loading...

Cara Tepat Menanam Bunga Flamboyan Agar Selalu Rimbun Bunganya

Posted by

Bunga Flamboyan. Bunga flamboyan yang tumbuh dihalaman.......dan seterusnya, adalah salah satu lirik lagu terkenal pada jaman dahulu dan tergolong lagu yang evergreen alias selalu dikenal dan dikenang. Flamboyan..bergururan..berjatuhan ..berserakan. Memang bunga flamboyan erkenal dengan bunganya yang sangat rimbun sehingga jika saat musimnya berbunga seolah-olah bunganya yang rontok akan menjadi "sampah" dihalaman, sampah yang penuh warna, berserakan.



Menanam pohon flamboyan sangat mudah, karena tanaman ini memang termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh dimana saja, termasuk di halaman rumah tentu saja. Berikut cara mudah menanam dan membudidayakan bunga Flamboyan.

Menyiapkan bibit pohon flamboyan
Pembibitan flamboyan dilakukan melalui biji. Tanam biji flamboyan yang sudah tua dan dijemur dibawah terik matahari sampai kering total. Selanjutnya setelah disimpan kurang lebih 3-4 minggu kemudian disemai pada media tanam dari campuran tanah dan kompos/pupuk kandang (1:1). Semaikan dan rawat dengan baik sampai bibit setinggi 1 m baru bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen. 

Penyiapan media tanam dan Penanaman
Setelah itu maka bibit siap ditanam di media tanam yang sama seperti cara pengolahan media semai tadi. Buat lubang dengan kedalaman minimal 50 cm dan tanam dengan arah tegak lurus agar tanaman tumbuh dengan baik. Selanjutnya timbun kembali dan padatkan dengan tangan agar kuat. Selanjutnya siram secara rutin saat awal masa tumbuhnya. 


Pemupukan, Penyiraman, Penyiangan dan Perawatan Sederhana
Perawatan dilakukan seperlunya saja, hanya dengan menyirami, menyiangi dan melakukan pemupukan saja. Berikan pupuk untuk menyuburkan tanah secara berkala 2,5-3 bulan sekali. Bahkan bila tidak dipupuk sekalipun flamboyan akan tetap tumbuh baik dan berbunga indah namun tidak lebat.

Nah, tunggu apalagi segera cari bibit flamboyan dan nikmati rimbunnya bunga flamboyan di halaman rumah anda.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 03:36
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.