loading...

Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Jabon, Pertumbuhan Cepat dan Menguntungkan

Posted by

Cara Tanam dan Budidaya Tanaman Jabon (Antocephalus codamba)


Tanaman Jabon (Antocephalus codamba). Merupakan salah satu jenis kayu / pohon yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ekologi tumbuh pada :
  • Ketinggian : 10-2000 m dpl
  • Curah hujan : 1250-3000 m/th
  • Perkiraan suhu : 100 C 400 C
  • Kondisi tanah (PH) : 4,5 7,5

Jabon atau dalam bahasa latinnya disebut Anthocephalus cadamba merupakan tanaman kayu yang sebenarnya tumbuh liar di hutan. Tumbuhan ini sebenarnya dulu di tahun 1970 – an sangat terkenal namun karena perkembangan eksploitasi hutan dan beralih fungsinya hutan menjadi ladang atau kebun menjadikan tanaman ini sulit ditemukan. Tanaman jabon sebenarnya merupakan tanaman yang dapat menjadi konservasi bagi tanah dan hutan karena sifatnya yang memiliki akar serabut dan banyak sekali menyerap air. Sebagai tanaman hutan, jabon jarang sekali dibudidayakan karena karakteristik tanamannya membuat budidaya jabon menjadi unik dan sangat bergantung pada alam sehingga tidak dapat direkayasa. Tanaman jabon mulai dilirik oleh pelaku ekonomi semenjak bahan baku industri perkayuan memiliki keterbatasan sumber daya sehingga memerlukan alternatif bahan baku. Ketersediaan bahan baku industri perkayuan seperti jati, sengon, mahoni, dll sangat terbatas karena memang umur tebang pohon yang relatif lama (lebih dari 8 tahun).
Jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya, termasuk albasia (sengon). Dari hasil uji coba yang telah kami lakukan, keunggulan tanaman jabon dapat diuraikan dari beberapa kriteria, diantaranya sebagai berikut :





PERTUMBUHAN
Pertumbuhan pohon jabon sangat cepat bila dibandingkan dengan jenis kayu keras lainnya :
1. diameter batang dapat tumbuh berkisar 10cm/th
2. tinggi batang pada usia 12 tahun dapat mencapai 20 meter, sehingga pada usia 6-8 tahun sudah dapat dipanen.

BATANG
1. Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus
2. Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri
PENANAMAN dan PERAWATAN
Jabon merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam budidayanya.

PEMASARAN

Karena jenisnya yang berwarna putih agak kekuningan tanpa terlihat seratnya, maka kayu jabon sangat dibutuhkan pada industri kayu lapis (plywood), bahan baku meubel dan furniture, serta bahan bangunan non kontruksi.

Keunggulan inilah yang membuat pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan, bahkan industri kayu lapis siap untuk membeli setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.

NILAI EKONOMIS
Budidaya tanaman jabon akan memberikan berbagai keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada tanaman jabon setelah dipanen pada usia 8-10 tahun (asumsi harga terendah, dan batang terkecil) pada setiap batang kayu jabon diperoleh :

- tinggi batang yang bisa terjual rata-rata 12m
- diameter batang rata-rata 30 cm
Maka dari tiap batang pohon jabon menghasilkan kayu yang bisa dijual sebanyak 1,5 kubik, sedangkan jika harga perkubik saat ini Rp 1.000.000,00

Sehingga harga terendah 1 batang pohon jabon usia 8-10 tahun minimal seharga Rp 1.500.000,00


INVESTASI POHON KAYU : INVESTASI RESIKO MINIM HASIL SPEKTAKULER
Investasi di bidang kehutanan atau pohon kayu selalu mengungguli investasi di bidang lainnya selama 30 tahun terakhir, yang secara konsisten memberikan tingkat pengembalian minimal 15% per tahun selama beberapa dekade terakhir. Perusahaan investasi terkenal seperti Jeremy Grantham pun telah menggunakan investasi di bidang ini sebagai lindung nilai yang efektif terhadap inflasi selama bertahun-tahun (bahkan Grantham memegang 20% dari portofolio investasi pribadinya di sektor Kehutanan), dari investasi sebesar 1 juta ( sekitar 14 milyar) pada tahun 1990 dapat menghasilkan pengembalian sekitar 16.366.537 (sekitar Rp.233,5 milyar) di tahun 2010 kemaren.

