loading...

Cegukan: Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah dan Benar

Posted by

Cara Mengatasi Cegukan Yang Tepat
Cegukan.
Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya cegukan, kadang cegukan yang dialami seseorang bisa berlangsung lama dan kadang juga hanya sebentar. Jika cegukan ini berlangsung lama maka tentu saja akan sangat mengganggu dan membuat diri merasa sangat tidak nyaman. Cegukan merupakan kondisi yang lumrah terjadi pada setiap orang, namun tak jarang menimbulkan rasa tidak nyaman terutama jika berlangsung dalam waktu lama. 



Sebagian besar cegukan berlangsung singkat atau hanya beberapa menit. Hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Cegukan singkat ini diduga terpicu oleh beberapa hal, di antaranya akibat:
  • Minuman panas
  • Minuman bersoda
  • Minuman beralkohol
  • Mengonsumsi makanan pedas
  • Makan terlalu cepat
  • Merokok
  • Stres, takut, atau gembira
  • Perut yang kembung
Namun dalam beberapa kasus, cegukan juga ada yang bisa berlangsung lama, yaitu lebih dari dua hari. Biasanya cegukan seperti ini disebabkan oleh masalah kesehatan atau kondisi-kondisi yang mendasari, seperti:
  • Gangguan metabolisme, seperti hipoglikemia, hiperglikemia, dan diabetes.
  • Gangguan saraf vagus, misalnya akibat meningitis, faringitis, dan penyakit gondok.
  • Gangguan sistem saraf, seperti cedera berat pada otak, radang jaringan otak atau ensefalitis, tumor, dan stroke.
  • Gangguan pernapasan, seperti penyakit pleuritis, pneumonia, dan asma.
  • Reaksi psikologi, seperti stres, gembira, sedih, takut, atau syok.
  • Gangguan pencernaan, seperti obstruksi usus, radang usus, dan penyakit refluks gastroesofagus (GERD).
Seperti dikutip dari Mirror, cegukan terjadi ketika seseorang gagal menarik napas dengan sempurna. Biasanya terjadi ketika kita minum terlalu cepat atau mencoba makan dan bernapas di waktu yang bersamaan.

Kondisi tersebut menyebabkan otot diafragma dan dada berkontraksi, memicu penghirupan yang tak terkontrol. Udara yang dihirup tidak bisa mencapai paru-paru seperti yang terjadi pada pernapasan biasa akibat terjadinya kekejangan otot ringan.

Kejang otot tersebut menutup batang tenggorokan, dan akhirnya menimbulkan suara seperti mencicit yang biasa disebut dengan cegukan. Meskipun tak berbahaya, namun menimbulkan ketidaknyamanan terutama jika Anda harus presentasi saat meeting di depan kolega kerja atau sedang berdiskusi serius.

Ada beberapa cara yang dipercaya bisa mengilangkan cegukan, mulai dari minum banyak air putih hingga dikagetkan dengan sengaja oleh orang lain. Cara-cara tersebut tidak bisa dibilang tepat, namun juga tidak bisa disebut keliru.

Seperti halnya bersin, cegukan termasuk gerakan refleks tubuh sehingga tidak bisa dengan mudah dikontrol. Menurut penulis buku The Science of Everyday Life, Profesor Len Fisher, cara yang sudah terbukti secara ilmiah menghilangkan cegukan adalah dengan menahan napas.

Cobalah tahan napas Anda selama beberapa detik, cara tersebut akan meningkatkan karbon dioksida pada saluran pernapasan sementara waktu. Karbon dioksida diketahui membantu mengatur napas agar lebih teratur. Bisa juga dengan meminum beberapa teguk air sambil menahan napas.

Jika tidak juga hilang dan cegukan berlangsung terus menerus, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Cegukan akut bisa menjadi tanda adanya penyakit, misalnya tumor pada leher atau laringitis (peradangan pada pita suara).


Sumber:
http://wolipop.detik.com 
http://www.alodokter.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:14
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.