loading...

Manfaat Herbal Bunga Anggrek, Sebagai Obat Sakit Maag, TBC, Disentri dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Posted by

Macam-Macam Manfaat dari Tanaman Anggrek



Bunga Anggrek. Salah satu jenis bunga yang sangat populer karena keindahan warna-warninya yang mencolok dan juga dari aneka bentuknya yang sangat khas dengan puluhan atau bahkan ratusan jenis tanaman anggrek yang tersebar di seluruh dunia. Anggrek dikenal sebagai salah satu jenis tanaman /bunga hias yang populer yang dimanfaatkan bunganya. Memiliki warna dan bentuk bunga yang cantik serta variasinya yang hampir tak terbatas ini biasanya dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong.


Negara kita, Indonesia sendiri memiliki banyak jenis anggrek, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, yang terbentang dari Sumatera hingga Papua. Anggrek bulan sendiri adalah bunga pesona bangsa Indonesia. Bunga Anggrek juga merupakan bunga yang menjadi bunga nasional bagi Singapura dan Thailand.

Anggrek sering digunakan sebagai simbol rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani sendiri menggunakannya sebagai simbol kejantanan, sementara Tiongkok pada zaman dahulu mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok.



Anda tentu kenal yang namanya vanili yang biasa dipakai dalam kuliner cake, kue-kue dan jajanan serta es krim. Vanilli (Vanilla planifolia) merupakan anggota suku anggrek-anggrekan. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya untuk penambah aroma penyedap pada kue, untuk pembuatan parfum dan aromaterapi.

Umbi bawah tanah dari anggrek terestial Orchis mascula yang sudah dijadikan bubuk dapat dijadikan campuran bumbu memasak.

Daun kering dari anggrek Jumellea fragrans dapat digunakan sebagai rum (perasa) pada minuman di Pulau Reunion.

Beberapa spesies anggrek Saprophytic dari kelompok Gastrodia menghasilkan umbi-umbian dan dapat dikonsumsi sebagai makanan oleh orang pribumi di Australia dan dapat berhasil dibudidayakan, terutama Gastrodia sesamoides.



Anggrek yang memiliki nama Latin Orchidaeae ini tak hanya memiliki warna dan bentuk bunga yang cantik, tetapi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk digunakan sebagai bahan alami pengobatan beberapa macam penyakit kronis. Saat ini mungkin anda memiliki koleksi tanaman bunga anggrek untuk mempercantik halaman rumah anda. Tak hanya sekedar hiasan, kita dapat memetik manfaat untuk kesehatan tubuh dan penyembuhan berbagai penyakit.

Satu hal yang banyak orang masih kurang mengetahui bahwa sebenarnya  anggrek memiliki kandungan nutrisi dan senyawa-senyawa yang berperan penting dalam penyembuhan penyakit dan menyehatkan tubuh. Sehingga anggrek sangat layak dijadikan salah satu alternatif obat atau tanaman obat herbal.  Kandungan nutrisi dan kimiawi yang ada dalam bunga anggrek antara lain, Umbi anggrek mengandung sekitar 50% resin dan gel, bahan-bahan protein dan pati sekitar 30%, Dekstrin 0,13, Ptozenat, Sukrosa, Kalsium, Logam gaffes, Minyak atsiri, Dan zat gizi lainnya

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam bunga anggrek tersebut maka manfaat yang terkandung dalam bunga anggrek juga banyak termasuk manfaat bunga anggrek untuk kesehatan berikut ini.


Cara Membuat Ramuan Obat Herbal Bunga Anggrek
  • Tumbuk umbi anggrek dan ambil saripatinya dengan cara menambahkan air, 
  • lalu saring dan kemudian tambahkan dengan susu dan gula. 
  • Setelah itu, panaskan campuran saripati umbi bunga anggrek dan bahan-bahan lainnya tersebut di atas api sampai mengental. 
  • Konsumsilah 2-3 x sehari. 
  • Dalam kasus pendarahan lambung (maag) minum dari 1 gelas dosis pertama.
Tidak hanya sebagai simbol, bahan campuran makanan, serta tanaman hias semata. Manfaat bunga anggrek lebih dari sekedar dari itu, ya, anggrek telah digunakan sebagai obat herbal yang memiliki peranan penting dalam pengembangan teknik pengobatan dari bahan tumbuh-tumbuhan.


Teknik pengobatan dengan menggunakan bahan dasar bunga anggrek ini telah digunakan bangsa China sejak 2800 SM. Gastrodia elata adalah salah satu spesies anggrek dari genus Gastrodia yang merupakan salah satu dari tiga jenis anggrek yang tercantum dalam Materia Medica yang pertama dikenal di China sebagai jenis anggrek untuk pengobatan (Shennon bencaojing). 


Manfaat Anggrek Bagi Kesehatan:
  • Menghentikan pendarahan rahim, caranya sangat mudah. Cukup ambil satu sendok teh umbi anggrek bubuk, kemudian campurkan dengan segelas air dingin dan rebus, aduk rata dan tambahkan sedikit gula ke dalamnya. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Minum secara rutin, maka pendarahan akan segera teratasi.
  • Untuk menghentikan pendarahan internal di dalam perut (tukak lambung)
  • Di Mesir, minuman yang berasal dari bubuk umbi bunga anggrek ini dikenal sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk penyembuhan penyakit musim dingin
  • Sebagai tonik
  • Dapat dijadikan obat Anti-diare, terutama pada anak-anak.
  • Mengobati disentri
  • Di Inggris, bunga anggrek digunakan sebagai obat Tuberkulosis (TBC), membantu mempercepat proses pemulihan dan Vesiculation paru.
  • Memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan sebagai penyegar
  • Obat herbal untuk penyakit maag atau obat tradisional asam lambung serta TBC usus.
  • Membantu pertumbuhan anak-anak dengan cepat dan juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi dan menguatkan tulang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh (sistem imunitas) terhadap penyakit menular. Caranya membuat ramuannyapun cukup mudah : Saripati anggrek dicampur dengan susu, gula dan madu, kemudian konsumsi atau minumkan pada anak.
Bijaksanalah selalu dalam mengkonsumsi obat-obatan meskipun obat herbal, semua ada aturan pakai dan dosis yang harus dipatuhi. Lebih baik jika meminta saran ahlinya sebelum melakukan pengobatan. Jangan berlebih-lebihan dalam menggunakan obat herbal karena meskipun herbal tetapi jika berlebihan tetap mempunyai efek samping yang kurang baik bagi kesehatan anda.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:11
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.