loading...

Kulit Jeruk dan 1001 Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted by

Manfaat Kulit Jeruk
Jika anda penyuka jeruk bali, tentunya masih bisa mengingat waktu kecil apa yang dilakukan dengan kulit jeruk bali. Kulit jeruk bali biasa dibuat mainan karena bentuknya yang bagus dan kulitnya yang tebal. Kulit jeruk bali sangat bagus dibuat mainan yang berupa mobil-mobilan dan karena bentuknya yang melengkung juga bagus dibuat mainan perahu tinggal menambahkan layar dan tiang. Itu adalah gambaran manfaat kulit jeruk saat kita masih kecil yaitu hanya sekedar sebagai mainan saja. 

Manfaat Kulit Jeruk
Sementara berdasarkan berbagai penelitian, dewasa ini sudah diketahui jika ternyata kulit jeruk memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan maupun untuk kecantikan. Menurut penulis buku “The New Whole Foods Encyclopedia”, Rebecca Wood, satu buah jeruk beserta kulitnya mengandung lebih dari 60 flavonoids dan 170 fitonutrien berbeda. Bahkan, kulit jeruk juga berkhasiat terhadap kecantikan, dari menghaluskan kulit hingga membuatnya semakin bersinar.


Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk


Kulit Jeruk Untuk Terapi Udara Segar
Untuk mendapatkan manfaat ini, rebuslah beberapa kulit jeruk kering, kayu manis, dan kapulaga. Itu akan menyegarkan pikiran dan udara di rumah. Aroma yang timbul dari campuran ramuan tersebut berfungsi sebagai aroma terapi yang bisa menenangkan dan menyegarkan pikiran, apalagi ditambah dengan aroma kapulaga yang memang khas.



Membersihkan Komedo dan Jerawat di Wajah
Kulit jeruk juga bisa digunakan untuk perawatan wajah seperti mengusir komedo, sel-sel mati, jerawat dan menutup pori-pori. Khasiat ini juga bisa didapat jika kulit jeruk dipadukan dengan susu. Agar kuku semakin halus, kulit jeruk juga bisa digosokkan.


Menghilangkan Ketombe pada Rambut
Caranya ambil beberapa kulit jeruk kemudian gilinglah kulit jeruk tersebut, campur air, dan biarkan semalaman. Lalu, campuran itu bisa kamu gunakan untuk sampo pengusir ketombe.


Mengatasi Mual dan Mencegah Muntah
Untuk masalah seperti mual dan muntah, kulit jeruk bisa jadi solusi. Begitu juga terhadap hati. Aroma kulit jeruk bisa digunakan untuk mencegah rasa ingin muntah saat diperjalanan (mabuk perjalanan). Biasanya mereka yang tidak tahan terhadap bau bensin sering merasa mual dan mau muntah saat menaiki kendaraan bermotor, silakan siapkan kulit jeruk sebagai solusinya.
Campurkan kulit jeruk dan garam dalam rebusan air selama 20 menit. Minum ramuan ini saat Anda merasa mabuk. 


Mengobati Penyakit Asma
Kulit Jeruk juga membantu menghilangkan dahak dan sekaligus menyembuhkan asma.


Sebagai Aroma Terapi Mengatasi Sakit Kepala
Kulit jeruk bisa digunakan sebagai aromaterapi yang menangani sakit kepala hingga depresi.


Mengunyah Kulit Jeruk Untuk Mengatasi Bau Mulut
Saat mengalami masalah bau mulut, Anda bisa mengunyah kulit jeruk seperti halnya permen karet.


Kulit Jeruk Makanan Diet Sebagai Sumber Serat yang Baik
Kulit jeruk juga kaya akan serat sehingga mampu mengendalikan berat badan. Ketika menjalankan program diet, kamu bisa memadukannya sebagai teh atau bumbu makanan.


Jadi tidak ada  salahnya jika kita sekali-sekali mengkonsumsi kulit jeruk untuk mendapatkan manfaat seperti tersebut diatas.

Tips sebelum memakan KULIT JERUK:
  • Cucilah dengan benar-benar bersih jika perlu dengan cairan pencuci sayuran, hal ini untuk menghindari adanya desinfektan atau residu obat semprot tanaman yang menempel pada kulit jeruk
  • Pilihlah bagian kulit jeruk yang masih bagus, jangan yang rusak atau ada bagian busuknya
  • Untuk mengurangi rasa getir pada kulit jeruk bisa dikombinasikan dengan sedikit garam
  • Jika tidak bisa langsung memakannya maka rendamlah kulit jeruk dalam air panas  lebih kurang 15 - 20 menit ditambah sedikit garam, minum ketika hangat.
Mengkonsumsi obat, meskipun obat yang masuk kategori herbal juga ada aturannya jadi tidak boleh berlebihan karena semua yang berlebihan selalu ada efek sampingnya. Bahkan contoh mudahnya jika anda makan berlebihan ada efek sampingnya bukan? Semoga bermanfaat.


Catatan Tambahan Manfaat Kulit Jeruk

Manfaat Lain Kulit Jeruk dalam Rumah Tangga

Membersihkan peralatan dapur. Kulit jeruk sangat ampuh membersihkan peralatan dapur seperti piring, gelas, panci, dan talenan. Caranya gosokan kulit jeruk pada peralatan dapur. Kotoran yang menempel pun akan terangkat seketika.

Kulit Jeruk Sebagai Pengusir kucing. Kesal dengan kucing-kucing liar yang suka sembarang memasuki teras rumah? Letakkanlah kulit jeruk dekat pagar Anda, karena kucing benci bau jeruk.

Kulit Jeruk Untuk Pembersih microwave. Daripada menggunakan bahan pembersih kimia untuk membersihkan microwave, ada baiknya Anda meletakkan kulit lemon di semangkuk air. Kemudian letakan mangkuk tersebut di dalam microwave dan hangatkan selama lima menit. Setelah selesai, lap kering tumpahan air dengan lap bersih.

Kulit Jeruk sebagai Pengkilap perabotan untuk mengembalikan kilau perabotan besi dan Kuningan. Perabotan kuningan yang menghitam akan dapat mengilat seperti semula dengan bantuan kulit lemon dan baking powder. Gosokan kedua bahan tersebut ke perabotan kuningan, stainless steel, atau besi untuk hasil maksimal

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:03
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.