loading...

Daun Nangka: Manfaat dan Penggunaannya Untuk Obat dan Kesehatan

Posted by

Manfaat Daun Nangka Bagi Kesehatan 

Daun Nangka

Daun Nangka. Umumnya daun nangka lebih banyak digunakan sebagai pakan ternak di pedesaan terutama untuk ternak kambing. Daun pohon nangka biasanya dijadikan alternatif hijauan pakan saat musim kemarau dimana rumput banyak yang menguning dan juga semakin sulit mencarinya sehingga kebiatan "ngarit" rumput jadi terhenti. Belum banyak yang tahu jika ternyata daun nangka juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat daun nangka bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat daun nangka untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah :

Mengobati Penyakit Bisul:
Bahan: 
  • Daun nangka, Jagung dan Kelapa, minyak kelapa
Cara: 
  • Bakar ke 3 bahan tersebut sampai menjadi abu
  • Campur abu tersebut dengan minyak kelapa 
  • Oleskan pada bisul


Ekstrak daun Nangka juga dipercaya bisa untuk Obat:
  • Diabetes
  • Asma
  • Kutu Kurap
  • Kaki Pecah-pecah
  • Batu empedu
Manfaat Kesehatan Lainnya dari Daun Nangka

Menjaga kesehatan tubuh,  untuk menjaga dan mengobati berbagai penyakit dalam tubuh, anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun nangka ini. Cara menggunakannya sangat mudah. Siapkan 10 lembar daun nangka yang sudah tua dan bersihkan dengan menggunakan air. Kemudian rebus daun nangka dengan menggunakan 1 ½ liter air tunggu beberapa saat sampai daun nangka setengah matang dan matikan api. Kemudian tiriskan pada mangkuk lalu tutup agar uap air nangka ini tidak terbuang. Setelah dingin, minumlah ramuan daun nangka sebanyak 3 kali sehari setengah jam sebelum anda makan.

Mengangkat sel-sel kulit mati, untuk merawat kecantikan kulit anda, bisa juga diatasi dengan menggunakan daun nangka ini. Cara menggunakannya yaitu diolah menjadi masker daun papaya. Ambillah beberapa lembar daun nangka yang tidak terlalu muda dan tidak juga terlalu tua. Bersihkan terlebih dahulu daun nangka dengan dibilas menggunakan air, kemudian haluskan daun papaya dengan cara ditumbuk. Setelah halus, anda dapat menggunakan daun nangka sebagai masker pada seluruh kulit wajah anda. Lakukanlah cara ini secara rutin setiap satu minggu sekali agar hasilnya maksimal.

Mencegah Penuaan Dini
Manfaat daun nangka yang pertama adalah dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan yang terkandung dalam daun nangka mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh kita sehingga dapat mencegah penuaan dini.


Daun Nangka Untuk Obat Jerawat 
Caranya adalah pertama-tama bersihkan wajah dengan menggunakan sabun atau milk cleanser lalu keringkan dengan menggunakan handuk. Setelah itu siapkan 6 sampai 9 daun nangka yang kering dan bersih. Cuci daun nangka. Potong kecil kecil atau remukan dengan tangan. Tumbuk daun hingga halus seperti bubuk susu. Tambahkan daun nangka dengan 5-10 tetes air. Lalu aduk hingga rata. Oleskan masker ke wajah  yang berjerawat dan mengelupas. Hindari bagian mata. Diamkan selama 20 menit. Setelah kering bilas dengan air dingin. Lalu keringkan wajah.


Tinggi Kalsium
Daun nangka mempunyai kandungan kalsium yang tinggi karena itu daun nangka sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.


Daun Nangka Sebagai Anti Kanker
Salah satu manfaat daun nangka yang hebat adalah mempunyai sifat anti kanker. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pengobatan kanker bisa dilakukan dengan perpaduan daun nangka dan daun sirsak.

Cara membuat ramuan daun nangka : 
  • Siapkan 10 lembar daun nangka segar (tidak terlalu muda).
  • Rebuslah dengan air satu setengah liter
  • Didihkan air jangan terlalu lama, tak perlu sampai daun itu masak benar. 
  • Ambil air yang tersisa, tuang ke sebuah mangkok besar, lalu tutuplah mangkok itu agar uap air daun nangka itu tidak menguap dan terbuang ke luar. Simpanlah sampai air itu dingin. 
  • Cara Pemakaian: Minumlah 3 x sehari tiap setengah jam sebelum makan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:27
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.