loading...

Manfaat Daun Pisang, Bukan Hanya Sekedar Pembungkus Makanan Tetapi Juga Untuk Kesehatan

Posted by

Daun Pisang. Daun pisang sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai alat pembungkus yang sangat populer terutama untuk pembungkus makanan dan jajanan. Banyak makanan dan jajanan tradisional yang memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkusnya, baik pada saat proses pembuatan, saat pembuatan, sebelum pembuatan jajan dan sebagai pembungkus saat jajanan atau makanan matang. Ternyata selain sebagai pembungkus, daun pisang memiliki manfaat lain yang jarang diketahui yaitu untuk obat herbal alternatif beberapa penyakit dan juga bermanfaat untuk rambut dan kecantikan kulit.

Daun Pisang Yang Bermanfaat

Beberapa Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Obat Herbal untuk Terapi  Kecantikan Kulit
Daun pisang mengandung bahan aktif allantolin yang dimanfaatkan sebagai campuran krim kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi di daun pisang ini bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit, peradangan, hinga membunuh kuman. Dengan memanfaatkan allantolin dari manfaat daun pisang ini, kulit dapat meningkatkan rangsangan pertumbuhan sel kulit terbaru.

Sebagai Obat Anti Peradangan Alami

Bayi memiliki jenis kulit yang sensitif. Jadi, pemilihan produk perawatan kuli bayi juga harus dipilih dengan hati hati. Jika kulit bayi terjadi iritasi atau peradangan, Anda dapat memilih daun pisang sebagai salep alami yang mengandung zat alami penyembuh masalah kulit bayi. Hanya mencampurnya dengan minyak zaitun serta beeswax, Anda dapat mengatasi ruam popok maupun gigitan serangga. Selain itu, campuran daun pisang, comfrey, dan cabai rawit dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka di kulit Anda, mengurangi pendarahan, hingga gatal gatal.
Obat Alternatif Untuk Penyakit Disentri.
Penyakit Disentri merupakan radang yang terjadi pada usus secara meluas yang biasa ditandai dengan munculnya lendir atau darah pada tinja. Mengatasi disentri ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun pisang. Daun pisang yang mengandung zat aktif alami mampu membantu mengatasi disentri. Cara mengobati disentri dengan daun pisang dilakukan dengan cara mengunyah daun pisang kapok setelah itu, telan getah daunnya.
Menghentikan darah saat  mimisan
Daun pisang tidak hanya bermanfaat untuk mengobati buang air besar berdarah dan berlendir saja, namun juga efektif untuk membantu mengatasi mimisan maupun perdarahan lainnya. Mimisan biasa terjadi karena berbagai faktor, baik karena cuaca yang terlalu dingin yang mana tidak bisa diterima oleh tubuh dengan baik.
Biasanya mengatasi mimisan dilakukan dengan menggunakan daun sirih, namun apabila Anda tidak memiliki daun sirih dan hanya memiliki daun pisang, maka gunakan saja daun pisang yang tersedia untuk membantu mengatasi mimisan tersebut. Daun pisang secara ajaib akan membantu menghentikan perdaraha.

Untuk pengobatan radang pada tenggorokan

Manfaat daun pisang kering diantaranya adalah membantu mengatasi radang yang terjadi pada tenggorokan. Radang pada tenggorokan tentunya memberikan rasa tidak nyaman, terutama disaat Anda berbicara dan menelan makanan karena ketika Anda melakukan kedua kegiatan tersebut secara otomatis, tenggorokan akan terasa sakit. Atasi radang tenggorokan yang tidak menyenangkan dengan menggunakan daun pisang, daun pisang bisa dijemur hingga kering untuk kemudian diseduh dengan air panas atau direbus hingga matang, air seduhan atau air rebusan daun pisang diminum secara teratur hingga radang pada tenggorokan sembuh.

Obat pereda batuk dan sakit dada

Manfaat daun pisang bagi kesehatan yang harus Anda ketahui adalah mampu meredakan sakit pada dada dan meredakan batuk. Batuk dan sakit dada disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan merokok, kebisaan mengkonsumsi minuman beralkohol hingga faktor alergi. Mengatasi batuk maupun sakit pada dada bisa dilakukan dengan menggunakan daun pisang, cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun pisang atau menelan getah daun pisangnya saja.
Mengatasi keputihan dan keluhan rambut tipisKeputihan merupakan gangguan kesehatan yang biasa dialami oleh para wanita, keputihan biasa disebabkan oleh jamur. Mengatasi keputihan dengan daun pisang bisa dilakukan dengan merebus daun pisang terlebih dahulu, air rebusan daun pisang yang sudah dingin bisa dijadikan untuk membersihkan organ reproduksi wanita. Sedangkan keluhan rambut tipis bisa diatasi dengan cara menambahkan halusan daun pisang ke dalam masker rambut yang akan Anda pakai, lakukan setiap hari untuk hasil terbaik.
Daun Pisang Sebagai Ramuan Obat Luka dan Ketombe
Daun pisang mengandung bahan obat alami yang mampu menyembuhkan luka kecil di kulit Anda. Bukan hanya menyembuhkan luka, namun daun pisang ini juga bermanfaat untukmengobati gangguan kulit seperti ketombe, sengatan matahari, dan eksim. Untuk membuat ramuan obat daun pisang ini, Anda hanya perlu membuat jus sari daun pisang segar dan gunakan secara bertahap dalam menyembuhkan gangguan kulit tersebut. Rendamlah dengan air dingin jika Anda ingin mengobati luka bakar kulit yang terkena dengan sengatan sinar matahari.

