loading...

Pohon Ulin, Kayu Langka Yang Mempunyai Kualitas Terbaik Sebagai Bahan Bangunan

Posted by

Pohon Ulin atau Kayu Ulin. Kayu ulin sangat terkenal sebagai bahan bangunan berkualitas prima. Kayu ulun adalah kayu hasil dari pohon ulin yaitu pohon produk hutan Kalimantan yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang sangat bagus untuk bahan bangunan dan perabot lainnya. Tanaman ulin sudah termasuk dalam jenis tanaman langka.

Pohon Ulin (Eusiderxylon zwageri). Tanaman langka ini juga dikenal dengan kayu besi. tanaman khas kalimantan ini memilki diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30 m. tanaman langka ini adalah satu komoditas kayu yang paling laku karena kualitas kayu nya

Pohon Ulin
Hutan ulin pada Taman Nasional Kutai, merupakan perwakilan hutan ulin yang paling luas di Indonesia. Pohon Ulin yang terdapat di sini memiliki tinggi bebas cabang 45 meter, diameter 225 centimeter atau keliling batang 706 centimeter dan volume 150 meter kubik. Pohon ini bahkan tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia. Inilah ulin (Eusideroxylon zwageri) terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Inilah kayu nomor satu yang paling diburu penjarah Taman Nasional Kutai. Kuat, tahan air, dan bentuknya yang lurus adalah syarat sempurna kayu, yang dapat dipenuhi ulin.

Beruntunglah pohon ini selamat dari penjarah ketika ditemukan pertama kali tahun 1993 oleh Sarjo, tenaga pengamanan hutan Taman Nasional Kutai yang sedang mendampingi peneliti asing. Inilah awal dibukanya Wisata Alam Sangkima, seluas 300-an hektar atau 0,1 persen dari luas Taman Nasional Kutai. Ulin raksasa ini berdiameter 2,47 meter sehingga butuh 6-7 orang untuk memeluknya. Mengingat pertumbuhannya sangat lambat, diperkirakan ulin ini berumur 1.000 tahun.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:33
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.