutrisi dan juga obat-obatan yang bisa menyebabkan perut kembung. Berikut ini adalah beberapa obat-obatan yang bisa menyebabkan perut kembung:

Obat-obatan untuk diareObat-obatan antasidaObat-obatan opioid – sejenis obat penghilang rasa sakitObat-obatan untuk diabetesObat-obatan untuk konstipasiAspirinPil multivitamin dan penambah zat besi

Jika Anda merasa perut kembung disebabkan oleh obat-obatan atau suplemen, tanyakan kepada dokter yang memberikan resep untuk Anda. Mungkin Anda punya pilihan untuk berhenti mengonsumsi obat itu terutama jika efek sampingnya sangat mengganggu, tapi jangan berhenti mengonsumsi obat yang diresepkan tanpa anjuran dari dokter.

Kondisi medis lain

Beberapa kondisi medis bisa menyebabkan terjadinya perut kembung, atau bisa dikatakan perut kembung menjadi salah satu gejala, contohnya:

Gangguan pencernaan misalnya infeksiKonstipasiPenyakit celiacKanker usus besarPenyakit CrohnBatu empeduGangguan pada pankreasPenyakit asam lambungKanker ovarium

Kenali gejala yang Anda alami untuk memastikan apakah Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab lainnya

Selain beberapa penyebab di atas, perut kembung bisa diakibatkan beberapa kondisi lainnya, seperti:

Kehamilan
Perubahan level hormon pada wanita sebelummenstruasi

Sumber alodokter.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:54

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.