loading...

Manfaat Tanaman Kastuba (Euphorbia pulcherrima), Manfaat dan Kandungan Kimiawi Untuk Pengobatan Herbal

Posted by

Manfaat Tanaman Kastuba Bagi Kesehatan

Tanaman Kastuba 
(Euphorbia pulcherrima)
Tanaman Kastuba berasal dari daerah sub tropis yang kemudian menyebar sampai daerah tropis, didaerah asalnya tanaman ini bisa memiliki warna-warni yang mencolok pada daunnya sehingga mereka yang tidak tahu daun yang berwarna merah dari kastuba ini bisa dikira sebagai bunga, padahal bagian tersebut benar-benar merupakan daun. Untuk ditanam di pertamanan, tanaman kastuba sangat elok karena warnanya yang mencolok tersebut. Saat ditanam di daerah tropis terkadang warna merah daunnya suka tidak nampak, kemungkinan karena terlalu banyak terpapar panas matahari.

Pada bulan Desember atau pada saat matahari sedang berkurang di negara empat musim, warna daun muda kastuba tampil mencolok, seperti rnerah, kuning, atau putih kehijauan. 


Tinggi tanaman bisa mencapai 3 m. Batangnya berkayu dan mengeluarkan getah putih bila terluka. Daun berbentuk oval dengan beberapa lekukan lancip di tepinya. Ujung tepi daun merah manyala atau keunguan. Dari ujung pucuk muncul kelompok bunga berwarna kuning,

Manfaat dan Kandungan Kimiawi Kastuba
Kastuba mengandung germanikol, 121-a mirin dan psedotaraksasterin.
Tanaman ini barkhasiat untuk menyembuhkan luka baru.


Ramuan
Bahan:
  • Getah kastuba secukupnya
  • Cara penggunaan:
  • Dioleskan pada bagian yang luka.




Setelah dipelihara beberapa lama, Kastuba sering tidak mau lagi berdaun merah seperti waktu baru dibeli. Tanaman perlu diletakkan di tempat gelap dalam jangka waktu lama agar mau berbunga. Malam yang panjang di musim gugur diperlukan bagi tanaman agar bisa berbunga, dan tanaman tidak mau berbunga walaupun cuma sedikit saja terkena cahaya di waktu malam. 

Di daerah tropis, tanaman yang tidak mau berdaun merah bisa diakali dengan menutup bagian atas tanaman dengan kain atau plastik hitam dan dijauhkan dari sinar matahari.

Kastuba bisa diperbanyak dengan stek, potongan cabang yang tua direndam di dalam wadah berisi air sebelum ditancapkan ke dalam media tanam yang terdiri dari campuran tanah dan pasir. Sebelum dimasukkan ke wadah berisi air, getah yang ada pada batang harus dilap lebih dulu.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:51
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.