loading...

Kiat-Kiat Cara Mengatasi Nyeri Punggung dan Pinggang

Posted by

Nyeri pada pinggang (low back pain) adalah sindroma klinis yang ditandai dengan gejala utama nyeri atau perasaan tidak nyaman di daerah tulang punggung bagian bawah. Hampir setiap orang pernah mengalami kondisi seperti ini. Penyebabnya bisa karena beragam alasan, mulai dari otot tegang hingga cedera.



Hampir 70 persen kasus nyeri pinggang disebabkan karena urat tertarik. Urat tertarik, disebabkan oleh kekakuan otot akibat kita jarang bergerak dan kurang berolahraga. Posisi duduk yang salah juga lama kelamaan bisa menyebabkan nyeri pinggang.  Penyebab lain nyeri pinggang adalah rematik tulang punggung, namun kondisi ini umumnya diderita oleh mereka yang berusia di atas 70 tahun.

Meski begitu, keluhan nyeri punggung sebaiknya tidak diabaikan, terutama jika disertai dengan tanda-tanda lain, seperti bagian bawah tubuh terasa baal, kesemutan, dan gangguan saat buang air kecil atau buang air besar.


Berikut adalah beberapa latihan dan gerakan sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu Anda mengatasi masalah nyeri punggung bagian bawah.
  • Hindari posisi atau kegiatan yang meningkatkan atau menyebabkan nyeri punggung. Gunakan kompres es bila diperlukan dan gunakan obat pereda rasa sakit jika Anda benar-benar sudah tidak dapat lagi menahan rasa nyeri. Kebanyakan masalah nyeri punggung bawah akan berangsur membaik bila Anda tetap aktif.
  • Anda dapat memilih untuk latihan penguatan sederhana pada bagian perut, punggung, dan kaki, yang diikuti beberapa latihan peregangan. Latihan tidak hanya membantu Anda pulih lebih cepat, juga mencegah kembali cedera pada punggung Anda.
  • Ingat bahwa Anda harus terus aktif setelah sembuh dari sakit punggung dan secara bertahap meningkatkan level aktivitas Anda. Sedikit aktivitas akan menyebabkan hilangnya fleksibilitas, kekuatan, dan daya tahan sehingga akhirnya berdampak pada kekambuhan.
  • Hindari tidur dengan posisi tengkurap. Ketika posisi Anda tengkurap, perut akan menjorok ke bawah, membentuk lengkungan pada punggung, meningkatkan kurva lumbal, sehingga memberikan rasa nyeri. Tidur telentang akan membuat Anda merasa nyaman. Para ahli menyarankan tidur miring dengan posisi kaki ditekuk pada bagian lutut. Posisi ini dimaksudkan untuk meminimalkan stres tulang punggung.
  • Perhatikan bagaimana Anda duduk dan berdiri—postur tubuh yang buruk sering menjadi penyebab utama terjadinya nyeri punggung bawah. Jangan membungkuk saat Anda duduk dan berdiri.
Posisi Duduk Terbaik Untuk Menghindari Nyeri Punggung dan Pinggang

Para peneliti mengatakan, posisi duduk terbaik adalah bersandar 135 derajat. Hasil ini diungkapkan para ahli dari Skotlandia dan Kanada setelah melakukan riset menggunakan modifikasi magnetic resonance imaging (MRI). Hasil riset dan rekomendasi ini seperti dilansir dari Kompas.com, sudah disampaikan kepada Radiological Society of North America.

Posisi Duduk Yang Baik (Pict from BBC)
Riset sendiri dilakukan di Woodend Hospital Aberdeen, melibatkan 22 responden yang bertulang punggung sehat. Para responden kemudian menjalani pemindaian dengan mesin positional MRI, yang memungkinkan responden bebas bergerak, baik duduk atau berdiri.

Dalam studi ini pasien mencoba 3 posisi duduk. Posisi pertama adalah membungkuk, dengan posisi tubuh bersandar di meja atau seperti ketika mengendalikan console game. Posisi kedua adalah tegak 90 derajat. Posisi terakhir adalah bersandar 135 derajat, dengan kaki di lantai.

Peneliti kemudian mengukur seberapa besar tulang belakang membengkok. Peneliti juga mengukur ketinggian dan pergeseran ruas tulang dalam berbagai posisi duduk. Pergeseran ruas tulang terjadi saat ada beban yang ditempatkan pada tulang belakang. Hal ini mengakibatkan ruas tulang keluar dari susunan.

Pergeseran paling banyak ditemukan pada posisi duduk 90 derajat. Sedangkan pergeseran paling sedikit terjadi pada posisi dukuk 135 derajat. Hal ini mengindikasikan beban yang ditempatkan pada ruas tulang lebih sedikit. Posisi ini juga berhubungan dengan otot dan tendon yang dalam keadaan lebih rileks.

Pada posisi duduk membungkuk, terjadi pengurangan beban pada ruas tulang punggung atas. Namun posisi ini buruk untuk dua ruas tulang punggung terbawah.

Berdasar hasil ini, peneliti menetapkan posisi duduk 135 derajat adalah yang terbaik.

"Duduk sesuai dengan posisi anatomi sangat penting. Posisi duduk yang buruk meningkatkan beban pada tulang belakang dan ligamen. Akibatnya timbul rasa sakit, bentuk tulang punggung yang berubah, dan berbagai penyakit kronis," kata pemimpin penelitian , Dr Waseem Bashir dari Department of Radiology and Diagnostic Imaging di University of Alberta Hospital, Kanada.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 17:19
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.