loading...

Bayam Duri: Sayuran Yang Bermanfaat Untuk Mengobati Bronkhitis, Demam, Disentri sampai Sakit Gigi

Posted by

Bayam Duri. Jenis tanaman bayam ini dikenal juga dengan nama Bayem raja oleh orang Jawa atau disebut senggang cucuk oleh orang Sunda (Jawa Barat). Nama asing: Uray, thorny amaranth, blette epineuse (Perancis), spinny amaranth, prickly amaranth, pti banlar (Kamboja), kulitis (Filipina), phak khohm (Thailand), caruru-de-espinho, baixian (Cina).

Bayam Duri


Tanaman: Tingginya hanya 100-130 cm. Bercabang banyak. Berwarna hijau atau hijau kemerahan.

Daun: Panjang 3,5-11 cm dengan lebar 1-4,5 cm. Panjang tangkai daun hampir sama dengan lembaran daun. Permukaan daun atas dan bawah halus (glabrous). Urat daun sejajar.

Bunga: Muncul di ketiak daun dan di pucuk tanaman. Berwarna hijau dari kejauhan, bila dilihat dari dekat, kelopak bunga berwarna agak putih. Uniseksual (dalam satu bunga hanya terdapat satu jenis kelamin).

Buah: Ovoid (bulat telur).

Biji: Berukuran sekitar 1 mm. atau hitam kecokelatan. Kecil dan mengkilap.

Disebut spinny amaranth alias bayam duri lantaran tanaman memiliki duri yang muncul di ketiak daun. Sinonimnya Amaranthus spinosus var. basiscissus, Amaranthus spinosus var. circumscissus, Amaranthus spinosus var. indehiscens, Amaranthus spinosus var. purpurascens, Amaranthus spinosus var. pygmaeusz, Amaranthus spinosus var. viridicaulis, dan Galliaria spinosa. Termasuk bangsa Caryophyllales dan suku Amaranthaceae.

Kandungan kimia
Mengandung protein, kalsium, dan oksalat tinggi. Kulit batang Amaranthus spinosus mengandung amaranthine, isoamaranthine, hydroxycinnamates, quercetin, dan glikosida kaempferol.
Sosok

Di Kamboja, serbuk bayam duri digunakan sebagai pewarna hijau untuk pakaian. Di Afrika dan Filipina digunakan sebagai bahan makanan. Masyarakat di Pamekasan, Madura, secara tadisional menggunakannya untuk mengobati penyakit kencing nanah dan kurang darah.
Aktivitas farmakologis

Antiandrogenik: Ekstrak biji Dolichos biflorus dan akar Amaranthus spinosus diberikan pada dosis berbeda (25 mg D. biflorus dan 25 mg A. spinosus; 50 mg D. biflorus dan 50 mg A. spinosus selama 10 hari berturut-turut) diteliti pada organ seks aksesori pada tikus jantan dewasa. Efek merugikan yang dikaji pada bobot organ, kandungan protein, dan konsentrasi juga aktivitas enzimatis pada vas deferens, seminal vesicle, dan prostat ventral mengindikasikan aksi antiandrogenik pada tikus jantan.

Hepatoprotektor: Aktivitas hepatoprotektif diteliti pada ekstrak etanol 50% dari keseluruhan tanaman Amoronthus spinosus melawan luka liver pada tikus akibat induksi d-galactosamine/lipopolysaccharide (d-GaIN/ LPS). Kerusakan hati yang diinduksi d-GalN/LPS (300 mg/kg bobot tubuh atau 30 pg/kg bobot tubuh) ditunjukkan melalui peningkatan aktivitas enzim penanda (aspartate transaminase, alanine transaminase, alkaline phosphatase, lactate dehydrogenase and gamma glutamyl transferase) secara signifikan dan level bilirubin pada serum, sementara fosfolipid menurun secara signifikan. Semua parameter lainnya, seperti kolesterol, trigliserida, dan asam lemak bebas meningkat secara signifikan baik pada serum dan liver dibandingkan kelompok kontrol.

Manfaat Bayam Duri Untuk Kesehatan

Mengobati disentri
Untuk mengobati disentri, anda bisa menggunakan daun bayam duri. Caranya yaitu dengan mengambil akar bayam duri 30 gram daun bayam, 15 gram gula aren, dan air sebanyak 1 gelas. Rebus bahan ini hingga ari tersisa ½ gelas, dan minum sekaligus sebelum maka. Lakukan dua kali dalam sehari.

Mengatasi masalah keputihan
Bagi wanita yang keputihan juga bermanfaat. Caranya yaitu dengan mengambil akar bayam duri sebanyak 40 gram dan dipotong-potong, tambahkan gula batu sebesar biji kelereng, dan masak dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Diamkan hingga dingin dan saring. Kemudian bagi sama dan minum pagi dan sore.

Mengobati sakit tenggorokan
Manfaat bayam duri lainnya yaitu untuk mengobati penyakit pada tenggorokan. caranya yaitu dengan memanfaatkan akar bayam duri sebanyak 45 gram dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tinggal 1 gelas saja. Ambil dan bagikan menjadi dua bagian. Minum dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Mengobati sakit gigi
Bagi yang merasa menderita dengan penyakit gigi, bisa mencoba dengan akar bayam duri. Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah sekali. Anda hanya dibutuhkan untuk mengunyah akar bayam duri beberapa kali dalam sehari.

Mengobati kencing nanah
Kencing adalah penyakit yang mengerikan, karena terjadi pada area penting manusia. Maka harus segera di atasi. Sebagaimana yang dikutip dari sindonews.co.id bahwa kencing nanah bisa disembuhkan dengan air rebusan akar bayam duri.

Obat Gangguan Pernapasan dan Bronkitis
Batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga, dan akarnya ditumbuk halus, kemudian direbus dengan satu liter air dan disaring. Diminum pagi dan sore.

Sebagai Obat Demam
Ambil segenggam daun dan batang bayang duri segar, cuci bersih lalu tumbuk, tambahkan air matang secukupnya sampai adonan kental. tempelkan ramuan ini pada dahi dan pelipis.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:27
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.