loading...

Gunung Raung di Banyuwangi Erupsi, Semburkan Abu Pekat

Posted by


Waspada Erupsi Gunung Raung Area Banyuwangi dan Jember

Semburan Abu Gunung Raung (foto: Jpnn)
Gunung Raung adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia. Letak tepatnya Gunung Raung ada di Banyuwangi Jawa Timur. 

Dalam beberapa hari terakhir gunung Raung menunjukkan peningkatan aktivitasnya. Yaitu dengan adanya tremor dan juga semburan asap serta abu yang semakin lama semakin pekat.Selain bergemuruh, puncak gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut itu mengeluarkan sinar api yang terlihat jelas saat malam. Meski begitu, belum ada peningkatan status.Sejak November 2014, Gunung Raung masih berada dalam level II atau waspada. Menurut Balok Suryadi, kepala Pos Pengamatan Gunung Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, cahaya seperti api di puncak gunung bukan lava panas. ’’Bukan lava pijar itu, tapi sinar api,’’ katanya.

Berdasar pengamatan visual, sinar api itu biasanya terlihat saat tengah malam. ’’Sudah lima harian ini. Biasanya, muncul pukul 23.00,’’ jelasnya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, dengan meningkatnya aktivitas Gunung Raung, Maka PVMBG Badan Geologi telah menaikkan status dari normal (level I) menjadi waspada (level II) terhitung sejak 5 Januari 2014 pukul 14:00 Wib."Kenaikan status menjadi waspada dikarenakan sejak tanggal 4 Januari 2014 ada peningkatan gempa hembusan dan perubahan asap menjadi putih kecoklatan. Ancaman saat ini hanya di sekitar kawah," terang Sutopo dalam keterangan persnya, Minggu (5/1).

BNPB merekomendasikan agar masyarakat/pendaki tidak mendekati kawah, dalam radius 2 km dari pusat kawah.

Beberapa Gunung Berapi Aktif di Indonesia dan Status nya

Dari sekitar 127 gunung api aktif di Indonesia, inilah status beberapa diantaranya: 
Status Awas (level IV):
  • Gunung Sinabung
Status Siaga (level III): 
  • Gunung Karangetang
  • Gunung Lokon
  • Gunung Rokatenda. 
Status Waspada (level II):
  • Gunung Raung
  • Gunung Ibu
  • Gunung Lewotobi Perempuan
  • Gunung Ijen
  • Gunung Gamkonora
  • Gunung Soputan.
Laporan terakhir pada 6 Juli 2015 pukul 00.00 menyebutkan, tremor Gunung Raung naik hingga 30 mm. Berdasar pantauan BPBD Jember, abu vulkanik dari kawah semakin pekat daripada hari-hari pertama siaga.
’’Ketinggian lontaran abu mencapai 400 meter dari puncak,’’ ungkapnya. Untungnya, kata dia, arah angin tidak pernah ke barat sehingga tidak ada hujan abu di Jember. Yang mengalami hujan abu saat ini adalah daerah Bondowoso dan Banyuwangi.

Dia mengungkapkan, saat ini letusan hanya berada di dalam kawah sehingga tidak ada lelehan lava. Namun, kondisi tersebut tetap mengkhawatirkan. Jika itu terus-menerus terjadi, material vulkanik dikhawatirkan bisa menyumbat jalur magma.

BPBD Jember, ungkap dia, melarang adanya aktivitas dalam radius 5 km dari kawah. Tetapi, pihaknya memperluas area rawan menjadi 11 km. ’’Sebenanrya aman jika 20 km,’’ jelasnya.
Meski masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa, dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Jika pemerintah melalui PVMBG menyatakan bahwa kondisi Raung berbahaya, semua pihak sudah siap. ’’Termasuk masyarakat dan relawan. Kami juga sudah memiliki rencana kontinjensi untuk antisipasinya,’’ katanya.

Kasi Promosi Kesehatan dan Humas Dinkes Jember Yumarlis menjelaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan BPBD Jember terkait dengan perkembangan di Gunung Raung. Selain mengirim delapan ribu masker yang siap di lokasi, dinkes masih memiliki persediaan yang siap dibagikan kapan pun. ’’Untuk masker, kami siap sekitar 350 ribu jika dibutuhkan,’’ ujarnya.

Peringatan dan Pembatalan Sebagian Penerbangan Akibat Erupsi Gunung Raung Banyuwangi

Direktur Safety dan Standard AirNav Indonesia Wisnu Darjono menuturkan, maskapai Jetstar membatalkan dua penerbangan Perth–Denpasar Sabtu (4/7). Langkah itu juga dilakukan sehari sebelumnya dengan membatalkan enam penerbangan. Virgin Australia Airlines menempuh langkah yang sama. Sabtu (4/7) Virgin Airlines membatalkan sepuluh penerbangan Perth–Denpasar dengan dalih keamanan.  ”Rencananya, Virgin Australia juga membatalkan empat penerbangan untuk Minggu (5/7),” ujar Wisnu.

Sementara itu, di dalam negeri penerbangan tetap berjalan normal. Dia mengatakan, maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, Cathay Pacific, Malaysia, dan penerbangan lain masih beroperasi seperti biasa.
Meski demikian, pihaknya mengeluarkan larangan penerbangan melewati radius 30 km dari puncak Gunung Raung. Imbauan tersebut diberikan sebagai langkah kehati-hatian dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Akibatnya, sejumlah penerbangan diperkirakan mengalami keterlambatan sekitar dua menit.

”Kami terus memonitor. Jika ada hal yang dirasa berbahaya, akan langsung diinformaskian,” katanya.
Airnav telah mengeluarkan imbauan kepada operator penerbangan terkait hal itu melalui Volcanic Ash Notification to Airmen (Ashtam) Nomor 2015/11 tertanggal 3 Juli dan 4 Juli 2015. Dalam Ashtam tersebut, Airnav menginformasikan bahwa abu vulkanis Raung mencapai 15 ribu kaki dpl. Dikabarkan pula, abu vulkanis bergerak ke arah tenggara dengan kecepatan 10 knot.(Sumber: Jpnn.com).

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:13
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.