loading...

Herbal Bunga Pukul Delapan : Bermanfaat Sebagai Obat Rematik dan Antibiotik

Posted by

Manfaat Bunga Pukul Delapan
Bunga pukul delapan adalah salah satu jenis tanaman liar yang sering dijumpai tumbuh  di sembarang tempat. Banyak yang belum tahu jika tanaman buinga pukul delapan ini sebenarnya memiliki manfaat sebagai obat herbal. Tanaman obat Bunga pukul delapan banyak ditemukan tumbuh liar di tanah terlantar, tepi saluran air, dan umumnya tumbuh berkelompok. Tumbuhan herbal ini berasal dari Meksiko dan Hindia Barat tumbuh tegak dengan akar pena yang panjangnya 0,3-0,8 meter. 

Nama-nama Lain :
Bunga Pukul Delapan (Turnera angustifolia Mill. ; Turnera subulata J.E.Smith.)
Nama Latin bunga pukul delapan : Turnera subulata J.E.Smith
Nama Lokal : Bunga pukul delapan, lidah kucing (Jawa).
Nama Asing : W. Indian holly, sage rose, holly rose.; Inggris: Ramgoat Dashalong, Sage Rose, Sage-Rose, Sundrops, West Indian-Holly, Yellow Alder, Yellow Buttercups, Yellow-Alder
Nama Simplisia :Turnerae ulmifoliae Folium (daun bunga pukul delapan), Turnerae ulmifoliae Radix (akar bunga pukul delapan).



Tumbuhan herbal panjang 2-7 cm lebar 1-4 cm. Bunga mekar sekitar pukul 8 pagi dan layu sekitar pukul 12 siang. Mahkota bunga berbentuk bulat telur sungsang, pangkalnya cokelat, kuning muda di atasnya,Buah berbentuk telur lebar biji lebih dari 30. Cara Perbanyakan tanaman ini adalah dengan biji.

Bunga pukul delapan yang juga dikenal dengan nama lidah kucing (Jawa) adalah spesies tumbuhan dari familia Passifloraceae. Bunga pukul delapan satu marga dengan damiana (Turnera diffusa), herbal yang berkhasiat mengatasi pembengkakan prostat (hipertrofi prostat) dan gangguan disfungsi ereksi, Bunga pukul delapan rasanya pahit pedas dan sifatnya hangat.

Kandungan kimiawi pada tanaman bunga pukul delapan adalan pada daun dan batang mengandung saponin dan polifenol. Daunnya mengandung flavonoid. Bagian batang dan bunganya mengandung betacyanin, beranin, dan juga betanidin.Berdasarkan riset pada tahun 2009, bahwa tumbuhan ini berpotensi sebagai antibiotik terhadap Staphylococcus aureus resisten-metisilin (taphylococcus aureus resiten metisilin; dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Methicillin-resistant Staphylococcus aureus/MRSA”).

Dalam pengobatan, rebusan akar tumbuhan ini dapat digunakan untuk rematik sendi disertai bengkak, juga bengkak yang disebabkan memar. Cara pemakaian untuk rematik dengan rasanya pahit, pedas, sifatnya hangat. Bunga pukul delapan berkhasiat tonik dan melancarkan aliran darah. Rematik sendi disertai bengkak, bengkak akibat memar Cuci akar segar bunga pukul delapan, lalu potong potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.

Pemanfaatan bunga pukul delapan sebagai minuman obat : Rebus daun atau akar segarnya 15 gram, saring, minum airnya.
Pemanfaatan bunga pukul delapan untuk obat luar : Tumbuk daun segar secukupnya, tambahkan kapur sirih (secukupnya), lalu aduk rata. Tempelkan pada bisul atau bagian tubuh yang bengkak dan memar, lalu balut dengan perban atau kain kasa.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:27
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.