loading...

Mengapa Orang Setelah Berpuasa Ramadhan Malah Ada Yang Tambah Gemuk?

Posted by

Selesai Puasa Malah Tambah Gemuk dan Perut Tambah Buncit, Mengapa?



Orang yang berpuasa jika hanya untuk menahan lapar dan haus saja tanpa dilandasi dengan pengertian mendalam dan dalil-dalil tentang puasa Ramadhan biasanya mengalami hal ini, yaitu setelah puasa badan tambah melar/gemuk dan perut juga tambah buncit.

Inilah akibat dari "balas dendam" saat berbuka dimana semua jenis makanan disantap semua tidak perduli berapa kalori yang masuk kedalam tubuh, termasuk berapa banyak gula dan garam yang masuk kedalam tubuh saat berbuka apakah melebihi kebutuhan atau sesuai dengan kebutuhan. Efek samping dari  konsumsi gula dan garam berlebihan kerap menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa atau bahkan sesudahnya yang ditandai lewat timbunan lemak di area perut.

Dalam sehari seseorang memiliki jatah 5 persen dari kebutuhan sehari-hari untuk konsumsi karbohidrat sederhana, contohnya ialah 50 sampai 75 kalori untuk kebutuhan gizi 1900 kalori atau sekitar 1 sampai 1,5 sendok makan gula pasir. Waspadai makanan  seperti cendol, kolak, biji salak dan lainnya malah mengandung lebih dari 1,5 sendok makan gula pasir. Belum lagi kalau umumnya berbuka dengan teh hangat manis yang tentu saja mengandung gula,

Jadi jika berbuka konsumsilah buah segar seperti kurma (Sunnah Rasulullah SAW)  sebagai pilihan menu takjil sehat yang bisa dilengkapi dengan minuman jus segar tanpa susu dan gula. Hal ini bisa menghindarkan diri kita dari kasus kegemukan setelah berpuasa.


Perlu diingat bahwa  kebutuhan gizi rata-rata orang dewasa di Indonesia berkisar antara 1900 sampai 2000 kalori, dan kebutuhan kalori ini sama baik saat tidak berpuasa maupun saat berpuasa di bulan Ramadhan. Nah penyebab seringnya orang mengalami penambahan berat setelah Ramadhan adalah karena tidak adanya kontrol terhadap kalori yang masuk, terutama saat berbuka.


Satu tips agar saat siang tidak terlalu merasa kehausan adalah membatasi konsumsi garam dan makanan yang banyak mengandung garam saat sahur. Oleh karena itu, hindari makanan tinggi natrium seperti ikan asin, mie, saus tomat dan saus sambal atau sambal terasi serta makanan kaleng yang diawetkan karena akan mengakibatkan rasa haus berlebihan saat puasa. Makanlah secukupnya atau bahkan sedikit saja jenis-jenis makanan tersebut apabila jenis makanan tersebut adalah menu favorit anda agar pada saat siang hari anda tidak merasa terlalu kehausan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:52
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.