loading...

Aksi Demo Buruh 1 September 2015 di Jakarta, Bandung dan Kota-Kota Lain, Mulai Pengamanan sampai Pengalihan Jalur Lalu Lintas

Posted by

Antisipasi Kisruh dan Kekacauan pada Aksi Demo Ribuan Buruh 1 September 2015Demo Buruh di Jakarta, Untuk antisipasi kemacetan dan juga pengamanan demo buruh maka Lalu Lintas di Sejumlah Jalan Protokol yang dilalui aksi demo di Jakarta akan dialihkan.

Demo Buruh


Rencana Pengalihan Lalu Lintas DKI Jakarat 1 September 2015

1. Bundaran HI

  • A. Dari Semanggi/Jl. Sudirman arah ke Bundaran HI di alihkan ke Jl. Teluk Betung-Jl. Kebon Kacang/Dukuh Atas lalu Jl. Sultan Agung dan seterusnya.
  • B. Dari Jl. Diponegoro arah ke Jl. Imam Bonjol di alihkan ke Jl. Rasuna Said.
  • C. Dari Jl. Hayam Wuruk arah ke Harmoni dibelokan ke kiri Jl. Juanda - Pasar Baru - Lapangan Banteng dan seterusnya.
  • D. Dari Tanah Abang arah ke Jl. Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl. Merdeka Selatan - Tugu Tani dan seterusnya.
  • E. Dari Jl. Merdeka Selatan arah ke Tanah Abang dialihkan ke kanan Harmoni dan seterusnya.
  • F. Dari Jl. Kebon Sirih diluruskan ke Jl. Kebon Kacang - Tanah Abang dan seterusnya.
  • G. Dari Tanah Abang arah ke Kebon Sirih diluruskan ke arah Tugu Tani dan seterusnya.
2. Istana Negara (Jl. Medan Merdeka Utara)
  • A. Arah Thamrin belok kiri ke Patung Kuda masuk ke Jl. Budi kemuliaan arah ke Jl. Majapahit - Harmoni dan seterusnya B. Dari Tugu Tani belok kanan arah ke Masjid Istiqlal - Pasar Baru dan seterusnya.
  • C. Dari Jl. Juanda di alihkan ke Jl. Pasar Baru - Lapangan Banteng - Jl. Gunung Sahari dan seterusnya.
  • D. Dari Jl. Merdeka Selatan diluruskan ke Jl. Budi Kemuliaan.
Agar Lebih Jelas:
Untuk sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), pengendara dari Semanggi atau jalan Sudirman arah Bundaran HI akan dialihkan ke jalan Teluk Betung-Kebon Kacang. Sedangkan akses dari jalan Diponegoro arah Imam Bonjol akan dialihkan ke jalan Rasuna Said.

Akses yang datang dari Hayam Wuruk ke arah Harmoni di belokan ke jalan Juanda, Pasar Baru, Lapangan Banteng. Untuk akses dari Tanah Abang arah Budi Kemulian akan diluruskan masuk ke jalan Merdeka Selatan, Tugu Tani, dan seterusnya.

Dari jalan Merdeka Selatan arah Tanah Abang akan di alihkan ke kanan, yaitu arah Harmoni dan seterusnya. Akses dari Kebon Sirih diluruskan masuk ke dalam jalan Kebon Kacang arah Tanah Abang. Sedangkan akses dari Tanah Abang arah Kebon Sirih akan diluruskan ke arah Tugu Tani. Untuk akses dari Tanah Abang dialihkan ke arah jalan Sabang dan seterusnya.

Sementara itu untuk arah Thamrin belok kiri ke patung kuda, masuk ke jalan Budi Kemuliaan arah Maja Pahit arah Harmoni. Akses dari Tugu Tani dialihkan ke arah Istiqlal, Pasar Baru.

Untuk akses dari jalan Juanda akan di alihkan ke jalan Pasar Baru, Lapangan Banteng, jalan Gunung Sahari dan seterusnya. Akses dari jalan Merdeka Selatan akan diluruskan ke jalan Budi Kemuliaan.


Sementara itu untuk area Jawa Barat, massa buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di Bandung dan di sejumlah daerah hari ini (1/9). Di Bandung, sekitar 30 ribu buruh dikabarkan akan turun ke jalan.

Menyikapi itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap agar aksi buruh tidak anarkis.
"Aksi para buruh itu hal yang wajar. Tapi harus tertib, harus kondusif," kata Deddy di Gedung Sate, Bandung, Senin (31/8).


Deddy pun meminta buruh tidak melakukan sweeping ke setiap pabrik. Pasalnya, hal ini hanya akan merugikan pengusaha dan buruh itu sendiri, terlebih di tengah-tengah kondisi krisis ekonomi saat ini.
Lebih lanjut Deddy mengatakan katakan, saat ini kondisi perekonomian cukup sulit sehingga ancaman PHK besar kemungkinan terjadi. "Ini tidak lepas dari krisis ekonomi yang terjadi saat ini. Nilai tukar rupiah terhadap dolar semakin melemah," katanya seraya menyebut persoalan ini sudah menjadi isu nasional.


Deddy menilai, tuntutan kenaikan gaji buruh akan memperburuk situasi. "Dengan gaji sekarang pun banyak yang di-PHK. Apalagi kalau gaji naik, akan makin banyak yang di-PHK," paparnya


Massa Buruh Yang Rencananya Akan Demo Besar-besaran di Jakarta:


1. FSPMI. : 20.000 orang
2. SPN. : 5.000 orang
3. FSP KEP. : 4.000 orang
4. Aspek Ind. : 3.000 orang
5. FSP Farkes. : 1000 orang
6. PGRI. : 500 orang
7. FSP PPMI. : 200 orang
8. FSP Par Ref : 200 orang
9. FSP ISI. : 200 orang

Isu yang diangkat masih seputar kesejahteraan buruh. Mereka menuntut jaminan pensiun, revisi total hubungan industrial dan menolak upah murah.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta para pendemo tidak melakukan aksi anarkis saat berdemo, Selasa (1/9). Meski demikian, kata dia, pengamanan akan tetap dilakukan secara ketat oleh Polri dan TNI.

"Saya berharap besok bisa berjalan damai dan aman, tidak ada pelanggaran hukum yang berarti. Rekan-rekan buruh tidak melakukan sweeping, kekerasan, menutup jalan, atau menduduki tempat tertentu," ujar Badrodin usai mengadakan rapat di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin.

(Diolah dari berbagai sumber)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:42
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.