loading...

Herbal Tanduk Rusa: Manfaat Tanaman Paku Tanduk Rusa Sebagai Obat Demam, Radang sampai Gondok

Posted by


Tanduk Rusa termasuk jenis paku-pakuan. Tumbuhan ini banyak ditemukan dan dipelihara sebagai tanaman hias karena pesona juntaian daunnya yang indah. Tanduk rusa merupakan tanaman yang hidupnya menempel kuat pada benda atau pohon lain tetapi tidak merugikan tumbuhan yang menjadi inangnya. Atau mempunyai sifat epifit. Tanduk rusa atau juga di sebagian daerah disebut simbar menjangan selain permukaan daunnya mirip kulit rusa yaitu kasar, daun tanduk rusa menjuntai ke bawah bercabang-cabang menyerupai tanduk binatang rusa yang terbalik. 

Tanduk Rusa
Pada dasarnya tanduk rusa merupakan tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pokok penumpu berupa akar dan rimpang batang membentuk bungkah kool berwarna coklat dan jutaian helaian daun berwarna hijau. Tanduk rusa menyukai tempat yang tidak langsung memperoleh sinar matahari. Pengembangbiakannya dilakukan dengan spora atau dengan memindahkan akar rimpangnya.

Daunnya ada 2 macam: Tipe pertama selalu steril dan berbentuk perisai tegak, mengering pada kondisi kurang air, fungsinya mengumpulkan dedaunan kering dan penangkap air, sehingga kelembaban bagi rimpang terjaga; tipe kedua menjuntai dari “pusat” daun tipe pertama dengan bentuk menyerupai tanduk rusa (walaupun ada beberapa jenis yang tidak demikian), fungsinya sebagai pembawa spora yang terletak di sisi bawah daun, panjang daun yang menjuntai dapat mencapai satu meter atau lebih, tergantung jenisnya. P. coronarium dapat memiliki daun fertil yang menjuntai hingga 2,5m. Spora terdapat pada sporangia yang terlindung oleh sori yang tumbuh menggerombol di sisi bawah daun, menyebabkan vlek berwarna coklat pada daun. Kandungan pada Daun Tanduk Rusa  mengandung saponin, flavonoida dan polifenol.


Nama Lokal: 
Daun Tanduk Rusa, Simbar Agung (Indonesia); Simbar Menjangan (Jawa, Bali), Paku Uncal (Sunda)


Ramuan Obat Herbal Tanduk Rusa
Demam
Bahan: 1 lembar daun tanduk rusa dan sedikit garam. 
Cara Membuat, daun tanduk rusa ditumbuk halus, ditambah garam secukupnya, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Cara menggunakan: disaring dan diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.


Radang Rahim luar
Bahan: 2-5 lembar daun tanduk rusa dan minyak kayu putih secukupnya. 
Cara Membuat: daun tanduk rusa ditumbuk halus, ditambah minyak kayu putih secukupnya, dan diaduk. Cara menggunakan: ditempelkan pada perut /rahim dan dibalut dengan kain stagen.


Haid tidak teratur
Bahan: 2 lembar daun tanduk rusa. 
Cara Membuat: diseduh dengan air panas secukupnya. Cara menggunakan: diminum 4 atau 3 hari sebelum datang bulan (haid).


Bisul
Bahan: 1 lembar daun tanduk rusa dan sedikit kapur sirih. Cara Membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Cara menggunakan: dipakai untuk mengompress bagian bisul. 


Abses. Bahan: 1 lembar daun tanduk rusa, 1 siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Cara Membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Cara menggunakan: dipakai untuk mengompress bagian bisul. 

Tanduk Rusa untuk Menyuburkan kandungan. Bahan 1/4 lembar daun simbar menjangan dan kunyit sebesar ibu jari , ditumbuk halus. Diberi air matang 1/2 cangkir diperas dan disaring, Tambahkan asam kawak dan gulu jawa secukupnya lalu diminum.

Mengobati Gondok / kelenjar ludah / bengkak. Bahan 3 lembar daun simbar menjangan ditumbuk halus, diberi sedikit air dan garam. Untuk mengolesi, atau dioleskan disekeliling gondoknya. 

Video Untuk Refreshing silakan ditonton jika berkenan

 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:46
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.