loading...

Daun Zaitun: Manfaat Ekstrak Daun Zaitun Untuk Menurunkan Kolesterol sampai Mencegah Kanker

Posted by

Manfaat Daun Zaitun. Manfaat buah dan minyak zaitun sudah lama terbukti sangat bagus bagi kesehatan dan lebih dulu populer daripada manfaat lain bagian pohon zaitun yaitu daunnya. Zaitun sebagai salah satu dari  begitu banyak tanaman di sekitar kita yang menyimpan manfaat sehat ternyata memiliki khasiat tersembunyi pada daunnya juga. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun zaitun juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah dengan buah dan minyak zaitun yang telah lebih dahulu diketahui manfaatnya oleh masyarakat luas.

Daun Zaitun
Berikut adalah manfaat sehat dari daun zaitun Untuk Kesehatan:

Bersifat Antikanker yang bermanfaat untuk mencegah kanker
Salah satu manfaat sehat dari daun zaitun adalah mampu mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun zaitun memiliki sifat anti-kanker, mengurangi volume tumor, serta memberikan perlindungan terhadap kanker payudara.

Mencegah Osteoporosis dan Menguatkan tulang
Kandungan oleuropein di dalam daun zaitun mampu merangsang produksi sel pembentuk tulang atau osteoblas. Selain itu, daun zaitun juga mencegah osteoporosis.

Anti bakteri
Kandungan oleuropein selain bermanfaat untuk menguatkan tulang juga bermanfaat untuk memerangi mikroorganisme seperti bakteri dan virus penyebab penyakit.

Sumber  zat antioksidan
Daun zaitun mengandung fenol, zat antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas. Radikal bebas merupakan zat aktif yang merusak sel sehat serta menyebabkan penuaan dini.

Anti inflamasi
Oleuropein yang mampu melawan bakteri ternyata juga bermanfaat sebagai zat anti inflamasi dalam tubuh. Hal ini berarti daun zaitun mampu melawan berbagai macam peradangan dan infeksi dalam tubuh.

Bagus Untuk Penderita Hipertensi karena mampu menurunkan tekanan darah
Daun zaitun mampu menurunkan tekanan darah Anda secara efektif. Lagi-lagi hal ini disebabkan karena kandungan oleuropein di dalamnya. Zat sehat ini secara efektif mampu mengurangi ketegangan di pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, serta mencegah pembentukan gumpalan darah. Daun zaitun juga membantu menstabilkan denyut jantung serta menyeimbangkan kadar gula darah.

Mengurangi kolesterol
Karena daun zaitun mampu menurunkan tekanan darah, maka kolesterol pun juga bisa turun dengan cara mengonsumsi daun zaitun.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Daun zaitun sejak dulu digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Sebab daun zaitun tinggi akan zat anti bakteri dan zat antioksidan.

Zat Antibakteri dalam daun zaitun mampu melawan flu
Daun zaitun merupakan obat herbal yang baik untuk menyembuhkan flu karena kandungan zat antibakteri di dalamnya.

Mengobati berbagai macam  penyakit ringan
Sifat anti bakteri di dalam daun zaitun mampu bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ringan dan gangguan jamur. Daun zaitun juga mampu melawan penyakit alergi, berbagai macam infeksi, serta TBC.

Penelitian Tentang Manfaat Ekstrak Daun  Zaitun
Beberapa literur menyebutkan bahwa daun zaitun berkhasiat sebagai obat kandung kemih, mengatasi hipertensi, dan memerangi bermacam jamur, virus serta bakteri.
Belum lama ini peneliti Australia menemukan bahwa secangkir teh yang diperkaya dengan ekstrak daun zaitun bisa menjadi alat baru untuk memerangi obesitas.

Dr Lindsay Brown, selaku pimpinan penelitian dari University of Southern Queensland mengemukakan, kandungan phytochemical oleuropein dalam jumlah besar yang terdapat pada ekstrak daun zaitun dapat mengurangi timbunan lemak. Kendati demikian hal tersebut baru teruji pada tikus.

Menurutnya, Oleuropein memiliki kandungan antioksidan dua kali lipat lebih banyak seperti teh hijau dan dipercaya sangat ampuh menurunkan tekanan darah, mencegah flu dan mengobati masalah kardiovaskular.
Dalam studi tersebut, tikus diberi makan tinggi lemak, tinggi karbohidrat selama delapan minggu sampai mereka mengembangkan tanda-tanda sindrom metabolik (misalnya, lemak perut dan intoleransi glukosa). Setelah itu tikus tersebut kemudian diberi kopi yang diperkaya dengan ekstrak daun zaitun selama delapan minggu dan  hasilnya justru menunjukkan gejala sebaliknya.

Dr Brown mengatakan, ekstrak daun zaitun menyebabkan penurunan berat badan karena adanya kandungan senyawa anti-inflamasi. "Apa yang kami temukan adalah bahwa tikus yang diberi makan daun zaitun terlihat sehat. Efek merugikan dari makanan tinggi lemak dan tinggi karbohidrat yang bisa menyebabkan peradangan pada jantung malah tidak terlihat," jelasnya.

Menurut Brown, penelitian ini menunjukkan bahwa secara alami ekstrak daun zaitun efektif untuk menurunkan berat badan dan bisa menjadi cara sederhana untuk mengontrol obesitas, tekanan darah dan mencegah diabetes.

Referensi:
www.merdeka.com
www.kompas.com
sumber lain

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:39
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.