loading...

Krokot : Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Krokot

Posted by

Krokot adalah tanaman liar yg bisa tumbuh dimana-mana, tidak hanya di persawahan yg subur tapi juga di daerah yg tanahnya tandus. Bahkan krokot bisa hidup di sela-sela trotoar di pinggir jalan, Krokot tumbuh liar ditempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari daratan Amerika tropis di Brazil yang dapat tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m dpl.Tanaman yang punya nama ilmiah Portulaca oleraceae L. ini merupakan tanaman herba setahun yang termasuk dalam famili Portulacacaeae. 

Tumbuhan krokot tumbuh subur di Indonesia biasanya tumbuh sebagai gulma, untuk ukuran daun dan ukuran dari batang krokot tergantung dari tempat mereka tumbuh, jika mereka tumbuh dilahan yang subur akan memiliki ketebalan daun, batang yang berbeda dengan mereka yang tumbuh di lahan tandus.Baik batang, daun, kuncup bunga kuning dapat dikonsumsi. Biji Krokot seperti bubuk teh hitam, yang sering digunakan untuk membuat beberapa minuman herbal.

Daun krokot kaya akan omega tiga (ω 3). Dalam 100 gram daun krokot segar mengandung 225 – 300 mg asam linolenat (ω 3, 18:3, ∆9,12,15). Senyawa ini dapat menurunkan kholesterol darah, karena untuk membuang kholesterol diperlukan diantaranya omega tiga ini. Omega tiga juga dapat mencegah fatty liver (dalam hepar tertimbun lemak trigliserida), karena omega tiga diperlukan untuk membuat kulit (shell) dari VLDL, suatu lipoprotein yang mengangkut triasilgliserol dari hepar keseluruh tubuh.

Dalam satu cangkir (one cup) daun krokot yang sudah direbus, mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vit. A, dan beberapa asam amino yang berguna untuk kesehatan, Namun dalam satu cangkir daun krokot rebus tadi mengandung 910 mg asam oksalat, yang bisa menyebabkan kencing batu bagi mereka yang mempunyai resiko tinggi (ada diantara familinya kena kencing batu).

Tanaman ini memiliki kandungan kimia antara lain : KCl, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin,dopa. Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, pyridoxine dan karotenoid, serta mineral diet, : seperti besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan.Krokot mengandung 2 jenis pigmen betalain alkaloid dan beta – xanthins. Kedua jenis pigmen yang ampuh sebagai antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

Seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, dari akar,batang, daun dan bunga.Krokot dapat dipakai sebagai obat alternatif baik dalam keadaan segar maupun dikeringkan terlebih dulu.Krokot yang digunakan dengan cara dikeringkan biasanya dilakukan dengan mencuci bersih krokot terlebih dahulu lalu menjemurnya kemudian digiling hingga menjadi bubuk.

Krokot Bermanfaat untuk Mengobati:

  • Disenteri, diare akut
  • Radang akut usus buntu (appendicitis acuta)
  • Radang payudara ( mastitis)
  • Wasir berdarah (Hemorrhoidal bleeding)
  • Badan sakit dan pegal (Rheumatism)
  • Keputihan
  • Gangguan sistim saluran kencing
  • Sakit kuning (Hepatitis)
  • Cacingan
  • Sesak napas (biji dan buahnya)


Ramuan Obat Herbal Krokot
Untuk Disentri dan Maag
Herba krokot yang masih segar sebanyak 50 gram diuapkan selama 3-5 menit, lalu ditumbuk halus dan diperas hingga terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc. Minum sebanyak 50 cc, sehari tiga kali hingga sembuh.

Ramuan untuk Mengobati Bisul
Untuk bisul minum teh krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga bisul dirasakan mengempis dan kering atau hilang sama sekali.

Krokot untuk mengobati Kencing darah
Krokot yang sudah dalam bentuk herba sebanyak 100 gram digodok bersama herba daun sendok sebanyak 25 gram. Saring airnya dari ampas herba, hangatkan dan minum. Lakukan hingga kencing darah berhenti.

