loading...

Jawa, Dimana Adat Istiadat Kadang Mengalahkan Akal Sehat

Posted by

Pulau JAWA
Jawa. Mendengar kata Jawa biasanya orang akan terbawa pada masa keraton atau masa kuno dimana unggah ungguh atau tata krama sangat diutamakan. Hubungan antara majikan atau raja dengan abdi dalem atau hamba keraton demikian sarat dengan peraturan yang harus ditaati meskipun peraturan ini sering mempersulit abdi dalem dalam melayani keperluan rajanya.

Pulau Jawa
Pulau Jawa menempati ranking ke 13 sebagai pulau terbesar didunia dan letaknya tentu saja di Indonesia. Salah satu pulau berpenduduk terpadat di dunia dengan populasi sekitar 136 juta jiwa. Sebanyak 60% penduduk Indonesia tinggal dipulau Jawa ini yang merupakan pulau terbesar ke-5 di Indonesia.

Jawa juga menggambarkan sebuah pulau terpadat di Indonesia jika dibandingkan pulau pulau lainnya. Propinsi-propinsi seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta/DIY, DKI Jakarta dan Banten adalah nama-nama propinsi yang ada di pulau Jawa.

Jawa, menggambarkan sebuah budaya yang kata orang adiluhung dan syarat nilai-nilai kemanusiaan. Kebudayaan seperti Gending Jawa dengan syair-syairnya yang penuh petuah, Wayang Orang, Wayang Kulit, Wayang Golek adalah  budaya yang mengedepankan nilai hidup bermasyarakat dan secara umum selalu menggambarkan bahwa siapa  yang benar pada akhirnya akan terlihat atau becik ketitik olo ketoro. Dengan kata lain kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan.

Bahasa Jawa. Sebuah bahasa yang penuh dengan aturan pakai. Jika ibarat dokter, kita harus menggunakan resep agar bisa berbahasa jawa dengan baik dan benar. Satu kata mempunyai tempat dan nilai yang berbeda padahal artinya sama. Misal kata yang berarti makan, kita harus bilang dahar jika dipakai untuk orang tua. Untuk anak kecil kita bilang maem. Untuk sesama umur boleh bilang maem atau nedho kalau pakai bahasa kromo inggil. Bisa dibayangkan bagaimana ribetnya orang luar jawa belajar bahasa jawa yang benar.

Aksara Jawa. Disamping bahasanya yang khas dengan berbagai macam dialek, Jawa juga memiliki aksara khusus yang disebut Hanacaraka, yang menurut sejarahnya aksara ini diciptakan oleh tokoh dari India yang bernama Ajisaka. Aji saka bisa juga dimaknai sebagai raja asal-mula atau raja pertama.

Jawa bertetangga dengan Sumatera di sebelah barat, Bali di timur, Kalimantan di utara, dan Pulau Natal di selatan. Pulau Jawa merupakan pulau ke-13 terbesar di dunia. Perairan yang mengelilingi pulau ini ialah Laut Jawa di utara, Selat Sunda di barat, Samudera Hindia di selatan, serta Selat Bali dan Selat Madura di timur.


Jawa memiliki luas sekitar 139.000 km2. Sungai yang terpanjang ialah Bengawan Solo, yaitu sepanjang 600 km. Sungai ini bersumber di Jawa bagian tengah, tepatnya di gunung berapi Lawu. Aliran sungai kemudian mengalir ke arah utara dan timur, menuju muaranya di Laut Jawa di dekat kota Surabaya.


Banyak pendatang yang masuk ke pulau Jawa hampir dari semua pulau di Indonesia sehingga menjadikan pulau Jawa ini semakin padat tetapi juga menjadi pulau yang paling berkembang di Indonesia.


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:13
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.