loading...

Perbedaan Fungsi Tepung Terigu Untuk Jajanan dan Masakan Berdasar Kandungan Proteinnya

Posted by

Tepung Terigu. Tepung ini merupakan komponen vital dalam industri makanan seperti kue-kue, cake, roti dan penganan lainnya. Sekilas tepung terigu tidak ada beda satu sama lain sehingga bagi yang belum mengetahui bisa tidak sesuai menggunakan jenis tepung terigu untuk bahan baku makanannya dan hasil akhirnya tentu saja tidak akan maksimal.



Tepung terigu, seperti juga bahan-bahan kue dan jajanan lainnya ternyata juga memiliki bermacam jenis tetapi yang paling penting untuk diketahui adalah fungsi dan kegunanaan dari masing-masing jenis tepung terigu tersebut.

Secara umum tepung terigu bisa dibedakan dengan melihat label kandungan protein tepung terigu yang bersangkutan. Biasanya pada label akan tertera kandungan protein tepung terigu dalam tiga kategori yaitu protein rendah, sedang dan protein tinggi.

Membedakan Fungsi Tepung Terigu Berdasar Kandungan Proteinnya

Terigu Protein Tinggi:
Kandungan gluten terigu ini tinggi, sangat cocok digunakan dalam pembuatan roti agar volumenya besar. Juga sesuai untuk membuat mie agar tekstur mie nya kenyal.

Terigu Protein Sedang:
Kandungan glutennya sedang, ini adalah jenis tepung terigu yang bisa digunakan untuk jenis makanan apa saja atau bisa disebut tepung terigu serba guna. Untuk para pemula dalam mencoba bikin jajanan disarankan menggunakan tepung terigu protein sedang sehingga bisa dipakai untuk praktek bikin penganan apa saja.

Terigu Protein Rendah:
Jenis terigu terakhir ini tentunya memiliki kandungan gluten yang rendah. Sangat bagus untuk membuat aneka  kue kering atau cookies  agar hasilnya renyah. Cocok juga untuk membuat cake agar hsil cake nya bisa lembut.

Demikian sedikit tips membedakan fungsi tepung terigu berdasar kandungan protein atau gluten yang terkandung didalamnya agar hasil jajanan atau penganan dan camilan anda maksimal dan sesuai yang diharapkan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:20
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.