lalu bagaimana supaya kita juga bisa merasakan bahwa investasi ini adalah yang terbaik, dan bagaimana pula investor kecil, yang mungkin tidak memiliki modal investasi sampai puluhan milyar, bisa berinvestasi dan mengambil keuntungan dari bisnis risiko rendah namun pengembalian tinggi yang selama selama puluhan tahun ini hanya baru bisa dinikmati oleh investor besar tersebut?

Ada beberapa pilihan investasi yang tersedia untuk investor kecil supaya bisa berinvestasi di bidang ini, seperti investasi menanam jabon merah samama, jabon putih, kayu putih, gmelina, sengon, surian dll. Investor bisa memilih sendiri dari mulai pemilihan jenis pohon yang akan ditanam sampai tempat atau lokasi untuk menanam pohon kayu yang telah dipilih, Pemilihan investasi jenis ini juga tergantung dari seberapa lama anda menginginkan dana investasi anda kembali lagi, semakin cepat, semakin besar tentunya semakin baik.

Bahkan saat ini banyak perusahaan ataupun perorangan yang menawarkan kerjasama investasi dibidang ini, mereka rata rata menawarkan sistem kerjasama investasi bagi hasil atau syariah namun ada pula yang menawarkan kenaikan persentase per tahun. Paket investasi yang ditawarkan pun beragam dari yang per hektar sampai yang per pohon. Paket per hektar pun bermacam macam juga tergantung dari berapa jumlah pohon yg ingin kita tanam biasanya antara 500 sampai 2500 pohon tergantung pola tanam. Besaran nilai investasi dan tingkat keuntungan yang ditawarkan pun bervariasi padahal jenis dan jumlah pohon yang ditawarkan sama persis, hal ini mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor contohnya harga beli bibit, upah buruh, keadaan lahan dsb tergantung dari dimana lokasi perkebunan itu berada.

Memilih mitra investasi yang dapat memberikan keuntungan yang maksimal serta membuat hati aman dan tentram tentu saja tidak mudah, salah memilih mitra bisa fatal akibatnya, bukannya laba yang diperoleh namun kerugianlah yang kita dapatkan ya rugi uang ya rugi waktu, tentunya kita tidak mau seperti itu bukan. Untuk itu kita perlu mengetahui dan memahami tips atau cara -cara memilih mitra investasi pohon kayu yang menurut kita paling baik.

Beberapa tips memilih mitra investasi budidaya pohon kayu :
  • Pengalaman penanaman
  • Pengalaman panen
  • Tenaga teknis Pengelolaan
  • Jaminan pemasaran
  • Rasio keuntungan yang di tawarkan
  • Lokasi dan Kualitas lahan perkebunan
  • Jangka waktu investasi
  • Jaminan keamanan investasi
Tips di atas hanya sekedar garis besarnya saja untuk penjelasannya mungkin di postingan yang berikutnya, dan sekedar informasi tips diatas saya peroleh dari hasil wawancara dan bertanya sana sini baik kepada investor maupun kepada orang orang yg sudah berpengalaman di bidang yang satu ini.

BERKEBUN JABON MERAH SAMAMA = MENJAGA KESEIMBANGAN ALAM
Perkebunan jabon merah samama yang dikelola dengan sangat baik untuk menghasilkan pohon yang pertumbuhannya cepat serta berkualitas, cenderung menyerap karbon dioksida lebih baik dari hutan yang tidak dikelola dengan baik apalagi yang ditelantarkan dan ridak terurus.

