loading...

IB Ternak Sapi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Inseminasi Buatan (IB)

Posted by

Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan IB
Inseminasi Buatan. Definisi Inseminasi Buatan (IB) secara sederhana adalah pemasukan atau penyampaian semen ke dalam saluran kelamin betina dengan menggunakan alat-alat buatan manusia, jadi bukan secara alam. Dalam praktek prosedur IB tidak hanya meliputi deposisi atau penyampaian semen ke dalam saluran kelamin betina, tetapi juga tak lain mencakup banyak hal yang akan mendukung keberhasilan suatu program inseminasi buatan antara lain:
  • seleksi dan pemeliharaan pejantan
  • penampungan semen/sperma
  • penilaian kualitas semen/sperma
  • proses pengenceran
  • proses penyimpanan sperma
  • proses pengangkutan semen
  • proses Inseminasi
  • pencatatan dan juga penentuan hasil inseminasi pada hewan betina
  • kualitas dan jenis sapi betina yang akan di IB
  • faktor penyakit (contoh brucellosis)
  • petugas inseminasi
  • bimbingan dan penyuluhan pada peternak
  • dan lain-lain
Demikian banyaknya faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan program perkawinan dengan inseminasi buatan. Jika salah satu langkah atau proses diatas ada yang tidak sesuai atau tidak prosedural maka program inseminasi buatan bisa terancam gagal dengan kata lain sapi betina tidak akan pernah bisa bunting. Contoh mudahnya adalah dalam hal penyimpanan sperma atau semen sapi, jika cara penyimpanannya salah bisa mengakibatkan sperma rusak/mati sehingga meskipun di inseminasikan puluhan kali juga tidak akan bisa membuat bunting sapi betina. Bisa juga dari kualitas sapi betinanya, mungkin ada yang abnormal pada uterus atau rahimnya sehingga meskipun bisa bunting akhirnya akan keguguran juga.

Keberhasilan Program Inseminasi Buatan

Jika kita simak cuplikan berita berikut ini yang dicomot dari Jpnn, sepertinya faktor-faktor penentu keberhasilan IB diatas harus dievaluasi untuk daerah Sumatera Barat yang mungkin juga bisa terjadi di daerah lain di seluruh Indonesia.
Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto mengungkap sejumlah peternak sapi di Sumatera Barat mengeluhkan sapi mereka yang tidak kunjung bunting, meski sudah menjalankan inseminasi buatan (IB) sampai delapan kali. Padahal lanjutnya, IB dilakukan langsung di bawah pengawasan mantri dan harus mengeluarkan uang sekitar 50 hingga 70 ribu rupiah. "Tapi sapinya tetap tidak bunting sehingga mereka sangat kesal," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.
Selain menemukan ungkapan kekesalan, menurut Hermanto ada juga satu atau dua sapi yang langsung bunting hanya dengan satu kali menjalan IB. "Namun yang seperti ini jarang terjadi," ungkapnya.
Bahkan ada juga di antara peternak sapi yang senang karena hanya dengan satu kali IB sapinya langsung bunting. "Tapi dalam proses berikutnya sapi dimaksud keguguran. Ujung-ujungnya peternak sapi kesal juga," ungkapnya.
Anehnya lagi menurut Hermanto, di antara sapi yang berhasil bunting dan beranak tapi pada tahun berikutnya sapi tersebut tidak beranak. "Para peternak minta dibantu agar sapinya bisa beranak tiap tahun," imbuhnya.
Terkait dengan itu, Hermanto mendesak Kementerian Pertanian (Kementan) agar proaktif membantu peternak dalam mengatasi masalah ini. Sebab, masalah kegagalan reproduksi sapi yang dialami masyarakat Sumbar ini sangat mungkin dialami juga oleh para peternak sapi di seluruh Indonesia.(Jpnn).

Tiga Faktor Utama Pendukung Keberhasilan IB
  • Kualitas Semen/Sperma ( Mencakup Pejantan yang diambil spermanya, cara menyimpan, mengangkut dan mengencerkan sperma agar tidak rusak )
  • Kualitas Sapi Betina calon indukan ( kondisi rahim harus bagus, terinfeksi penyakit atau tidak dan dipengaruhi juga dengan jenis sapi yang akan di IB apakah betina PO, Limousine atau simmental )
  • Pelaksana IB / Petugas Inseminasi ( Berpengalaman atau belum dalam menentukan saat birahi sapi betina maupun saat melakukan inseminasi )
Demikian sedikit ulasan tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu program inseminasi buatan (IB), semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:04
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.