loading...

Buah Aprikot: Kandungan Gizi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted by

Buah Aprikot. Menurut wikipedia Aprikot memiliki bahasa latin “plum Armenia”. Buah ini adalah salah satu spesies dari subgenus Prem. Asal dari tanaman ini sulit dipastikan karena telah di budidayakan sejak zaman prasejarah. Tapi kemungkinan besar berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, bisa juga berasal dari Korea ataupun Jepang.Bisa dianggap bahwa Aprikot adalah buah asli China, namun itu juga mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang Anda butuhkan setiap hari. 

Aprikot
Ternyata karena banyaknya kandungan gizi pada buah Aprikot, buah ini memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita. Manfaat Aprikot ini antara lain untuk mencegah anemia, mengatasi sembelit, mengobati asma dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya, dibawah ini  adalah beberapa manfaat dan khasiat buah aprikot bagi tubuh, seperti dilansir Livestrong dan sumber lainnya.

Sebelumnya perlu juga diketahui komposisi nutrisi buah aprikot sebagai berikut: Sebuah aprikot dengan berat sekitar 40 gram, mengandung:
  • 17 kalori, 
  • 4 gram karbohidrat, 
  • 0,5 gram protein, 
  • 3 gram gula, 
  • 1 gram serat makanan, 
  • 1 gram lemak, 
  •  tanpa kolesterol.
  • Kadar vitamin A pada aprikot adalah 914,20 IU dengan jumlah beta karoten 544,95 mcg, 3 mcg folat, dan 1,2 mcg vitamin K.
  • memiliki tingkat tinggi kalium yaitu 104 mg, 3 mg magnesium, dan 7 mg fosfor.
  • memiliki tingkat lycopene tinggi.
Manfaat dan Khasiat Buah Aprikot

Sumber Vitamin A (Retinol)
Aprikot adalah sumber vitamin A yang juga dikenal sebagai retinol. Senyawa yang larut dalam lemak itu dapat membantu meningkatkan penglihatan dan perkembangan janin yang sehat. Kandungan vitamin A dalam buah ini juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kulit dan selaput lendir tetap sehat.  Manfaat untuk mata. Tingginya tingkat beta karoten pada aprikot bermanfaat meningkatkan kesehatan mata, terutama dalam mencegah degenerasi makula. Beta karoten adalah antioksidan kuat yang mampu melindungi tubuh dari banyak masalah kesehatan seperti penyakit Alzheimer.


Sumber Serat Yang Baik
Aprikot adalah sumber serat yang baik bagi tubuh. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung fungsi usus dan membantu mengurangi tekanan darah. Mengatasi sembelit. Kandungan serat yang tinggi membuat aprikot sering direkomendasikan untuk mengatasi sembelit. Selain itu, buah ini juga mampu membantu pencernaan serta menghancurkan cacing usus.

Sumber Vitamin C
Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, merupakan salah satu vitamin yang ditemukan dalam aprikot. Vitamin ini merupakan antioksidan dan dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya.
Vitamin ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, osteoarthritis, degenerasi makula yang terkait usia dan flu biasa. Karena vitamin ini sensitif terhadap cahaya, udara dan panas, makan aprikot segar akan memberi Anda lebih banyak nutrisi ketimbang aprikot kering. Mencegah kanker dan penyakit jantung.  Aprikot kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan lycopene. Antioksidan ini dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Sumber Kalium
Kalium adalah mineral yang dibutuhkan oleh setiap sel, jaringan dan organ dalam tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Mineral ini banyak ditemukan dalam aprikot. Senyawa ini juga diperlukan untuk menjaga fungsi jantung dan kontraksi otot. Kalium juga berperan penting dalam pembentukan tulang, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Aprikot Bermanfaat Untuk Anemia
Aprikot bisa digunakan untuk mengobati anemia. Hal ini karena aprikot mengandung mineral seperti besi dan tembaga yang membantu dalam produksi hemoglobin.

Meredakan asma
Manfaat kesehatan aprikot termasuk kemampuannya meredakan gejala asma, TBC, dan bronkitis.

Menjaga Kesehatan kulit
Minyak aprikot ditemukan efektif dalam perawatan kulit. Selain membuat kulit bersinar dan halus, minyak aprikot juga mampu mengobati kudis dan eksim.
Tips Hari Ini:
Jika anda ingin beban hidup anda berkurang dan selalu terasa ringan maka Sering-seringlah Membantu Mereka Yang Membutuhkan....Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:35
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.