loading...

Protein Gluten: Makanan Yang Mengandung Gluten dan Diet Bebas Gluten

Posted by

Apa Itu Gluten dan Apa Fungsinya 
Dalam industri bakery dikenal ada tiga macam jenis tepung terigu dibedakan dari kandungan protein atau glutennya. Yaitu Terigu protein tinggi, sedang dan rendah yang ini artinya bahwa kandungan gluten pada tepung terigu tersebut juga sedang, tinggi atau rendah. Tetapi yang perlu diketahui sebenarnya apa yang dimaksud dengan gluten tersebut?

GLUTEN. Gluten adalah komposit yang terbentuk dari protein berbeda, Gluten ini paling bnayak ditemukan dalam biji-bijian gandum dan biji-bijian yang sejenis, seperti barley. Gluten memiliki karakteristik seperti daging, bahan ini dulunya di temukan oleh seorang biksu shaolin yang digunakan dalam berbagai makanan untuk menggantikan daging karena seorang biksu adalah vegetarian dan tidak memakan daging dari bintang bernyawa.


Gluten ini di proses dari gandum yang hanya diambil patinya saja, dengan seiring berkembangnya jaman gluten juga sudah banyak digunakan menjadi berbagai bentuk makanan, penambah rasa, dan suplemen protein. Beberapa orang dapat mengembangkan intoleransi terhadap protein, namun, diet bebas gluten sering membantu untuk mengurangi gejala yang disebabkan oleh intoleransi ini dan mencegah kerusakan lebih lanjut untuk tubuh.

Makanan Mengandung Gluten

Pati gandum atau gluten ini banyak digunakan sebagai pengental, gluten dapat ditemukan dalam sup dan kaldu, serta saus seperti saus tomat,atau pada bumbu-bumbu masakan. Karena gluten dapat meningkatkan rasa maka ia digunakan dalam kaldu, campuran rempah-rempah, dan makanan lainnya seperti kopi, produk susu, cuka, dan minuman keras. Gluten juga dapat ditemukan dalam zat yang biasa digunakan untuk merekatkan amplop, karena gluten bertindak sebagai stabilisator.

Gluten juga digunakan secara sendiri sebagai suplemen protein, terutama bagi orang yang tidak dapat mengkonsumsi sumber-sumber protein hewani. Protein yang dikandung Gluten juga membuatnya berguna dalam pengganti daging, terutama yang digunakan dalam diet vegetarian . Daging Imitasi atau daging gandum seperti seitan, kebanyakan terbuat dari gluten terkonsentrasi.

Protein Gluten

Dalam gluten, sebenarnya ada empat protein utama: Albumin, glutelins, globulin, dan prolamins. Glutelins dan prolamins ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dalam gandum, sementara Albumin dan globulin lebih banyak di jagung dan padi. Banyak orang mengasosiasikan gandum dengan istilah "gluten," Namun, karena mereka protein yang paling berhubungan langsung dengan masalah kesehatan seperti penyakit celiac. Glutelins, khususnya, sangat berbahaya bagi mereka yang rentan terhadap intoleransi karena cara yang asam dalam tubuh dapat membahyakan kesehatan.

Sebagian besar protein dalam gandum yang 80% terdiri dari prolamin disebut gliadin dan glutelin disebut glutenin. Ketika molekul ini bergabung secara bersama-sama maka reaksi kimia, maka gluten dapat meregang dan mengeras, sehingga adonan untuk membentuk roti, memiliki sifat ringan dengan tekstur kenyal. Protein ini biasanya banyak ditemukan dalam tepung gandum dan produk kue lainnya.

Adonan tepung menciptakan alur yang membantu molekul gliadin dan glutenin untuk bergabung dan menciptakan tekstur mengembang. Semakin adonan diaduk, semakin banyak tekstrur yang dikembangkan. Selain itu, protein gluten mampu menebal ketika dipanaskan, dan menjebak karbon dioksida yang dihasilkan oleh ragi. Hal ini yang memungkinkan ketika adonan dipanggang maka bentuknya akan semakin membesar dan mengembang tetapi tetap mempertahankan bentuk mereka tanpa mengempis.

Jumlah gluten perlu ditambahkan ke tepung dapat berdampak pada tekstur produk akhir roti. Tepung roti membutuhkan lebih banyak protein untuk menghasilkan roti yang tidak terlalu padat atau rapuh, sementara kue yang sering terkelupas bukan kenyal memiliki sedikit kandungan gluten. Industri tepung mengukur konsentrasi dengan farinograph, alat yang digunakan untuk menunjukkan kepadatan dan elastisitas antara unsur-unsur lain dalam tepung.

Intoleransi Gluten adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tiga kondisi: alergi gandum , non-celiac sensitivitas gluten, dan penyakit celiac. Menurut penelitian, antara 5 dan 10 persen dari semua orang mungkin menderita dari beberapa bentuk sensitivitas. Ketiga kondisi sulit untuk di diagnosa, bagaimanapun banyak orang tidak menyadari bahwa intoleransi ini mungkin menjadi sumber pemicu masalah kesehatan lainnya.

Sebagian besar bentuk intoleransi gluten menyebabkan tubuh untuk menghasilkan respon imun yang abnormal terhadap gandum atau protein-nya. Alergi terhadap gandum dapat menghasilkan gejala seperti gatal-gatal, kesulitan bernapas, dan masalah pencernaan, dalam kasus-kasus serius, orang dengan alergi ini dapat mengalami anafilaksis, reaksi tiba-tiba dan yang paling parah dapat mengancam jiwa. Orang dengan penyakit celiac, yang mengkonsumsi gandum atau gluten menyebabkan kerusakan dan peradangan pada usus kecil, bisa menderita kembung, penurunan berat badan, kelelahan, dan sakit kepala karena tubuh memiliki kesulitan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dari makanan.


Menghindari gluten sama sekali adalah satu-satunya cara untuk mencegah bebrapa penyakit yang disebabkan oleh intoleransi, meskipun ini bisa menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Diet bebas gluten membutuhkan pemahaman lengkap tentang apa itu dan di mana dapat ditemukan. Gluten ditemukan dalam banyak produk, sehingga perlu bagi seseorang mengikuti diet ini untuk membaca label dengan hati-hati dan tahu apa yang mungkin produk mengandung gluten. 

Secara umum, Bebas Gluten atau gluten free berarti bahwa produk tersebut mengandung kurang dari standar minimum yang dianggap berbahaya, meskipun angka ini bervariasi di seluruh dunia. Karena begitu banyak makanan mengandung protein, mencari sumber alternatif untuk semua vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan untuk diet sehat dapat menjadi sebuah tantangan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:24
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.