loading...

Pencairan Saldo JHT BPJS, 10 Tahun Kepesertaan Baru Bisa Cair dan Full Pada Usia 56 Tahun

Posted by

Ini peraturan baru tentang JHT BPJS yang bikin heboh dan demo pekerja yang mau ambil JHT tetapi ditolak BPJS karena masa keanggotaannya belum 10 tahun dan juga belum bisa diambil penuh jika belum berusia 56 tahun.
BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan aturan baru berdasarkan UU Nomor 40 tentang BPJS Ketenagakerjaan. Per tanggal 1 Juli 2015, BPJS Ketenagakerjaan beroperasi penuh memberlakukan adanya pensiun bagi tenaga kerja, dan untuk klaim saldo JHT hanya bisa diambil apabila kepersertaan sudah mencapai 10 tahun.
Selain itu, untuk persiapan hari tua, saldo JHT hanya bisa diambil sebanyak 10 persen dan untuk pembiayaan perumahan saldo yang bisa diambil hanya 30 persen. Seluruh isi saldo JHT hanya bisa diambil pada usia mencapai 56 tahun.
"Per tanggal 1 Juli 2015 BPJS Ketenagakerjaan beroperasi penuh dengan memberlakukan adanya pensiun," Per tanggal 1 Juli 2015 untuk klaim Jaminan Hari Tua (JHT) tidak bisa diambil dengan masa 5 tahun 1 bulan lagi. Tapi masa kerja harus mencapai 10 tahun.
Lama tidak terdengar berita apapun sejak peralihan Jamsostek bergabung dengan BPJS, tiba-tiba tanpa sosialisasi sama sekali ada peraturan mendasar tentang klaim JHT BPJS yang berubah drastis yaitu pada point: pengambilan JHT BPJS hanya bisa dilakukan jika kepesertaan sudah mencapai 10 tahun yang sebelumnya bisa diambil pada kepesertaan 5 tahun dengan masa tunggu 1 bulan.



Yang meresahkan adalah banyak diantara pekerja yang berhenti atau diberhentikan oleh perusahaannya mengandalkan dana JHT ini untuk memulai usaha baru atau sebagai modal usaha. Terus bagaimana kelanjutan nasib mereka-mereka yang baru bekerja 4 tahun, 7 tahun atau 8 tahun? Yang lebih konyol lagi sebelum usia mencapai 56 tahun dana JHT hanya boleh diambil 10% untuk persiapan hari tua atau 30% untuk biaya perumahan (harus pilih salah satu).

Inilah kebijakan yang sama sekali tidak pro rakyat, pekerja diwajibkan ikut JHT BPJS tetapi saat mau klaim harus menunggu sampai usia 56 tahun?  Sementara beban kebutuhan hidup yang semakin hari semakin terasa berat tidak bisa diajak kompromi untuk menunggu......

Mau tahu isi Peraturan Selengkapnya? Silahkan Baca Isi Peraturan Terbaru JHT BPJS 1 Juli 2015 atau KLIK DISINI

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:31
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.