loading...

Cendana: Manfaat Kayu, Minyak dan Serbuk Cendana Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted by

Manfaat dan Khasiat Pohon Cendana
Cendana (Santalum album). Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal.


Manfaat Minyak Cendana dan Kayu Cendana 


Minyak dan Kayu Cendana
Kayu Cendana Untuk memperoleh kulit yang cerah, halus dan mulus
Bekas luka atau bekas jerawat di wajah terkadang sangat susah dihilangkan atau minimal disamarkan. Kayu cendana dapat menghilangkan luka dan mencerahkan kulit wajah secara perlahan. Campurkan minyak zaitun dan minyak cendana di wajah sebelum Anda tidur.

Bubuk Cendana Bermanfaat Menghilangkan jerawat dan komedo

Caranya: Campurkan bubuk cendana, bubuk kunyit dengan air mawar, lalu jadikan pasta. Lalu oleskan pada wajah untuk merawat jerawat dan menghilangkan komedo.


Minyak Cendana untuk Mengobati dan Mengatasi Peradangan
Salah satu produk yang sangat penting dari pohon cendana adalah minyak cendana. Minyak esensial cendana adalah obat anti inflamasi alami, yang memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengatasi peradangan yang parah. Minyak ini juga memiliki kegunaan terbesar untuk menyembuhkan rasa sakit pada sistem saraf (termasuk otak), sistem sirkulasi, sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Jika salah satu dari sistem tubuh kita sakit akibat demam, penggunaan antibiotik, gigitan serangga, bahan beracun, atau cedera, maka minyak ini dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkannya. 


Sebagai Antipasmodic, Relaksasi Otot untuk Menghentikan Kejang
Salah satu manfaat dari minyak cendana adalah bisa untukmengobati kram otot karena minyak cendana juga dikenal sangat antispasmodic, karena memiliki sifat obat penenang serta sifat merelaksasi otot. Minyak ini bekerja pada serat otot, serabut saraf, dan pembuluh darah untuk membuatnya menjadi rileks, yang pada akhirnya bisa menghentikan kejang parah. Manfaat berikutnya termasuk mengobati batuk, otot berdenyut, kram, dan lain-lain yang disebabkan oleh kontraksi otot akut. 


Minyak Cendana sebagai Anti mikroba
Minyak cendana dapat berfungsi sebagai desinfektan dan telah dibuktikan bahwa minyak cendana memiliki unsur disinfektan yang tinggi. Aroma yang berbeda dari minyak ini dapat mengusir hama serta mikroba lainnya. Oleh karena itu, ia juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama produk pengusir serangga, pestisida, dan cairan yang digunakan dalam evaporator untuk desinfektan. Mencampur beberapa tetes minyak cendana dengan body lotion atau air mandi bisa menjaga kulit bebas dari masalah infeksi.

Berfungsi juga sebagai Antiseptik Ampuh
Karena memiliki sifat antimikroba, minyak cendana juga digunakan sebagai antiseptik yang efektif. Umumnya digunakan secara topikal untuk cedera, lesi, bisul, jerawat, dll supaya tidak terinfeksi. Selain dari penggunaan luar, minyak esensial ini juga bisa digunakan untuk penggunaan dalam. Tambahkan beberapa tetes minyak kedalam segelas susu yang hangat dan meminumnya. Mengkonsumsi secara teratur campuran ini akan memberikan perlindungan dari ulkus, serta infeksi di tenggorokan, kerongkongan, saluran pencernaan, dan saluran ginjal.


Bubuk Kayu Cendana Bisa digunakan untuk Menghaluskan wajah

Cara menggunakan bubuk cendana untuk menghaluskan wajah adalah campurkan tiga sendok kayu cendana dengan satu sendok minyak kelapa dan minyak almond untuk dijadikan pasta. Lalu oleskan pada wajah Anda, diamkan selama 15 menit, lalu bilaskan wajah Anda dengan air hangat.

