loading...

Daun Tempuyung, Tanaman Obat Herbal Yang Ampuh Untuk Asam Urat Dan Batu Ginjal

Posted by

Manfaat dan Khasiat Tempuyung Sebagai Obat Herbal
Tanaman Obat Tempuyung (Sonchus arvesnsis) adalah jenis tumbuhan liar yang banyak tumbuh ditempat-tempat lembab seperti diselokan, parit, kebun kosong, pematang sawah dan tebing-tebing. Tanaman liar ini memang sangat mudah tumbuh didaerah-daerah yang memiliki curah hujan cukup sampai tinggi. Mudah berkembangbiak dengan bijinya.




Batang muda dan daun walaupun rasanya pahit bisa dimakan sebagai lalap. Secara tradisional tanaman ini juga sering digunakan untuk menghancurkan batu ginjal, obat memar akibat benturan, menghilangkan lesu dan pegal-pegal, sedangkan di Cina, daun tempuyung selain sebagai obat juga dipakai sebagai insektisida.

Kandungan kimia yang terdapat dalam tanaman ini adalah ion-ion mineral antara lain: silica, kalium, magnesium, natrium dan senyawa organic macam flavonoid (kaemferol, luteolin-7-O-glukosida dan apigenin-7-O-glukosida), kumarin (skepoletin), taraksasterol, inositol, serta asam fenolat (sinamat, kumarat dan vanilat). Dilaporkan, kandungan flavonoid total di dalam daun tempuyung 0,1044 %.


Sedangkan akar tempuyung mengandung senyawa alkaloid total kurang lebih 0,5 % dan flavonoid yang terbesar adalah apigenin-7-0-glukosida. Apigenin-7-0-glukosida adalah salah satu golongan flavonoid yang mempunyai potensi cukup baik untuk menghambat kerja enzim xantin oksidasi dan superoksidase, sehingga pembentukan asam urat jadi terhambat atau berkurang.


Keamanan dari pemakaian rebusan daun tempuyung telah diteliti dengan menggunakan hewan coba selama 3 bulan, dan didapatkan hasil bahwa tanaman ini aman untuk dikonsumsi asal sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Menurut Wikipedia, Tempuyung yang mempunyai nama Latin ''Sonchus Arvensis'' merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat. Selain nama Latin, tempuyung juga memilki nama daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana. Tanaman ini sering kita temukan di sekitar kita karena dapat tumbuh di antara puing-puing bangunan, tembok, ataupun pinggir jalan.

Tempuyung termasuk dalam suku Asteraceae yang tumbuh di ketinggian 50-1.600m dpl dan sangat cocok berada di lingkungan yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun atau daerah dengan musim kemarau pendek. Sebagai tanaman liar, tempuyung dapat juga dibudidayakan di dalam pekarangan. Tanaman ini tergolong dalam tumbuhan tak berkayu atau terna dan menyukai tempat yang langsung terkena sinar matahari serta mudah berkembang biak dengan biji yang terbawa oleh anginAdapun tumbuhan ini mengandung kalium, flafonoid, taraksasterol,inositol, dan yang lain.

Manfaat dan Khasiat Tempuyung:
Tempuyung sudah dikenal sejak jaman dahulu karena kahasiatnya sebagai peluruh batu ginjal. Tumbuhan ini mengandung flavonoida, kalium, silica, alfalaktuserol, manitol, dan batalaktuserol yang membantu menyembuhkan panas tinggi, peluruh kencing, menghancurkan peluruh gijal, menghempiskan bengkak, radang payudarah, wasir, darah tinggi, dan asam urat. Bagian paling berkhasiat pada tempuyung adalah daunnya. Daun tempuyung rasanya pahit, tapi bersifat mendinginkan.


Khasiat Tempuyung Untuk Asam Urat
Penyakit yang berkaitan dengan asam urat dikenal dalam bahasa medisnya Gout (sejenis rematik). Rematik adalah penyakit yang menyerang sendi (pertemuan tulang) dan jaringan sekitarnya. 


Gout terjadi karena penumpukan kristal asam urat (monosodium urat) yang masuk ke dalam rongga sendi. Padahal seharusnya asam urat yang ikut dalam peredaran darah itu oleh ginjal dapat dikeluarkan dari tubuh melalui air seni. Namun karena kondisi metabolisme tubuh yang kurang normal dan ginjal yang kurang berfungsi, kadar asam urat semakin meningkat.

Asam urat yang beredar dalam darah semakin menumpuk menjadi sampah (lemak jenuh), ada yang nyangkut dan masuk ke dalam rongga sendi. Bila sendi bergerak, kristal-kristal tersebut saling bergesekan sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri yang yang ditimbulkan tentunya sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Persendian utama seperti pergelangan kaki, lutut dan pinggang terasa seperti ditusuk-tusuk. Karenanya tak heran penanggulangan atau pencegahan secara medis maupun non-medis terus dilakukan.





Ramuan Obat Herbal  tempuyung

Cara pembuatan ramuan daun tempuyung untuk mengatasi asam urat:
  • Sebanyak 15-60 g tempuyung segar (daun dan akar) dicuci bersih
  • Direbus dengan 3 gelas air sampai air menjadi setengahnya. 
  • Setelah dingin, disaring
  • Air rebusan tadi dibagi untuk diminum sehari 2 kali.


Cara membuat Ramuan Tempuyung Untuk Menghancurkan Batu ginjal
Bahan:
  • 5 lembar daun tempuyung segar 
  • 5 lembar daun alpukat
  • 5 lembar daun sawi
  • 2 jari gula aren.

Cara:
  • Bahan dicuci bersih sebelum digodok dengan 3 gelar air sampai tersisa 2 1/4 gelas. 
  • Setelah dingin disaring lalu diminum tiga kali, masing-masing 3/4 gelas.


Atau:
  • 5 lembar daun tempuyung, 6 buah jagung muda, 3 jari gula aren, dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya.
  • Kemudian digodok dengan air tiga gelas hingga tersisa 2 1/4 gelas untuk diminum tiga kali sehari, masing-masing 3/4 gelas


Atau dengan resep sederhana:

  • 250 gram daun tempuyung kering ditambah air 250 cc air digodok untuk diminum


Demikian khasiat dan manfaat tempuyung untuk kesehatan serta ramuan tempuyung untuk mengobati asam urat dan penghancur batu ginjal, semoga bermanfaat.
Untuk Refreshing Bisa Nonton video dibawah ini: 

 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 09:00
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.