loading...

Benarkah Minum Kopi Bisa Membantu Mencegah Penyakit Diabetes? Ini Buktinya

Posted by

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan
Wedang Kopi. Siapa tidak kenal jenis minuman yang satu ini, Kopi sudah menjadi minuman favorit dan kegemaran sebagian kalangan. Minum kopi memang nikmat apalagi jika dilakukan dipagi hari dengan ditemani gorengan seperti pisang goreng, ketan goreng atau juga untuk teman makan roti, sandwich, burger dan lain-lain. Kedai kopi bertebaran dimana-mana, mulai dari kelas kaki lima yang pergelas harganya cuma 2000 - 3000 perak, sampai kelas hipermarket yang harga percangkir kopi mencapi puluhan ribu rupiah.
Banyak mitos-mitos yang tidak berdasar mengenai efek samping minum kopi yang dari hari ke hari banyak yang sudah terbantahkan oleh berbagai penelitian tentang manfaat minum kopi bagi kesehatan. Manfaat minum kopi bagi kesehatan sering bertentangan dengan mitos yang mengatakan kopi memiliki efek samping yang merugikan Anda.
Kandungan Kimiawi/Nutrisi Kopi
  • Banyaknya Kopi yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Kopi yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Energi Kopi = 352 kkal
  • Protein  = 17,4 gr
  • Lemak Kopi = 1,3 gr
  • Karbohidrat  = 69 gr
  • Kalsium Kopi = 296 mg
  • Fosfor Kopi = 368 mg
  • Zat Besi  = 4 mg
  • Vitamin A  = 0 IU
  • Vitamin B1  = 0 mg
  • Vitamin C  = 0 mg
Dalam temuan-temuan sebelumnya, selain kafeinnya yang disebut bisa meningkatkan konsentrasi, kopi juga mengandung antioksidan dan nutrisi penting bagi tubuh seperti riboflavin atau vitamin B2, asam pantothenic atau vitamin B5, magnesium dan niacin (B3) serta mangan dan potasium. 

Wedang Kopi
Minum Kopi Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2
Kini, penelitian baru menemukan bahwa minum kopi bisa menurunkan peradangan dan mengurangi risiko pengembangan diabetes. Penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa orang yang minum kopi sekitar 50 persen lebih sedikit mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

"Para ilmuwan percaya bahwa alasan pengurangan risiko untuk diabetes tipe 2 bisa jadi karena kopi memiliki efek mengurangi jumlah peradangan dalam tubuh," kata urologi, Dr. Davis B. Samadi, seperti dikutip dari Fox News, awak pekan ini.Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi dan diabetes mengonfirmasi penyebab dan efek hipotesis mengenai konsumsi kopi dan diabetes. Penelitian ini juga mengamati objek yang diteliti mengenai kebiasaan minum kopi mereka dengan hasil akhir yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi mencegah diabetes.

Penelitian ini awalnya dilakukan pada tahun 2001 dan 2002. Para peneliti merekrut sampel acak lebih dari 1.300 pria dan wanita usia 18 tahun dan lebih tua dari Athena. Mereka diberi kuesioner mengenai diet mereka, termasuk pertanyaan tentang seberapa sering mereka minum kopi.

Di antara peserta, ada 816 peminum kasual, 385 peminum kebiasaan dan 239 non-peminum kopi. Peminum kasual didefinisikan sebagai minum kurang dari 1,5 cangkir kopi sehari, sementara peminum kebiasaan didefinisikan sebagai minum lebih dari 1,5 cangkir sehari.

Tingkat penanda protein inflamasi juga dianalisis dengan mengambil tes darah dari peserta penelitian. Tes darah mengukur kadar antioksidan di dalam tubuh yang bisa menentukan kemampuan tubuh untuk menetralisir radikal bebas yang merusak sel.

Para peneliti kemudian menindaklanjuti penelitian sepuluh tahun kemudian. Setelah sepuluh tahun, ada 191 orang di antara 1.300 orang (13 persen pria dan 12 persen wanita) yang telah mengembangkan diabetes. Mereka yang melaporkan minum kopi lebih banyak lebih sedikit untuk mengembangkan diabetes.
Kesimpulan : Di antara peminum kopi yang dianggap peminum kopi kebiasaan, 54 persen dari mereka lebih sedikit kemungkinan untuk terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Para peneliti mencatat bahwa tingkat amyloid serum bisa menjelaskan hubungan antara kopi dan diabetes. Amyloid serum merupakan penanda inflamasi yang ditemukan dalam darah dan apa yang mereka temukan adalah bahwa minum kopi lebih dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari serum amyloid.
Manfaat Lain dari Kopi

Mengurangi Resiko Penurunan Fungsi Kognitif
Studi atas 4.197 wanita serta 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat serupa tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Untuk Mengurangi Rasa Sakit Kepala dan Migrain Ringan
Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migrain ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

Membantu Mencegah Penyakit Jantung atau Stroke
Kandungan dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil sama.Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa, kandungan antioksidan pada kopi bisa membantu melancarkan aliran darah dari tubuh ke otak. Termasuk mencegah pembekuan darah di otak dan mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kesimpulan ini diambil para peneliti setelah mereka melihat hasil dari 8 studi yang membahas manfaat kopi dari mereka yang gemar minum kopi setiap hari. Studi ini dipelajarinya selama 45 tahun terakhir.

Penelitian juga menemukan, mereka yang minum 2 cangkir kopi setiap hari, memiliki resiko 14% lebih kecil terkena pembekuan darah pada otak yang memicu terjadinya stroke dibanding mereka yang tidak.Sedangkan buat pencinta kopi yang selalu minum 6 cangkir atau lebih setiap hari, hanya memiliki penurunan resiko stroke sekitar 7%. Penelitian di Swedia menyatakan bahwa minum kopi secara teratur memang berdampak baik buat tubuh, namun jika berlebihan bisa memicu masalah kesehatan.

Demikian manfaat minum kopi bagi kesehatan yang sebagian besar bertolakbelakang dengan mitos-mitos tentang efek samping minum kopi bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.
Tips Hari ini:
Jangan pernah menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya karena bisa jadi anda akan mudah tertipu dan keliru, Jangan Menilai Sebuah Buku Hanya dari Sampulnya.....
(Diolah dan disarikan dari berbagai sumber)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:36
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.