loading...

Kunyit Asam: Manfaat dan Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Posted by

Cara membuat dan Manfaat Jamu Kunyit Asam


Jamu Kunyit Asam (ilustrasi foto:Google)


Resep Ramuan Jamu Kunyit Asam
Bahan-bahan:
  • Kunyit segar 0,5 kg
  • Gula jawa (gula merah aren) 0,25 kg
  • Asam jawa setengah buah (secukupnya)
  • Air 2 liter
  • Sedikit garam (1/5 sendok teh)



Cara Membuat :


  • Kunyit dibersihkan dari kotoran yang menempel kemudian di parut atau di blander hingga halus dan di sahring untuk di ambil air atau sarinya saja.
  • Selanjutnya air perasan kunyit di rebus dengan di campurkan air 2 liter, gula jawa, asam dan garam hingga mendidih (sambil di aduk-aduk)
  • Angkat dari atas kompor, biarkan hingga dingin.
  • Jamu kunyit asam telah siap untuk di minum
  • Lebih nikmat diminum dalam keadaan dingin atau ditambah es batu.


Manfaat Jamu Herbal Kunyit Asam
  Detoksifikasi. Manfaat utama dari mengonsumsi air kunyit asam adalah untuk membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Kunyit memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga tubuh Anda pun akan lebih sehat.

Mengontrol berat badan. Bagi Anda yang ingin menjaga berat badan, konsumsilah minuman kunyit asam. Minuman ini mampu menekan nafsu makan Anda sehingga Anda pun terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan secara berlebih.

Menyembuhkan infeksi tenggorokan. Kunyit memiliki sifat anti bakteri sehingga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Kunyit juga mampu membersihkan tenggorokan Anda.


Painkiller. Selain memiliki sifat anti bakteri, kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga minuman ini mampu menghilangkan rasa sakit atau pegal di tubuh.


Menyembuhkan infeksi kulit. Infeksi kulit karena luka bakar, cedera, atau terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat disembuhkan dengan rutin meminum air kunyit asam. Hal ini disebabkan karena sifat anti inflamasi di dalam kunyit.


Mencerahkan kulit. Karena kunyit mampu menghilangkan racun di dalam tubuh, maka hal ini juga akan berdampak positif bagi kulit. Dengan rajin mengonsumsi air kunir asam, maka Anda akan memiliki kulit yang bersih dan cerah.


Melancarkan Siklus Haid. Banyak wanita yang telah membuktikan khasiat kunyi asam ini, mereka yang mengkonsumsi jamu ini secara rutin apa lagi jika di kombinasikan dengan sirih (kunyit asem sirih) jamu ini akan menjadi obat alami yang mempu menghilangkan nyeri haid dan keputihan.



Membersehkan dan Mencerahkan Warna Kulit. Kunyit mampu menetralisir racun di dalam tubuh anda. Tubuh yang sehat dan bersih dariracun akan berdampak positifpada kulit, kulit menjadi lebih sehat dan bersih dari kotoran.



Bisa Untuk Mengurangi lemak di dalam tubuh. Jika anda menginginkan tubuh yang ediallangsing proposional anda dapatmengkonsumsi jamu kunyit asam ini dirumah, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat mengurangi lemak yang terdapat di dalam tubuh dan mengendalikan berat badan. Ini cocok buat anda yang sedang menjalani diet.



Mencegah Penuaan Dini. Kandungan antioksidan jamu kunyit asam ini dapat membantu dalam proses peremajaan kulit sehingga sel kulit menjadi segar kembali.

Begitu banyak manfaat jamu kunyit asem ini yang nota bene hanya merupakan salah satu jenis jamu dari ratusan resep jamu tradisional yang masing-masing mempunyai manfaat dan khasiat yang khas. Jadi jangan pernah remehkan khasiat jamu-jamu tradisional, teristimewa jamu godogan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:40
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.