loading...

Daun Johar : Manfaatnya Untuk Pengobatan dan Penangkal Radikal Bebas

Posted by

Beberapa manfaat dari daun johar untuk Pengobatan:

Daun Johar


Mengobati Penyakit Malaria. Manfaat daun johar yang paling populer adalah sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat mengobati malaria. Malaria merupakan salah sat jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus yang disebarkan oleh nyamuk bernama nyamuk anopheles.
Untuk memperoleh khasiat dari daun johar dalam mengobati malaria, anda dapat mencoba resep berikut ini :
  • Siapkan daun johar kira-kira 1 – 2 genggam
  • Cuci bersih daun johar tersebut
  • Rebus daun johar hingga mendidih, bersama dengan kira-kira 200 – 25- ml air
  • Minum air hasil rebusan dari daun johar tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari
Cocok untuk obat penderita diabetes. Daun johar ternyata juga memilki manfaat yang sangat baik untuk penderita diabetes. Daun johar mampu untuk mengontrol kadar insulin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah gejala dari penyakit diabetes yang dialami oleh penderitanya.Kencing manis merupakan salah satu gejala yang muncul karena penyakit diabetes. Dengan memanfaatkan daun johar, maka anda akan terhindar dari gejala kencng manis ini. Bagaimana mengolah daun johar untuk mengobati kencing manis? Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengobati kencing manis dengan menggunakan daun johar :
  • Ambilah segenggam daun johar, lalu kemudian cuci bersih
  • Rebus daun johar hingga mendidih dengan satu gelas air
  • Tunggu hingga airnya berkurang sedikit, setelah itu saring
  • Minum air hasil rebusan tersebut 2 kali dalam sehari
Daun Johar Untuk Mencegah kerusakan hati. Dengan menggunakan cara yang sama seperti ketika anda mengolah daun johar untuk obat malaria dan juga kencing manis. Anda dapat memperoleh manfaat baik lainnya dari daun johar, yaitu untuk mencegah kerusakan hati. Senyawa kimia yang terkandung dalam daun johar mampu mencegah kerusakan jaringan hati akibat racun di dalam tubuh.

Kandungan Flavonoid dalam daun johar Untuk Menangkal Radikal Bebas. Manfaat lainnya dari daun johar, selain untuk kesehatan hati dan mengobati berbagai macam penyakit tak lepas dari kandungan flavonoid yang terkandung di dalam daun johar ini. Kandungan flavonoid ini ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Flavonoid yang terkandung di dalam manfaat daun johar merupakan salah satu zat antioksidan alami yang sangat baik bagi tubuh kita. Zat antioksidan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan, seperti gangguan pernapasan, hingga dapat menyebabkan kanker.

Untuk Terapi dan Mencegah berbagai macam penyakit kronis. Merupakan efek lanjutan dari kandungan flavonoid yang terkandung pada daun johar. Flavonoid memilki manfaat yang sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis yang menyerang tubuh. Penyakit kronis ini dapat dicegah karena kandungan antioksidan pada flavonoid. Berikut ini beberapa jenis penyakit kronis yang dapat dicegah oleh flavonoid yang terkandung dalam daun johar antara lain Kanker, TBC, Tumor, Diabetes, Stroke.
Daun Johar Sebagai Anti virus dan juga anti inflamasi. Manfaat lainnya dari flavonoid yang terkandung dalam daun johar adalah sebagai salah satu zat alami yang bersifat anti virus dan anti inflamasi. Ini artinya daun johar dapat anda manfaatkan untuk membunuh kuman serta virus yang menyerang tubuh anda. Selain itu, hal tersebut dapat menyembuhkan peradangan yang menyerang anda.