Karbon dioksida diyakini sebagai penyebab utama gas rumah kaca, tetapi meskipun begitu tetap diperlukan untuk keseimbangan kehidupan. Pohon dan tanaman lainnya yang tumbuh dengan baik di hutan mengubah karbon dioksida menjadi biomassa dan melepaskannya ketika mereka membusuk atau bernapas. suatu proses yang telah berjalan lama untuk menjaga kesimbangan alam. Namun proses tersebut akan menjadi terganggu apabila pohon dan tanaman tidak bisa menyerap CO2 yang terlalu banyak melebihi kemampuan penyerapan CO2 pohon dan tanaman.

Semakin banyaknya perkebunan pohon jabon merah samama yang dikelola dengan baik akan sangat membantu menyerap sejumlah besar CO2 yang semakin banyak akhir akhir ini sehingga keseimbangan alam bisa diperbaiki lagi, seperti halnya hutan yang akan terus menyerap karbon di atmosfer selama berabad-abad jika dibiarkan tidak terganggu atau ditebangi secara brutal. Akibat terganggunya hutan maka proses pun terganggu dan perkebunan jabon merah adalah salah satu solusi untuk membantu proses yang dijalankan hutan selama ini. Untuk itu marilah kita berdayakan lahan kritis atau kebun kita untuk ditanami jabon merah yang terkelola dengan baik sehingga dapat membantu proses keseimbangan kehidupan alam.

JABON MERAH SAMAMA
Jabon Merah Samama merupakan salah satu andalan tanaman pohon perkebunan yang tumbuh cepat (fast growing species). Tinggi tanaman mencapai 40 m dgn batang bundar dan tegak lurus, lingkar batang mencapai 150 cm (diameter 40-50 cm). jabon merah samama merupakan tanaman pioner yang toleran cahaya sehingga dapat hidup dibawah naungan sekalipun. jabon merah samama ini dapat hidup di ketinggian 100-1000 mdpl dan yang menjadikan jabon merah samama cocok untuk pohon perkebunan adalah pohon ini siap panen pada umur 6 - 10 tahun.

Jabon merah samama umur 10 tahun rata-rata volume dalam satu pohon adalah 0,8 - 1,0 m3 bahkan bisa lebih untuk perawatan maksimal. jabon merah samama mampu berkembang biak secara dominan. Perbanyakan dapat dibuat dengan cabutan/anakan di hutan, untuk membuat bibit jabon merah samama dalam jumlah besar bisa dengan menyemaikan biji.dari penaburan 200 gr saja bisa menghasilkan 100 rb bibit pohon jabon merah samama. Hasil pengujian di laboratorium berat jenis (density) Jabon Merah samama ini adalah 0,44 0,51 atau diatas Jabon Putih. Warna kayu jabon merah samama kemerah-merahan menyerupai kayu meranti.

JABON MERAH SAMAMA YANG DITUMPANG SARI
CIRI-CIRI KHAS BIBIT JABON MERAH SAMAMA
  • 1. Jabon merah samama ini berasal dari Sulawesi, Maluku, Halmahera dan Papua
  • 2. Warna buah jabon merah samama coklat muda kemerah-merahan
  • 3. Ukuran buah jabon merah samama berdiameter 3-4 cm
  • 4. Biji jabon merah samama lebih besar daripada biji Jabon Putih, warnanya coklat kemerahan sebesar kutu tungau
  • 5. Dalam 1 ons benih jabon merah samama berpotensi bisa menjadi 25.000 - 50.000 bibit (tergantung kepandaian pembuat bibit)
  • 6. Setelah jadi bibit warna keseluruhan berwarna kemerah-merahan bukan hanya sebagian dari bibit
  • 7. Permukaan daun berbulu kasar seperti daun Jati
  • 8. Kuncup daun muda pohon jabon merah samama mirip kelopak daun berwarna lebih merah
  • 9. Bentuk daun jabon merah samama lebih lonjong dan lancip, tidak seperti daun Jabon Putih yang bentuknya lebih oval.
  • 10. Warna tulang daun jabon merah samama kelihatan jelas berwarna merah.


