loading...

Daun Tembakau: Manfaatnya Bukan Sekedar Bahan Pembuat Rokok

Posted by

Manfaat Daun Tembakau Dalam Kehidupan Sehari-hari
Daun Tembakau. Selama ini, daun tembakau lebih identik dengan industri rokok kretek, tiada rokok tanpa daun tembakau. Tetapi sebenarnya daun tembakau masih banyak memiliki manfaat lain selain hanya sekedar dibakar sebagai sebatang rokok. Manfaat tembakau selain untuk rokok sebagian sudah diketahui orang seperti untuk mengobati gigitan lintah dan sebagai obat nyamuk. Tetapi masih ada manfaat tembakau lainnya seperti yang tersebut dibawah ini. 

Tembakau

Tembakau untuk mengatasi gigitan lintah. Membasahi daun tembakau dan mengikatkan pada di sekitar pergelangan kaki sehingga airnya dapat menetes ke bawah kaki dan mengusir lintah. Alternatif lain adalah untuk merendam kaus kaki ke dalam air tembakau selama semalam, biarkan kering dan esoknya dapat digunakan. Lintah tidak suka dengan bau tembakau dan akan ditolak olehnya.

Tembakau sebagai tanaman alternative untuk obat kanker. Ilmuwan, Robert L. Erwin, dalam seminar American Cancer Society untuk penulis sains. Dia adalah presiden Biosource Genetika di Vacaville, California, Sebuah perusahaan yang sedang mengembangkan teknik untuk memproduksi protein manusia pada tanaman. Para ilmuwan memperkenalkan hampir semua gen asing ke dalam tanaman tembakau. Vektor, yang berasal dari virus tembakau yang umum, adalah pertama yang dikombinasikan dengan gen yang berguna, misalnya, salah satu yang mengatur produksi protein untuk manusia interleukin-2, yang sedang digunakan dalam pengobatan kanker.

Tembakau untuk menghasilkan melanin bagi manusia. Biosource yang merupakan perusahaan swasta, kini juga memproduksi melanin manusia, protein yang ditemukan pada kulit dikembangkan dari sel tembakau yang tumbuh di laboratorium. Mereka berencana untuk menggabungkan melanin, yang merupakan pelindung alami tubuh terhadap sengatan matahari, menjadi spons kecil sehingga dapat diaolikasikan untuk tubuh sebagai tabir surya. Perusahaan belum melakukan uji vektor dalam tanaman tembakau ditanam di lapangan terbuka.

Tembakau sebagai obat antiinflamasi dan autoimun. Sekarang para ilmuwan telah berhasil menggunakan tanaman tembakau yang dimodifikasi secara genetik untuk memproduksi obat-obatan untuk beberapa penyakit autoimun dan antiinflamasi, termasuk diabetes. Sebuah tim besar ilmuwan dari beberapa organisasi penelitian Eropa berpartisipasi dalam penelitian sebagai bagian dari proyek Pharma planta. Dipimpin oleh Profesor Mario Pezzotti di Universitas Verona, mereka membuat tanaman tembakau transgenik yang akan menghasilkan zat biologis aktif interleukin-10 (IL-10), sitokin sendiri sebagai antiinflamasi yang kuat. Mereka menggunakan dua versi yang berbeda dari IL-10 dan tanaman yang dihasilkan, di mana protein ini ditargetkan oleh tiga kompartemen yang berbeda dalam sel, untuk melihat mana yang akan bekerja paling efektif.

Tembakau menjadi obat nyamuk. Tembakau dapat berguna menjadi obat nyamuk. Caranya adalah dengan merendam beberapa lembar tembakau dalam satu liter air dan kemudian rendam selama semalam, nikotin yang ada didalam air akan menjadi obat nyamuk.

Tembakau dapat menjadi obat kutu yang ada pada tanaman. Kutu merupakan gangguan nyata pada tanaman di kebun. Berikut tips untuk membuat ramuan penghilang kutu pada tanaman.  Siapkan campuran dalam 1 gelas berisi bubuk bawang putih, kompos, dan tembakau kemudian campuran ini dimasukkan ke dalam tanah di sekitar pangkal tanaman yang penuh kutu.

Tembakau dapat mengusir ulat pada tanaman. Pada tanaman yang kehijauan sering kali membuat larva menyukainya sebagai tempat tinggal. Saat menjadi ulat dapat menghancurkan berbagai tanaman dalam hitungan mingu. Tips untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan campuran tembakau, bubuk pyrethrum (bunga pyrethrum kering hancur menjadi bubuk) dan dapat disemprotkan kepada tanaman.

Tembakau untuk mengatasi hama lipan. Salah satu tips untuk mengatasi lipan pada tanaman adalah dengan membasahi tanah dengan campuran air, bawang putih dan tembakau. Hal yang perlu diperhatikan adalah campuran ini berbau sangat busuk, tetapi sangat ampuh.

Tembakau sebagai pengusir laba-laba. Kadang dikebun ditemukan banyak laba-laba dan berbahaya maka cara mengtasinya adalah dengan merebus 1 galon air dan masukan tembakau ke dalam air, biarkan dingin. Setelah dingin, saring dan dapat digunakan sebagai bahan semprot di sekitar halaman dan di celah-celah rumah.

