loading...

Tanaman Awar-Awar: Bermanfaat Sebagai Obat Sakit Kepala Hingga Herpes

Posted by

Manfaat Daun Awar-awar (Ficus septica Burm. L)

Awar-awar (Ficus septica Burm. L)
Tanaman liar yang satu ini sangat jarang sekali yang tahu manfaatnya, apalagi manfaat buat kesehatan. Tetapi ternyata, tanaman awar-awar ini memiliki beberapa manfaat sebagai obat herbal. Awar-awar (Ficus septica Burm. L) sangat mudah dijumpai di sekitar kita, biasa tumbuh liar di selokan atau di pekarangan rumah. 

Tanaman ini satu keluarga dengan beringin. Sangat mudah dikenali dengan daunnya yang lebar dan mengkilat.

Habitat: Tumbuh liar sebagai tanaman pengganggu pada dataran rendah sampai 1200 m dpl
Bagian tanaman yang digunakan: Daun, getah
Kandungan kimia: Flavonoid; Sterol; Khasiat: Sudorik; Diuretik; Emetik
Nama simplesia: Fici septicae Folium

Daun Ficus septica dapat menghambat pertumbuhan Bacillus subtilis dan Escherichia coli secara in vitro, hasil pengujian bioautografi dilaporkan bahwa 4 g ekstrak daun awar awar yang larut dalam Metanol dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Antofin (5 g) berefek sebagai antibakteri (B. subtillis, M flavus dan E. Coli)

Daunnya banyak digunakan untuk obat penyakit kulit, radang usus buntu, mengatasi bisul, gigitan ular berbisa dan sesak napas. Akar digunakan untuk penawar racun ikan dan penanggulangan asma. 

Perasan air dari tumbukan akar awar awar dan adas pulowaras dapat digunakan untuk mengobati keracunan ikan, gadung (Dioscorea hispida dennst) dan kepiting. Jika ditumbuk dengan segenggam akar alang-alang dan airnya diperas merupakan obat penyebab muntah yang sangat manjur. 

Beberapa Obat Herbal dengan ramuan yang menggunakan Awar-awar:

Mengobati Herpes, Sakit kepala, Rematik
  • Daun awar-awar segar secukupnya
  • Air secukupnya, 
  • Dipipis sampai berbentuk pasta, 
  • Dioleskan pada bagian kulit yang sakit
Untuk mengobati  bisul
  • Ambil ± 5 gram daun segar Ficus septica,
  • ditumbuk sampai lumat, 
  • kemudian ditempelkan pada bisul. 
Getah tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak-bengkak dan kepala pusing.
Buah Awar-awar bisa di gunakan untuk pencahar.

Jika merujuk pada wikipedia.com, manfaat awar awar antara lain:
Akar, serta getah yang terkandung di daun-daun dan buahnya dipercaya berkhasiat obat. Di Filipina, daunnya dipakai untuk mengatasi rematik, dan merangsang keluarnya keringat (sudorifika) untuk meringankansakit kepala. Akarnya dipakai sebagai tapal luka bakar, dan rebusannya digunakan sebagai peluruh kemih (diuretika). Di Papua Nugini, daunnya dimanfaatkan untuk mengobati pilek, batuk,demam, serta penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteria danjamur; kepingan akar atau daun yang dicampur dengan air dan diminum dipakai untuk mengobatidisentri atau diare. Akar yang dilumatkan, dicampur dengan air kelapa, diminum setiap hari untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih.

Akar siri boppar ini, menurutRumphius, dapat digunakan sebagai obat anti-racun (antidota atau ketam (yuyu, kepiting) tertentu, atau keracunan umbigadung. Akar ini, dicampur dengan akar pisang suanggi dan akaralang-alang, digunakan pula sebagai perangsang muntah (emetika). Getahnya tajam, dapat menimbulkan bisul-bisul bila terkena kulit, namun dapat dipakai untuk mengatasi herpes, kurapatau lain-lain penyakit kulit yang tidak sembuh-sembuh.

Di masa lalu, getah dari daun yang dipanaskan dalam abu juga diteteskan untuk menyembuhkan sakit telinga yang tuli. Akarnya sebagai anti-racun apabila terkena tusukan duri ikan yang berbisa. Daunnya, setelah diproses, juga digunakan sebagai subal atau campuran candu. (www.wikipedia.com)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:20
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.