MANFAAT LAIN DARI JABON MERAH SAMAMA
Selain diambil kayunya, kulit kayu Jabon Merah samama dapat dipakai obat yang berkhasiat untuk:
  • Penambah stamina
  • Mengurangi rasa lelah
  • Penurun kolesterol
  • Penyubur kandungan
Cara mengolah untuk obat
  • Kulit kayu Jabon Merah Samama dicuci bersih kemudian dipotong 1 x 3 cm lalu dijemur sampai kering
  • Jika ingin digunakan ambil 5-7 potong kemudian diseduh dengan air mendidih 1 gelas
  • Biarkan sampai hangat
  • Diminum pagi atau sore setelah makan
NILAI EKONOMI JABON MERAH SAMAMA
Budidaya pohon jabon merah samama akan memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar. harga kayu jabon merah per kubik untuk bulan agustus tahun 2011 adalah Rp.1.200.000 per kubik. Harga ini diprediksi akan mengalami kenaikan minimal sebesar 15% per tahun, seiring dengan tingkat kebutuhan/permintaan kayu jabon merah samama yang semakin bertambah tiap tahunnya, sedangkan persediaan kayu semakin lama semakin terbatas. Jadi untuk masa panen 8 tahun ke depan diperkirakan harga kayu jabon merah akan mengalami kenaikan sekitar 120% dari harga sekarang atau menjadi sekitar Rp. 2.640.000 per m3. Dalam 1 Ha lahan, dengan jarak tanam 4 m x 6 m, dapat ditanam sebanyak 625 batang bibit jabon merah samama.

Langkah-langkah Cara Menanam Jabon 

Cara Menyemai Benih Tanaman Jabon

Benih jabon ditabur pada media pasir halus Sebaiknya menggunakan wadah bak plastik yang telah dilubangi bagian bawahnya Penyiraman dilakukan memasukkan bak ke bak lain berisi air sehingga air merembes dari bawah Pengamatan dan pemberantasan terhadap penyakit perlu dilakukan karena rawan dumping off. Setelah daun berukuran 1 cm2 dipindahkan ke polybag yang telah diisi media (tanah: kompos= 2 : 1), 50% atau 65%.

Persiapan Penanaman
Perkebunan pada umumnya menggunakan jarak tanam yang direkomendasikan yaitu 4 x 5 m. jarak tersebut dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan diameter batangnya, sebab radius lingkaran bayangan kebawah batang atas pohon adalah wilayah penyerapan unsur-unsur hara ditanah oleh akar pohon, jadi jarak 4 x 5 m adalah yang paling baik bagi pertumbuhan pohon jabon tetapi bisa juga menggunakan jarak 4 x 4 m tergantung kondisi lahan, jabon dapat hidup pada tanah Alluvial lembab (Pinggir sungai), Tanah liat, tanah lempung, podsolik coklat, tanah daerah yang ada pasang surut, iklim basah dan tropis.

Cara Penanaman

Buka Lobang Lebar.40 x Panjang.40 x dalam 50 cm.(untuk bibit 40 – 50 cm) Lalu masukan Pupuk organik  + NPK 2,5 gr (campur) sebagai pupuk dasar diendapkan dilubang (dapat langsung tanam atau 3 – 7 hari kemudian baru tanam), kemudian masukkan bibit yang polibagnya sudah dibuka / disobek kedalam, dudukan yang benar / rata, lalu isi tanah sebagai penutup akar dengan tanah setinggi 20 cm (jangan diterlalu dipadatkan), hingga tersisa lubang 10 cm sebagai kantong air.

Perawatan
Semprot Pestisidaorganik  secara aktif per 1 atau 2 minggu sekali selama 3-5 bulan tergantung keadaan gangguan, agar daun tidak dimakan ulat.  Setelah daun cukup banyak pengusida sudah tidak perlu disemprotkan lagi, sebab daun tidak akan habis dimakan ulat sebab daun sudah banyak.

