loading...

Daun Apu-apu: Tanaman Hias Kolam Ikan Yang Bermanfaat Juga Bagi Kesehatan

Posted by

Manfaat Daun Kapu-kapu untuk kesehatan.
Daun Tanaman Apu-apu. Tanaman ini sangat populer diantara tukang-tukang taman terutama yang biasa mengerjakan taman yang didesain kombinasi dengan kolam ikan. Daun apu-apu atau tanaman kapu-kapu atau Kiapu/Kiambang dalam bahasa Sunda dan nama ilmiahnya adalah Pistia stratiotes L merupakan tanaman yang biasa kita jumpai di kolam-kolam ikan atau di rawa-rawa. Tanaman ini hidup mengambang di permukaan air sedangkan akarnya menjuntai kebawah di bawah permukaan air. Selain untuk penghias kolam ikan anda, tanaman ini banyak mengandung khasiat obat yang bermanfaat untuk keluarga dirumah.



Sifat dan Khasiat :
Rasa herba Apu-apu pedas, bersifat sejuk, berkhasiat antirematik, antiradang, peluruh keringat (diaforetik), dan peluruh kencing (diuretik)

Kandungan Kimia :

Mengandung flavonoid, tanin, dan polifenol.

Bagian yang Digunakan :

Daun tanpa akar. Bisa digunakan yang masih segar atau yang telah dikeringkan.

Indikasi :

Herba Apu-apu dapat digunakan untuk pengobatan :
1. flu, demam, batuk rejan,
2. pegal linu (reumatism), bengkak terbentur (memar),
3. bengkak (edema), kencing terasa nyeri (disuria),
4. kencing nanah,
5. gatal alergi (urtikaria), gatal-gatal (pruritus),
6. disentri
7. penyakit kulit seperti bisul

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus daun sebanyak 10-15 g.

Pemakaian luar, bisa digunakan untuk pengobatan eksim, panu dan radang kulit yang bernanah. Caranya, giling halus herba, lalu peras. Air perasan di gunakan untuk mengompres. 

Dapat juga dengan merebus daun segar. Sesudah dingin, air digunakan untuk membasuh bagian yang sakit.

Contoh Cara Pemakaian :

- Demam
Cuci daun Apu-apu segar sebanyak 15 lembar, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan bagi untuk dua kali minum pada waktu pagi dan sore.
Catatan :
- Wanita hamil dilarang meminum rebusan apu-apu.
- Bagian akar sedikit toksik. Untuk diminum, gunakan bagian daun, sedangkan bagian akar dibuang

Sekilas Tentang Tanaman Daun Apu-apu atau Kapu-kapu
Tanaman air yang sering juga disebut dengan Apu-Apu, Kol Air, Water Lettuce (Pistia stratiotes),memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kol. Pada awalnya saya merasa agak aneh, melihat tanaman ini diperjual-belikan di tukang-tukang tanaman di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Karena sebenarnya tanaman ini sangat mudah kita jumpai di pedesaan. Di sawah, di sungai, selokan, kolam-kolam maupun tempayan air. 

Daunnya berwarna hijau dan muncul dari tengah jika kita pandang, juga sangat mirip dengan bunga hijau yang tengah mengapung di air. Daun tanaman ini agak tebal bertekstur lembut mirip beludru yang kedap air. Sangat cantik terutama jika kita letakkan di pot-pot air bermulut lebar yang berkaki rendah. Sehingga kita bisa menikmati keindahannya dari atas secara optimal

Mengembangbiakannya sangat mudah, cukup dengan memisahkan anakannya yang tumbuh dari batang julurnya, lalu kita pindahkan ke tempayan yang lain. Tempatkan tempayan di halaman rumah di area yang mendapatkan cukup sinar matahari, namun tidak berlebihan. Tanaman akan tumbuh sumbur dengan hijau segar yang menawan. Terlebih jika secara berkala dilakukan pemupukan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:54
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.