loading...

Manfaat Biji Durian Sebagai Camilan dan Obat Herbal

Posted by

Manfaat Biji Durian

Berikut beberapa manfaat biji durian yang masih jarang diketahui orang:

Sebagai sumber antioksidan. Kandungan vitamin c dalam biji buah durian sangatlah bermanfaat untuk menjaga kekebalan dalam tubuh sehingga penyakit yang datang akan hilang secara perlahan.

Mencegah Radikal bebas. Dengan kandungan senyawa dan lainnya dalam biji buah durian mampu membantu melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh dengan cara memperbaiki sela jaringan yang mengakibatkan radikal bebas tidak akan menyerang kemabali.

Membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam biji durian ternyata mampu mengurangi rasa sembelit , diare dan gangguan pada pencernaan.

Manfaat Biji Durian
Menjadi panganan yang lezat.
Biji durian ternyata masih bisa anda olah menjadi bahan makanan yang lezat dan banyak mengandung karbohidrat, protein, kalsium, lemak, dan fosfor. Tentu, ini akan menjadi camilan yang lezat dan mengandung banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan anda. Cara mengolah biji durian menjadi makanan sangatlah mudah, anda bisa merebus atau membakarnya menjadi sebuah camilan yang sehat yang kaya akan nutrisi yang anda butuhkan. Tapi, anda harus ingat bahwa biji durian tidak dapat dimakan secara mentah karena sangat berbahaya. Asam lemak siklopropena yang terkandung dalam biji durian dapat menjadi racun bagi tubuh anda jika dikonsumsi secara mentah.


Campuran tablet.
Manfaat Dan Kandungan Biji Durian selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai campuran tablet dengan cara diekstrasi terlebih dahulu. Proses ekstrasi sangat penting dalam memanfaatkan biji durian sebagai campuran tablet. Biji durian harus melalui ekstrasi agar biji durian bisa berubah menjadi debu kecil yang halus dan dapat dicampur dengan tablet. Sebelum proses ekstrasi dilakukan, biji durian dicuci dengan bersih kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu diproses hingga menjadi pati dan kemudian diekstrasi hingga menjadi debu halus yang siap untuk menjadi bahan campuran tablet


Tepung biji durian.
Dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi hingga mencapai 43, 06 g per 100 g, biji durian dapat diolah menjadi tepung. Tepung tersebut dinamakan tepung durian. Tepung durian ini dapat digunakan menjadi pengganti tepung terigu yang biasa anda gunakan di rumah. Manfaat Dan Kandungan Biji Durian ini tentu sangat menguntungkan bagi anda yang tidak terlalu suka dengan tepung terigu.


Diolah Menjadi Keripik Biji Durian
Dengan kandungan pati yang cukup tinggi di biji durian sehingga dapat diolah menjadi keripik biji durian yang gurih dan nikmat. Setiap orang pasti menyukai keripik, apalagi terbuat dari bahan yang jarang sekali orang buat. Hal ini dapat menjadi peluang yang bagus bagi anda yang ingin berbisnis kuliner. Anda dapat memanfaatkan biji durian sebagai bahan utama.

Resep Keripik Biji Durian
Bahan :
1 kg biji durian, masih segar, cuci hingga bersih dan kesat
1500 ml air
25 ml air kunyit
160 gram kapur sirih

Haluskan :
20 gram bawang putih
5 gram kemiri
15 gram garam
250 ml minyak Goreng

CARA MEMBUAT KERIPIK BIJI DURIAN :
Biji durian diiris tipis-tipis dengan menggunakan alat perajang pada ketebalan 1-2 mm sambil ditampung dalam baskom yang berisi air lalu cuci kembali sampai bersih.
Masukkan ke dalam baskom perendaman kapur sirih yang telah diberi air kunyit, diamkan selama 30 menit. Cuci kembali dan tiriskan.
Campur bumbu halus dengan sedikit air, rendam irisan biji durian selama 5-10 menit supaya bumbu meresap. Tiriskan lalu goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Keripik biji durian dapat diolah dengan beragam bumbu seperti balado pedas, seperti halnya Keripik Singkong. Kemudian bisa disantap atau disimpan dalam wadah kedap udara atau dikemas dalam plastik yang tertutup rapat dan disimpan pada tempat yang kering. (sumber resep:http://berita.grosirkeripik.com)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:47
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.