Pemupukan
Untuk pertumbuhan, pemupukan dapat dilakukan Minimal cukup sampai usia 3 tahun, (sudah bagus, karena untuk 3 tahun keatas sumber makanan unsur hara dari serasah yang terdekomposisi secara alami selama 1-3 tahun telah mengurai menjadi unsur hara dan kesimbungan dekomposisi serasah 3-6 tahun, Tapi di anjurkan Lebih Baik Pemupukan Sampai Batas Usia Mendekati Usia Panen Yaitu 5 Sampai 6 Tahun, Agar Hasil Lebih Maksimal.

Harga Kayu Jabon dan Gambaran Potensi Penyerapan Kayu Jabon
Harga kayu jabon tergantung dari diameter batangnya. Rata-rata berkisar antara Rp 700 rb,- sampai dengan Rp 1,2 jt per meter kubik. Kayu jabon sangat menguntungkan karena masa panen sangat cepat antara 4-6 tahun, dan bisa dipanen 2-3x karena bertunas. Jabon mulai diperkenalkan untuk alternatif pengganti sengon karena sengon rentan terkena hama karat tumor yang sampai sekarang sulit sekali diberantas. Dengan kualitas yang tak kalah bagus dibanding sengon.

Selain itu kayu jabon mudah dibuat vinir tanpa perlakuan pendahuluan dengan sudut kupas 92 derajat untuk tebal vinir 1,5 mm. Dengan seabrek keistimewaan itu pantas jika banyak industri kayu berharap pada jabon. Perusahaan yangmengolah kayu jabon antara lain PT Serayu MakmurKayuindo (SMK) yang mengelola total 3 pabrik, masing-masing sebuah pabrik diKabupatenLumajang, Provinsi Jawa Timur, Banjarnegara (JawaTengah), dan Cirebon (Jawa Barat). Menurut Priyonodari SMK, dari ketiga pabrik baru di Lumajang yang sudah mengolah jabon.Sebab, pasokan kayu jabon memang terbatas dan baru ada di daerah Lumajang. Priyono mengatakan bahwa Sumber Makmur Kayuindodi Lumajang memerlukan 99 m3 kayu jabon perhari. Namun, akibat terbatasnya pasokan baru terpenuhi 9 m3 per hari. Jika pasokan memadai, kebutuhan kayu kerabat kopi itu makin meningkat.

Sebagai gambaran kebutuhan pabrik di DesaRawaurip, Kecamatan Kanci, Kabupaten Cirebon, juga mencapai 99 m3 per hari. Industri lain yang memerlukan jabon adalah PT Kutai Timber Indonesia.Perusahaan itu sejak 2006 menjalin kemitraan dengan pekebun di Kecamatan Krucil dan Tritis, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Hingga kini Bibit jabon hasil perbanyakan dengan teknologi kultur jaringan.

Perusahaan itu menanam setidaknya 1-juta pohon yang akan panen pada 2—3 tahun mendatang. Menurut Agus Setiawan SHut dari PT Kutai TimberIndonesia (KTI), pasokan jabon masih sangat terbatas, 2—10 m3 per sekali kirim. KTI membeli kayu berdiameter 30 cm Rp1-juta per m3. Itu harga beli di lokasi pabrik yang lebih tinggi ketimbang harga sengon. Dengan diameter sama, perusahaan berumur 36 tahun itu membeli sengon Rp700.000/m3. KTI mengolah kayu jabon itu sebagai kayu lapis dan papan blok yang diminati Jepang. Negeri MatahariTerbit itu rawan gempa sehingga memilih bahan papan yang ringan seperti jabon. Setiap bulanKTI memerlukan 45.000 m3 kayu. “Kami siap menampung berapa pun pasokan jabon,” kata Capt M Sain Latief dari PT Kutai Timber Indonesia.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:48
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.