loading...

Ikan Hias Cantik dan Indah Terkecil dan Terbesar di Dunia, Ikan Arwana Tetap Juara

Posted by

Ikan Hias Cantik Dengan Ukuran Terkecil dan Ikan Hias Indah Dengan Ukuran Terbesar

Jenis Ikan Hias Cantik Terkecil
Paedocypris progenetica

Paedocypris progenetica


Ikan hias terkecil pertama bernama Paedocypris progenetica. Jenis ini ditemukan di perairan Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera. Kelompok ikan ini hidup dengan mengunyah plankton di dasar rawa. Karena berukuran mungil, dengan berlindung di genangan air terdangkal di rawarawa, ikan ini mampu bertahan hidup ketika daerah tinggalnya dilanda kekeringan. Otak ikan ini tidak dilindungi oleh tengkorak kepala. Dan, betinanya hanya mampu menghasilkan beberapa indung telur.

Ikan bertubuh tembus pandang ini hidup di lahan-lahan gambut di Sumatera. Untuk menemukan ikan ini, para ilmuwan mengamatinya dengan mikroskop stereoskopik khusus agar bisa mengukur panjang tubuhnya secara akurat. Ikan dewasa terkecil yang berhasil ditangkap berjenis kelamin betina. Panjang dari ujung mulut hingga ujung ekor hanya 7,9 milimeter. Selain sebagai ikan terkecil, spesies ini pun mendapat predikat sebagai vertebrata terkecil di dunia. Sayangnya, ikan ini terancam punah akibat perusakan lahan-lahan gambut di Sumatera.




Schindleria brevipinguis 

Schindleria brevipinguis  
Rekor ikan hias terkecil kedua adalah Schindleria brevipinguis. Dikenal dengan nama umumstoutinfant fish, ikan ini termasuk jenis ikan laut dan hidup di perairan Australia dalam familiSchindleriidae. Spesies ini tumbuh hingga panjang maksimum 8,4 milimeter, dengan panjang laki-laki setelah dewasa menjadi 7 milimeter.

Spesimen pertama dikumpulkan oleh Jeff Leispada 1979, tetapi spesies ini tidak dijelaskan secara resmi hingga muncul sebuah laporan resmi pada 2004 (Watson dan Walker). Namabrevipinguisberasal dari bahasa Latin “brevis”(pendek) dan “pinguis”(gemuk), mengacu pada ikan yang lebih pendek dengan tubuh lebih tebal dibandingkan spesiesSchindlerialainnya.
 
Trimmatom nanus

Trimmatom nanus

Trimmatom nanus merupakan ikan hias terkecil ketiga. Jenis ikan laut dari familiGobiidaeini juga termasuk ikan kerdil dari Nusantara sebagaimana ikan terkecil jenis pertama. Selain di Indonesia, ikan ini bisa ditemukan di perairan Maladewa di bagian barat Samudra Hindia.

Dengan panjang tubuh setelah dewasa tidak lebih dari 10 milimeter, hingga tahun 2004 ikan ini masih dinilai sebagai jenis ikan dan vertebrata paling pendek. Namun setelah penemuan Schindleria brevipinguis,ikan ini kemudian menempati urutan kedua dalam daftar ikan terkecil di dunia. Kini, dengan penemuan terbaru atas Paedocypris progenetica, Trimmatom nanuskembali bergeser posisi ke urutan ketiga sebagai ikan paling mungil di dunia.

Ikan Hias Terbesar
Ikan Hiu Air Tawar


Hiu Air Tawar
Ikan terbesar yang digandrungi sebagai ikan hias adalah hiu. Ikan yang dikenal buas ini biasanya dijadikan ikan hias dengan cara diawetkan dan diletakkan di ruangan, bukan di akuarium. Tetapi, ada juga yang nekad memajang ikan buas ini hidup-hidup di akuarium. Hanya saja, hiu yang dipilih adalah hiu jenis air tawar. Ikan dengan postur lancip ini dinamakan Hiu Air Tawar. Jenis ini tidak kanibal, makanannya hanya cacing beku. Hiu jenis ini berasal dari sungai Amazon di Amerika yang terkenal liar. Panjangnya bisa mencapai 4 meter. Itu pun jika dipelihara bertahun-tahun. Jenis hiu lainnya adalahblacktipreef shark. Hiu dengan warna hitam pada siripnya terutama punggung dan ekor ini banyak mendiami terumbu karang tropis, khususnya di Samudra Pasifik.

Ikan ini lebih suka tinggal di perairan dangkal terutama di pantai. Tak heran, hiu jenis ini sering jadi tontonan masyarakat. Ukuran ikan ini juga sangat beragam. Namun, yang umum dipajang sebagai ikan hias adalah hiu yang panjangnya 30-50 sentimeter saat kecil dan ketika dewasa mencapai 1,2 meter hingga 1,4 meter. Pemeliharaannya minimal dua ekor per akuarium yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran ikan setelah dewasa. Jenis akuarium untuk hiu biasanya tidak memakai dekorasi, misalnya tanaman hias.


Catfish 

Catfish

Ikan hias terbesar berikutnya adalah catfish. Ikan mirip lele ini terbilang baru sebagai ikan hias dan didatangkan dari luar negeri, khususnya dari Amerika Selatan.Catfishyang biasa dijadikan ikan hias adalah genusCorydoras. Genus Corydorasdikenal di kalangan pencinta ikan hias memiliki banyak spesies, tampak pada bentuk tubuh dan warnanya. Ikan ini mudah dipelihara, kuat, aktif, dan menghibur. Berbagai spesies ikan ini rukun satu sama lain dan tidak agresif sehingga sangat cocok dipelihara di akuarium.

Dilihat dari bentuknya, ikan ini memiliki tubuh pendek dan gemuk serta punggung lebih melengkung dibandingkan dengan perutnya. Kedua sisinya dilengkapi dengan lempengan seperti tulang yang tersusun dalam dua baris, mempunyai dua pasang kumis yang terletak di rahang atas dan rahang bawah serta ukuran tubuh dapat mencapai 120 milimeter.

Ikan Hias Terindah dan Terbesar serta Tercantik Ikan Arwana  

Ikan Arwana
Ikan arwana merupakan ikan hias terbesar ketiga. Di Indonesia, ikan yang hidup di air tawar ini dapat ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini dapat juga ditemukan di Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Ikan ini disebut juga “Ikan Naga” dan sering dihubungkaitkan dengan naga dalam mitologi Tionghoa. Arwana Asia umumnya berwarna keperak-perakan. Keindahan ikan ini terletak pada bentuk sisiknya. Jika tersorot cahaya, sisiknya akan terlihat mengilap bagai perak yang baru digosok.

Meski umumnya keperak-perakan, tapi terdapat empat varietas warna, yakni hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia; emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia; emas, ditemukan di Malaysia; dan merah, ditemukan di Indonesia. Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus “terancam punah” oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ikan ini kian menurun akibat diperdagangkan mengingat nilainya yang tinggi sebagai ikan hias. Penganut Feng Shui bahkan rela membayar dengan harga mahal untuk seekor ikan ini.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:00
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.