Untuk meratakan warna kulit wajah yang belang

Warna wajah yang belang membuat Anda tidak percaya diri untuk menghilangkan belangnya Anda bisa melakukannya dengan membuat pasta. Bahan yang Anda perlukan bubuk kayu cendana, yang dicampurkan dengan cuka apel dan sedikit bubuk kunyit. Oleskan pada kulit Anda yang belang diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Memudahkan dan merangsang proses buang air kecil/Kencing
Minyak cendana sangat membantu untuk mempromosikan buang air kecil. Seperti yang telah Anda ketahui, minyak esensial ini dapat menekan rasa sakit pada sistem ekskresi, serta memberi efek mendinginkan. Akibatnya, buang air kecil menjadi lebih mudah, jumlah urin meningkat, dan frekuensi buang air kecil akan jauh berkurang. Singkatnya, minyak ini bekerja sebagai diuretik dan akan menjaga sistem ginjal menjadi sehat. 


Terapi untuk Penderita Hipertensi karena mampu menurunkan tekanan darah
Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, minyak cendana bisa memberikan banyak keuntungan. Hal ini karena banyak mengandung unsur penurun hipertensi, sehingga dapat mengatur tekanan darah secara efisien bila dikonsumsi dengan cairan seperti air minum atau susu. Jadi, penggunaan secara internal bisa mengurangi risiko hipertensi. 


Minyak cendana untuk menghilangkan dan mengurangi Bau Badan
Aroma cendana yang segar dan harum telah membuat minyak ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari wewangian. Hal ini biasanya dikombinasikan dengan produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, serta deodoran untuk menghilangkan bau badan.


Tonic Kesehatan untuk Anak
Tidak semua minyak esensial aman untuk anak-anak. Tapi minyak cendana bisa diberikan kepada anak-anak tanpa perlu khawatir dengan keamanannya. Hal ini sudah disebutkan diatas, bahwa minyak ini memiliki efek menenangkan yang sangat baik pada sistem organ dalam. Hasilnya bisa membantu mensingkronkan pergerakan anak dengan baik, serta membuat seluruh sistem tubuh anak berkembang dengan sehat. 


Sebagai Ramuan Terapi Stress karena bisa Mengendalikan Stres dan Kecemasan
Minyak cendana memiliki efek alami yang dapat menenangkan sistem saraf. Hal ini dapat menghilangkan semua jenis ketegangan, keresahan, ketakutan, agitasi, kecemasan, dll, dengan membuat santai saraf Anda. Dengan demikian kita akan memiliki penglihatan yang lebih baik, meningkatkan fokus, dan memiliki gagasan yang positif. 


Minyak Cendana Juga bisa Membuat kulit cerah, bersih dan sempurna
Jika sebelumnya sudah diuraikan bahwa bubuk kayu cendana bisa untuk menghaluskan wajah dan membersihkan komedo dan jerawat, demikian juga dengan manfaat dari minyak cendana. Minyak cendana juga memiliki manfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, halus dan mulus juga menyamarkan noda-noda hitam pada wajah.


Sekilas Tentang Pohon Cendana

Pohon Cendana
Cendana (Santalum album Linn.) merupakan salah satu komoditi Hasil Hutan bukan Kayu (HHBK) yang bernilai ekonomi tinggi, bahkan merupakan salah satu species dari genus Santalum yang terbaik didunia karena kandungan volume kayu teras dan kadar minyak cendana (santalol) yang tinggi pada beberapa decade yang lalu, produk dari kayu teras dan minyak cendana memberikan kontribusi yang besar bagi Penerimaan Asli Daerah (PAD) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Cendana (Santalum album Linn.) merupakan idegenous species yang tumbuh di Nusa Tenggara Timur (NTT), antara lain di Pulau Timor, P. Sumba, P.Alor, P.Solor, P.Antar, P.Flores, dan P.Roti. Selain di NTT, Cendana juga di jumpai di Gunungkidul, Imogiri, Bantul, dan Kulon Progo (DIY), Bondowoso (Jawa Timur), dan Sulawesi. Selain di Indonesia tanaman ini juga tumbuh di India bagian selatan dan Australia bagian utara dan barat.

Cendana dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 50-1200 m dpl, curah hujan 625-1625 mm/tahun (tipe iklim D-E menurut Schmidt dan Ferguson), temperature 10c-35c, tanah kaya zat besi. Kondisi tanah yang optimal adalah tanah sarang, baik dengan batuan induk kapur maupun vulkanik, warna tanah merah sampai coklat (Herawan, 2009)


Pustaka
Herawan, T. dan Wiyatmoko, AYPBC. 2009. Budidaya Tanaman Cendana (Santalum album Linn.)
Departemen kehutanan BBPBPTH. Yogyakarta

https://forestryinformation.wordpress.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 17:06
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.