Mencegah penggumpalan trombosit. Flavonoid pada daun johar juga memilki manfaat yang sangat baik untuk menekan terjadinya penggumpalan pada trombosit. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada proses pembekuan darah, yang dapat langsung berpengaruh pada proses penyembuhan luka pada tubuh anda. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mencegah kurangnya jumlah trombosit di dalam tubuh anda.
Flavonoid juga memilki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Dengan meningkatnya kekebalan dan juga daya tahan tubuh, maka akan lebih sulit untuk terserang berbagai macam penyakit. Hal ini dapat menyebabkan akan selalu merasa sehat dan juga bugar setiap saat.

Menjaga Kesehatan Jantung Karena Daun Johar Mampu Mencegah penyempitan pembuluh darah arteri. Manfaat lainnya dan juga penting dari kandungan flavonoid yang ada pada daun johar adalah mampu untuk mencegah terjadinya penyemitan pembuluh darah di dalam tubuh. Penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh dapat berakibat sangat buruk, antara lain serangan jantung, stroke,berkurangnya suplai oksigen ke otak.

Mengenal Pohon Johar

Johar sering ditanam dalam sistem pertanaman campuran (agroforestri), baik sebagai tanaman sela, tanaman tepi atau penghalang angin. Pohon ini acap ditanam sebagai penaung di perkebunan-perkebunan teh, kopi atau kakao. Akan tetapi perakarannya yang luas dapat berpotensi sebagai pesaing tanaman utama dalam perolehan unsur hara dan air, sehingga penanamannya harus dilakukan dengan hati-hati. Sekarang johar juga kerap ditanam sebagai pohon peneduh tepi jalan dan pohon hias di taman-taman, bahkan juga untuk merehabilitasi lahan pertambangan.

Menurut wikipedia.org, Kayu johar termasuk ke dalam kayu keras dan cukup berat (B.J. 0,6—1,01 pada kadar air 15%). Gubalnya berwarna keputihan, jelas terbedakan dari kayu terasnya yang coklat gelap hingga kehitaman, berbelang-belang kekuningan. Kayu terasnya sangat awet (kelas awet I), sedangkan gubalnya lekas rusak dimakan serangga. Kayu johar juga tergolong kuat (kelas kuat I atau II), sehingga disukai dalam pembuatan jembatan dan tiang bangunan. Warna dan motifnya yang indah menjadikan kayu ini digemari dalam pembuatan mebel dan panel dekoratif; sayangnya kayu johar tergolong sukar dikerjakan karena kekerasannya.

Johar menghasilkan kayu bakar yang baik, meskipun banyak mengeluarkan asap. Nilai kalorinya sebesar 4500-4600 Kkal/kg, sehingga kayu ini juga baik dijadikan arang. Pada masa silam, johar dimasukkan dan ditanam secara luas di Afrika untuk diperdagangkan kayunya.

Daun-daun johar, bunga dan polongnya yang muda dapat dijadikan pakan ternak ruminansia, namun kandungan alkaloida di dalamnya terbukti toksik (beracun) bagi non-ruminansia seperti babi dan unggas. Akan tetapi setelah melalui perebusan dan penggantian airnya beberapa kali, daun-daun johar yang muda dan bunganya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran dalam masakan lokal di Thailand dan Srilanka.

Johar juga menghasilkan zat penyamak dari pepagan, daun dan buahnya. Simplisia yang digunakan untuk obat berupa daun, kulit akar, dan biji. Akarnya digunakan untuk mengobati cacingan dan sawan pada anak-anak. Kayu terasnya berkhasiat sebagai pencahar, dan rebusannya digunakan untuk mengobati kudis di Kamboja. Sementara di Jawa Tengah, teh johar yang dihasilkan dari rebusan daunnya dipakai sebagai obat malaria. 

Daun-daun dan bagian tumbuhan lainnya dari johar mengandung senyawa-senyawa kimia seperti antrakinona, antrona, flavona, serta aneka triterpenoida dan alkaloida, termasuk pula kasiadimina (cassiadimine). Kulit akar mengandung lupeol, betalin, dan, diantrakinon. Bijinya mengandung lemak dan sitosterin. (sumber:id.wikipedia.org)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:00
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.