Mengatasi Jantung berdebar serta Gugup / Gelisah
4 batang krokot dicuci lalu digiling, tambah setengah cangkir air putih matang, dan satusendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring airnya lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari hingga gejala jantung berdebar berkurang atau berhenti sama sekali.
Atau :
Herba krokot segar sebanyak 25 gram dikukus sebentar lalu digiling halus dan diperas. Minum air perasannya setelah tidak panas. Lakukan hingga gejala gugup dan gelisah mereda.

Obat Demam
2 batang krokot dicuci dan direbus, tetapi tidak perlu sampai matang, makan selagi hangat. Lakukan hingga demam menurun.

Krokot untuk Sakit kuning(juga untuk radang gusi)
Herba krokot sebanyak 200 gram digodok, dinginkan airnya lalu minum. Lakukan hingga sakit mereda.

Borok, radang kulit
Herba krokot segar segenggam dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam. Oleskan pada bagian yang sakit.

Radang akut usus buntu
Ambil herba segara krokot segenggam, dicuci bersih lalu ditumbuk dan diperas sampai terkumpul lebih kurang 30 mililiter (ml). Tambahkan gula putih secukupnya dan air matang yang sudah dingin sampai menjadi 100 ml, minum, lakukan tiga kali sehari.

Krokot untuk mengatasi Keputihan :
200 gram krokot dijuice dan diambil airnya kemudian masukkan putih telur lalu di tim. Makan selagi hangat.


Uji Klinis Terhadap Krokot Sebagai Antioksidan 

Sebuah Penelitian yang dilakukan oleh Setyo Sri Raharjo,dr. MKes dan S. Andhi Jusup, dr, M.Kes dari Fak. Kedokteran UNS menunjukkan kemampuan Krokot sebagai antioksidan, berikut ulasannya:

Menggoreng dengan cara deep frying berisiko terbentuknya radikal bebas, dan penurunan kapasitas antioksidan, sehingga mengakibatkan kerusakan jaringan tubuh, antara lain penyakit kanker, inflamasi, aterosklerosis, proses penuaan, termasuk kerusakan sel liver. Krokot merupakan sumber antioksidan alami. Fungsi antioksidan ini terkait dengan asam lemak omega-3, alfa tokoferol, asam askorbat, beta karoten dan glutation yang dikandungnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui efek ekstrak daun krokot (Portulaca oleracea L.) sebagai anti oksidan alami terhadap kadar alanin transaminase (ALT) dan gambaran sel hepar tikus putih (Rattus novergicus L.) yang diberi minyak goreng deep frying.
Duapuluh lima ekor tikus setelah diadaptasi selama 7 hari dibagi menjadi 5 kelompok. Kemudian hari ke 8 sampai dengan hari ke 21 diberi perlakuan . Kelompok I di diberi aquades, kelompok II diberi minyak goreng deep frying, kelompok III diberi minyak goreng deep frying + vitamin C 18 mg/ekor/hari, kelompok IV diberi minyak goreng deep frying + ekstrak krokot 50 mg/ekor/hari, kelompok V diberi minyak goreng deep frying + ekstrak krokot 100 mg/ekor/hari Hari ke 22 semua sampel enzim liver (ALT), serta gambaran histologi sel hepar.
Hasil pemeriksaan ALT menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara kelima kelompok perlakuan dengan p = 0,00. Hasil Post Hoc Test menunjukkan adanya perbedaan bermakna antata kelompok I (kontrol negatif) dengan kelompok II, III, IV, dan V (p = 0,00) serta antara kelompok II (kontrol positif) dengan kelompok V (dosis 2) dengan p = 0,05. Sedangkan hasil pemeriksaan histologi menunjukkan Kelompok II dan IV menunjukkan gambaran jaringan hati yang mirip dengan persentase nekrosis sel hati lebih kecil dari kelompok III, tapi masih lebih besar dari kelompok I. Uji Kruskall Wallis antar kelompok menujukkan hasil yang signifikan (p:0,002;p<0 font="">

Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat penurunan kadar ALT dan aktivitas hepatoprotektif oleh ekstrak daun krokot (Portulaca oleracea L.) yang diberi minyak goreng deep frying.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.