Tembakau untuk mengurangi bisa gigitan. India percaya bahwa nikotin dalam tembakau akan membantu mengurangi rasa sakit serta membantu menarik keluar racun dan menyembuhkan luka ular. Setelah racun tersedot keluar, daun tembakau dapat dikunyah dan ditempelkan untuk luka pada gigitan dengan perban. Metode ini juga dapat digunakan ketika disengat serangga.

Tembakau untuk sakit pilek dan pasta gigi. Masyarakat India mencampur tembakau dan akar batuk, Leptotaenia multifida. Mereka percaya campuran kedua bahan ini juga akan membantu asma dan TBC. Mereka sendiri biasanya menggunakan daun tembakau untuk membersihkan saluran hidung. Selain itu tembakau dapat dijadikan bubuk dan dapat digosokkan pada gigi untuk membersihkan gigi.

Tembakau untuk mencegah penyakit pada daerah wabah. Daun tembakau ditemukan oleh para ilmuwan untuk memproduksi obat-obatan dalam mengobati penyakit autoimun dan antiinflamasi, termasuk diabetes, HIV, dan kanker. Daun dari tanaman tembakau adalah tempat penyimpanan utama untuk protein. Oleh karena itu, pengolahan dan pemurnian harus dimulai segera setelah panen. Ekstrak protein yang diinginkan sendiri masih mahal dan memakan waktu yang panjang. Tembakau mengandung alkaloid beracun yang harus dihapus sebelum protein ini diberikan sebagai obat.
Obat terbaru yang terbuat dari daun tembakau hijau menjadi eksperimental anti Ebola ditemukan oleh dua dokter Amerika yang dikembangkan melalui aliansi unik antara militer AS, para ilmuwan swasta, dan Reynolds Amerika Inc. Lembaga militer bidang penelitian dan pengujian telah pengembangan vaksin, yang saat ini dalam tahap uji klinis, untuk melindungi tentara dari ancaman biologis termasuk Anthrax, botulisme, Plague, Ebola, Hantavirus, dan racun Risin.

Daerah-daerah Penghasil Tembakau Terbesar di Indonesia


Kabupaten Temanggung. Tembakau tak pernah lepas dari kota kecil di jawa tengah yaitu Temanggung. Berada di dataran tinggi dengan letak geografis yang membentang dari lereng Gunung Sumbing sampai Gunung Sindoro, menjadikan Temanggung sebagai ‘surga’ tembakau. Tembakau Srintil, merupakan primadona utama dari Temanggung. Beberapa penikmat rokok kretek menyebut, rokok tanpa tembakau dari Temanggung ini tidak akan menjadi rokok yang mantap dan berkualitas.


Deli. Sejak era kolonial, Deli telah dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau terbaik dunia. Karl J. Pelzer, penulis buku Toean Keboen dan Petani: Politik Kolonial dan Perjuangan Agraria (1976), menyebut Deli sebagai ’Dollar Land’. Perpaduan antara benih, iklim dan jenis tanah di daerah Deli menghasilkan tembakau dengan aroma serta cita rasa yang sedap dan gurih. Tembakau Deli juga cocok dipakai sebagai pembungkus cerutu. Di pasar tembakau Eropa, tembakau deli dibanrol EUR 150 per kilogram.


Lombok. Lombok merupakan wilayah yang sangat subur untuk pertanian tembakau. Pada musim tertentu, lahan persawahan di sana akan tampak hijau oleh daun-daun tembakau. Jenis tembakau senang, merupakan salah satu dari jenis tembakau Lombok yang paling digemari dan dicari oleh para pencita rokok kretek. Tembakau beraroma harum dan memiliki warna kuning gading jika telah kering itu tumbuh subur di Dusun Senang, Desa Suntalangu, Lombok Timur.


Kabupaten Jember. Jember cukup terkenal sebagai salah satu daerah penghasil utama tembakau di Indonesia. Jenis tembakau yang banyak ditanam di wilayah ini adalah tembakau Besuki na-oogst. Selai karena aromanya yang khas, tembakau jenis ini terkenal karena elastisnya sehingga sangat pas untuk menjadi bungkus cerutu. Hal itu yang membuat tembakau ini terkenal di pasar internasional.


Madura. Kabupaten Pamekasan adalah salah satu daerah penghasil tembakau terbesar di Madura, dengan luas lahan mencapai 31.251 hektare (tersebar di 13 kecamatan). Sebagian besar tembakau madura diserap oleh pabrik rokok sebagai bahan baku utama rokok maupun sebagai racikan atau campuran kretek. Madura juga terkenal dengan tembakau campalok. Keberadaan tembakau ini cukup langka. Sebab lahan tanam tembakau Campalok hanya terdiri atas dua petak berbentuk huruf U, dan cuma menghasilkan 7 kilogram tembakau setiap musimnya. Lahan tersebut berada di di dusun Jembengan, Desa Bakeong, Kecamatan Guluk-guluk, Sumenep, Madura.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:20
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.