loading...

Kayu dan Getah Pohon Pinus: Manfaat Kesehatan Tersembunyi dari Pohon Pinus

Posted by

Manfaat Kayu dan Getah Pohon Pinus Bagi Industri dan Kesehatan
Pohon Pinus. Pohon pinus identik dengan daerah  pegunungan karena memang habitat hidupnya sebagaian besar tanaman ini di daerah dataran tinggi. Bagi para pendaki gunung, pohon pinus adalah seperti teman perjalanan yang selalu setia menemani pendakian. Banyak manfaat pohon pinus terutama dari kayu dan getahnya, Samingan (1980) dalam Yana Rahyana (1996) menerangkan bahwa sifat-sifat kayu pinus adalah kayunya termasuk kayu ringan sedang berat jenis antara 0,46 – 0,70, bagian yang mendukung resin 0,95, kelas kuat II-III dan kelas awet kayu gubal 6-8 cm berwarna putih kekuning – kuningan, kayu ters berwarna lebih tua, coklat atau kemerahan, kekerasan daya kembang susut dan retak sedang, sifat pengerjaan lebih mudah patah tapi agak sulit digergaji. Batang umumnya berbentuk bulat dan lurus kulit berwarna coklat tua, kasar, berakar dalam dan menyerpih dalam kepingan panjang. 



Getah Pinus. Pohon pinus memiliki kayu gubal yang didalamnya terdapat sel-sel yang merupakan gudang pati dan persediaan bahan lainnya untuk diubah menjadi persenyawaan baru dalam pembentukan sel-sel kayu dan getah. Kayu gubal merupakan pabrik getah, makin tipis kayu gubal bearti makin kecil hasil getahnya, sehingga getah yang dihasilkan berkurang. 

Secara garis besar, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi getah pinus antara lain: 
  • Faktor dalam (internal) antara lain jenis pohon, diameter dan kesehatan pohon. 
  • Faktor luar (lingkungan) antara lain jarak tanam, cuaca dan kesuburan tanah. 
  • Faktor perlakuan (manusia ) antara lain, bentuk luka sadapan, arah (letak) luka sadapan dan upaya stimulasi. 

Aliran getah pinus dipengaruhi oleh tiga kondisi penting yaitu : 
  • Mekanisme pertahan fisiololigis yaitu terjadi peningkatan tekanan turgor yang sangat cepat sehingga jaringan epitel mengembang dan akan menyumbat saluran. Ini terjadi pada bagian yang jauh dari luka, dimana jaringan masih hidup dan diikuti oleh pengeluaran getah yang sangat aktif.
  • Pengemulsiaan getah didalam ari yang terdapat pada cytoplasma sel, pergerakan serta pengelurannya melalui membran sel epitel ke dalam saluran damar. 
  • Total dehidrasi sel serta pembalseman membran oleh getah. Pada tahap ini aliran getah akan terhenti.

Pohon pinus dikenal akan aromanya yang menyegarkan. Tak jarang aroma pinus juga digunakan untuk terapi.. Namun ternyata, manfaat pinus tak berhenti sampai di situ. Selain manfaat dari kayu dan getahnya, pohon pinus masih menyimpan manfaat lain untuk kesehatan.



Beberapa Manfaat Pohon Pinus Untuk Kesehatan Tubuh Anda 

Mengobati Penyakit  bronchitis
Kemampuan pinus tak hanya untuk menenangkan diri, tetapi juga bisa meredakan pilek, sinus, sesak napas, dan ronchitis. Caranya mudah, tambahkan tiga tetes minyak esensial pinus pada semangkuk air panas. Kemudian tutupi kepala Anda dengan handuk, dan hirup aroma pinus melalui hidung dan mulut.

Mengurangi rasa nyeri pada otot

Minyak pinus juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot. Caranya, tambahkan lima tetes minyak pinus dengan dua sendok minyak sayur. Lalu pijatkan pada bagian tubuh yang nyeri otot. Namun pilih minyak pinus P. Pinaster, bukan Scotch pinus (P.sylvestris). Scotch pinus bisa membuat kulit iritasi.
 
Pohon Pinus Kaya akan Antioksidan (Flavonoid) dan vitamin C

Pada tahun 1940-an peneliti Prancis menemukan bahwa kulit pohon pinus dan daun jarumnya mengandung banyak vitamin C. Tak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa pohon pinus sarat akan antioksidan, yaitu flavonol dan bioflavonoid. Senyawa ini kemudian diekstraksi menjadi Pycnogenol dan dipasarkan menjadi suplemen diet. Pycnogenol juga digunakan sebagai obat jet lag, meringankan peredaran darah, nyeri lutut, kram menstruasi, bahkan obat untuk meningkatkan memori pada orang lanjut usia.

Manfaat Aroma Pinus Untuk Terapi Stress

Penelitian di Universitas Kyoto Jepang menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan pinus selama 15 menit per hari mampu menurunkan stres. Jika di daerah Anda sulit menemukan hutan pinus, maka ini bisa diganti dengan menggunakan minyak esensial pinus atau cemara. Selain meredakan stres, aroma pinus juga bisa menenangkan emosi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:15
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.