Manfaat Daun Pisang Sebagai Obat Penetralisir Racun Serangga

Sering mendapatkan gigitan serangga yang beracun? Daun pisang mempunyai sifat obat yang dapat menetralisir racun akibat gigitan serangga seperti lebah dan laba laba. Inilah obat alami yang mampu menghilangkan racun alami dan mengandung antioksidan tinggi menghindarkan kulit tubuh dari pengaruh buruk lingkungan. Iritasi kulit dan ruam ruam dapat disembuhkan dengan cepat menggunakan ramuan daun pisang ini.
Obat Alami Untuk Demam 
Ambil pucuk atau pupus daun pisang, bersihkan dan oleskan minyak kelapa pada bagian permukaan daun pisang muda tersebut. Tempelkan permukaan daun yang sudah diolesi minyak kelapa tersebut pada bagian dahi, leher, perut dan punggung penderita demam. Kandungan polifenol pada daun pisang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga berkhasiat menurunkan panas/demam.

Manfaat Makan dengan Alas Daun Pisang

Makan dengan alas daun pisang? Mengapa tidak? Meskipun terkesan  kuno, cara makan tradisional yang telah dilakukan sejak zaman dulu ini ternyata memberi beberapa manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Apa saja? Berikut ulasan menarik yang dicomot dari wolipop.detik.com tentang manfaat makan dengan menggunakan alas daun pisang:
Makanan Jadi Lebih Sehat, Mengapa? Daun pisang kaya akan polifenol, antioksidan yang sama yang ditemukan dalam daun teh hijau. Polifenol merupakan antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Daun pisang memang tidak dianjurkan untuk dimakan langsung karena sulit dicerna tubuh. Namun ketika dipakai untuk membungkus makanan, makanan di dalamnya bisa menyerap polifenol dari daun pisang. Khasiat antioksidan pun bisa didapatkan meskipun tidak terlalu signifikan.Selain itu daun pisang juga diyakini mengandung antibakteri yang membunuh kuman serta bakteri pada makanan sehingga mengurangi risiko Anda terkena penyakit. Dengan catatan, jika daun pisang sebelumnya telah dibersihkan dan juga berasal dari lingkungan yang bersih.
Rasa Makanan Terasa Lebih Nikmat. Daun pisang memiliki lapisan seperti lilin yang memiliki aroma khas. Ketika makanan panas ditempatkan di atas atau dalam daun tersebut, 'lilin' akan meleleh dan menebarkan aroma harum tersebut ke makanan. Rasa makanan pun jadi lebih nikmat dan enak disantap. Sebagai perbandingan, lontong yang dibungkus menggunakan daun pisang dengan lontong yang dibungkus plastik, tentu rasanya jauh lebih enak lontong pertama.
Daun Pisang Lebih Ramah Lingkungan. Mengemas makanan dengan wadah plastik atau styrofoam adalah bentuk sikap tidak peduli lingkungan. Plastik dan styrofoam sulit terurai oleh tanah dan membutuhkan waktu hingga puluhan, bahkan ratusan tahun untuk bisa menyatu dengan bumi. Makanan yang dibungkus dalam daun pisang jauh lebih ramah lingkungan karena mudah terurai dalam waktu singkat. Hanya dalam hitungan minggu, bahkan hari.
Daun Pisang Tidak Mengandung Bahan Kimia Sehingga  Lebih Aman. Perangkat makan seperti piring/mangkok yang terbuat dari plastik, melamin atau metal perlu dicuci dengan sabun dan air. Cara pencucian ini akan meninggalkan jejak-jejak atau residu bahan kimia dan jika tidak benar-benar bersih dibilas, akan menimbulkan racun. Sedangkan daun pisang cukup dibersihkan dengan cara dicuci di dalam air bersih, lalu dilap menggunakan kain bersih. Sehingga makanan bebas bahan kimia.

Yang kelihatan kuno ternyata bisa jauh lebih bermanfaat dan lebih sehat bukan? Salah satu buktinya melekat pada manfaat daun pisang ini.

Penting dan Sederhana silahkan BACA:

Cara Mudah Menghilangkan CEGUKAN (Klik DiSini)
Manfaat Daun Jambu Air  

Silahkan sebarkan dan bagikan artikel ini jika dirasa akan ada manfaatnya bagi rekan atau kolega anda. Terima kasih, semoga ada manfaatnya.
Tips Hari Ini:
Mau rezeki harta yang berkah? Bersedekahlah dan Tunaikan Zakat 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:50
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.