loading...

Tips dan Cara Tepat Memilih Telur Yang Baik dan Memisahkan Telur Yang Busuk

Posted by

Telur. Produk unggas yang bernama telur ini sudah menjadi menu makanan yang paling populer saat ini. Siapa yang tidak kenal telur mata sapi? Salah satu jenis atau cara memasak telur yang paling mudah dan paling populer adalah dengan menggorengnya dan ditaburi sedikit garam, praktis dan sederhana sangat cocok untuk mereka yang butuh makanan secara cepat saji.


Telur Ayam dan Telur Itik

Telur, disamping untuk konsumsi secara langsung juga sangat dibutuhkan dalam usaha baking atau jajanan kue-kue dan penganan seperti roti dan lain-lain.

Saat membeli telur kadang kita dibuat jengkel karena banyak tercampuri telur-telur yang kurang baik bahkan sudah busuk. Hal ini sering terjadi karena secara sekilas antara telur yang baik dan busuk susah dibedakan secara visul atau fisiknya.

Anda tentunya pernah mengalami saat akan memanfaatkan telur dalam jumlah besar dan ketika anda pecahkan satu demi satu biasanya langsung dimasukkan dalam satu wadah yang sama tetapi alangkah kecewanya ketika sampai pada telur yang kesekian ternyata telur tersebut busuk dan terlanjur bercampur di wadah yang sama yang akhirnya semua telur yang sudah dipecahkan anda buang semua. Sayang bukan jika hal ini sampai terjadi.

Berikut tips dan cara membedakan dan memilih telur yang baik. 

  • Pilih dulu telur yang kulitnya bersih
  • Guncangkan telur, jika telur tersebut berbunyi tandanya telur tersebut sudah kurang bagus.
  • Pilih yang tidak berbau, telur yang sudah busuk biasanya baunya akan tercium keluar dari cangkangnya
  • Pilihlah telur yang bentuknya lonjong. Memilih telur yang bentuknya lonjong ada alasanya yaitu karena telur bentuk ini memiliki kuning telur yang lebih besar/banyak jika dibandingkan dengan telur yang bentuknya agak bulat.
  • Rendam telur didalam air, telur-telur yang baik umumnya akan tenggelam sedangkan telur yang kurang baik akan mengapung.

Demikian sedikit tips dan cara memilih telur agar kita terhindar dari membuang-buang telur akibat telur baik bercampur dengan telur busuk.

Tips : Saat akan memecahkan telur dalam jumlah besar/banyak  dan menaruhnya dalam satu wadah, lebih baik gunakan juga satu wadah kecil untuk memecahkan telur satu demi satu jika sudah yakin isinya bagus bisa langsung dicampurkan dalam satu wadah, hal ini untuk menghindari telur bagus tercampur telur busuk yang akhirnya semua terbuang. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:08
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.