loading...

Cara Mudah Agar Ginjal Selalu Sehat, Perhatikan Makanan Anda

Posted by

Cara Mudah Menyehatkan Ginjal. Seiring dengan kemajuan jaman, ternyata penyakit yang menyerang organ vital yang satu ini makin sering terjadi. Penyakit rusaknya ginjal yang sampai berakibat gagal ginjal sehingga penderitanya harus cuci darah tiap bulan bahkan tiap minggu, tidak memilih-milih orang. Baik itu orang kaya atau miskin, anak-anak, orang dewasa ataupun orang tua bisa terkena rusaknya ginjal ini.Ginjal merupakan organ yang sangat vital. Fungsinya, mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, dan membantu mempertahankan kalsium untuk tulang.

Ginjal

Ternyata rusaknya ginjal sangat berhubungan erat dengan pola makan dan kebiasaan makan pelakunya. Konsumsi makanan tertentu dalam jumlah berlebihan ternyata sangat berpotensi mengganggu kinerja ginjal dan memperberat kerja ginjal sehingga pada gilirannya bisa mengakibatkan ginjal menjadi rusak.


Karena fungsi yang penting tersebut, ada beberapa langkah untuk melindungi kinerja ginjal sehingga ginjal sehat, dan terhindarkan dari gagal ginjal. Berikut langkah yang baik seperti dilansir Indian Times dan dikutip jpnn. Secara garis besar adalah dengan membatasi asupan makanan yang bisa merugikan ginjal dan memperbanyak konsumsi makanan atau minuman yang bisa menyehatkan ginjal.

Mengkonsumsi probiotik setiap hari
Probiotik (bakteri baik) membantu proses pembuangan limbah ginjal dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Perbanyak Minum Air putih dan Cairan Lain
Mengonsumsi banyak air dan cairan lainnya membantu ginjal membersihkan natrium, urea dan racun lainnya dari tubuh dengan cara yang sehat.

Batasi Pemakaian Obat-obatan dan Hanya Mengonsumsi obat yang aman
Konsumsi berlebihan obat penghilang rasa sakit dan analgesik seperti Ibuprofen tidak sehat. Beberapa obat ini bisa membahayakan ginjal jika dikonsumsi terus menerus setiap hari.

Batasi dan Turunkan asupan fosfor dari Minuman Berkarbonasi maupun makanan Olahan
Jika ginjal tidak bekerja dengan benar, fosfor terakumulasi dalam tubuh, menyebabkan kondisi serius seperti gangguan tulang dan gangguan jantung serta kalsifikasi (pengerasan) dari jaringan. Hindari mengonsumsi produk dengan kandungan fosfor yang tinggi, seperti minuman ringan berkarbonasi dan makanan olahan. Anda hanya perlu 800 - 1.200 mg fosfor per hari.

Usahakan Selalu Makan Makanan Sehat.
Makan makanan yang sehat dengan banyak buah-buahan dan sayuran bisa mencegah beberapa penyakit. Kurangi makanan olahan dan dikemas dan makan makanan ringan dan segar. Ini juga akan membantu Anda menghindari makanan yang kaya kalori dan mengurangi asupan garam Anda. Jika perlu, konsultasikan ahli gizi tentang mengadopsi pola makan yang ramah ginjal.

Tidak mengonsumsi alkohol dan Berhentilah merokok 
Minum-minuman keras baik berlebihan maupun tidak akan berpotensi tidak hanya merusak hati tapi juga merugikan ginjal. Demikian pula, merokok berlebihan tidak hanya memengaruhi paru-paru Anda, tetapi ginjal juga

Demikian kebiasaan-kebiasaan buruk dalam pola makan dan jenis makanan yang dapat merusakkan ginjal. Waspadai dan sebisa mungkin tinggalkan makanan yang bisa memperberat kerja ginjal anda. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:16

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.