loading...

JHT BPJS Tidak Bisa Cair, Pekerja Demo dan Protes

Posted by

Perubahan Peraturan JHT BPJS Menuai Protes Pekerja
Banyak sekali pekerja yang kecewa saat mau mencairkan dana JHT BPJS nya terutama mulai 1 Juli 2015 akibat peraturan baru pencairan JHT BPJS yang minim sosialisasi. Seperti diketahui perubahan peraturan pencairan dari 5 tahu kepesertaan menjadi 10 tahun yang berlaku mulai 1 Juli 2015 ini banyak menuai protes terutama karena dirasa sangat memberatkan dan tidak pro pekerja yang sudah resign atau berhenti dari bekerja akibat PHK atau mengundurkan diri untuk memulai usaha sendiri dan mengandalkan modal dari  dana JHT BPJS yang akan dicairkan. Ditambah lagi peraturan bahwa dana JHT baru bisa diambil semua jika sudah usia 56 tahun.



Berikut berita-berita protes seputar JHT BPJS yang dikutip dari berbagai sumber:

Ratusan warga Batam, Kepulauan Riau, mengamuk di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam, Rabu (1/7/2015). Hal ini dipicu karena aturan baru yang dikeluarkan BPJS Ketenagakerjaan terkait klaim saldo Jaminan Hari Tua (JHT).

BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan aturan baru berdasarkan UU Nomor 40 tentang BPJS Ketenagakerjaan. Per tanggal 1 Juli 2015, BPJS Ketenagakerjaan beroperasi penuh memberlakukan adanya pensiun bagi tenaga kerja, dan untuk klaim saldo JHT hanya bisa diambil apabila kepersertaan sudah mencapai 10 tahun.

Selain itu, untuk persiapan hari tua, saldo JHT hanya bisa diambil sebanyak 10 persen dan untuk pembiayaan perumahan saldo yang bisa diambil hanya 30 persen. Seluruh isi saldo JHT hanya bisa diambil pada usia mencapai 56 tahun.
(Sumber Batamnews.co.id)

Peserta BPJS lain, Kristina, 29, mengatakan aplikasi pencairan JHT yang diurusnya bulan kemarin berulangkali ditolak dengan berbagai alasan. Sampai akhirnya dia diminta kembali 1 Juli setelah aturan berganti. Kristina memahami perubahan aturan, namun ia berharap peserta yang jatuh tempo sebelum Juli dapat tetap menggunakan aturan lama. “Toh kami sudah mengurusnya sejak Juni. Uang itu sangat saya butuhkan untuk biaya nikah. Masa batal merit karena BPJS,” tuturnya.

Seorang warga Weru, Sukoharjo, Lusiana, 27, khusus kembali ke Solo dari tempat kerjanya di Batam untuk mengurus JHT.
“Ternyata tidak bisa cair,” keluh dia.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solo, Supriyanto, mengakui sosialisasi mengenai aturan baru JHT belum menyeluruh. Hal itu karena PP yang mengatur tentang JHT baru diteken 1 Juli. Namun dia menampik sengaja mengulur waktu dalam pengurusan JHT. “Kemarin (30 Juni) kami bahkan membuka layanan hingga pukul 21.00 WIB untuk memfasilitasi warga.”
(Sumber: Solopos.com)

Sejumlah pekerja melakukan aksi protes di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Makassar di Jl Urip Sumohardjo, Makassar, Rabu (1/7/2015). Protes ini terkait aturan baru BPJS mengenai UU Nomor tahun 40 tahun 2004 pasal 37 ayat (3).

Salah satunya, Baharuddin (52), PT Carangkoppa (Perusahaan Bergerak di bidang Pakan) Makassar.
Pasalnya menurut UU tersebut, pengambilan saldo JHT untuk tenga kerja yang telah berhenti bekerja dengan masa kepesertaan 5 tahun dengan masa tunggu sekurangnya 1 bulan, sudah tidak dapat dilayani lagi.
Selain itu, pengambilan seluruh saldo JHT nanti di usia 56 tahun
"Saya mau ambil ini uang tapi saya dihalangi oleh staf BPJS," keluh Burhanuddin.
(Sumber:Tribunnews.com)

Dengan banyaknya aksi protes sudah saatnya pemerintah mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang menyengsarakan rakyatnya...tidak hanya tentang JHT BPJS tetapi juga peraturan-peraturan lainnya dan pencabutan-pencabutan subsidi yang memberatkan rakyat kecil.

Mau tahu isi lengkap Perubahan Peraturan JHT BPJS? Baca saja : Isi Perubahan Peraturan JHT BPJS Per 1 Juli 2015 atau KLIK DISINI

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:42
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.