loading...

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Daging Ikan Air Tawar dan Air Laut

Posted by

Daging Ikan. Daging ikan adalah jenis daging yang berasal dari hewan air, bisa air tawar maupun air laut. Daging ikan ini sudah lama diolah menjadi makanan lezat dengan citarasanya yang khas. Bahkan sebagian banyak juga yang dimakan mentah seperti fillet ikan salmon yang menjadi makanan daging ikan mentah favorit terutama di negara Jepang.

Daging Ikan

Daging ikan salmon yang dikonsumsi mentah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, untuk stamina dan kesehatan karena kandungan nutrisi dalam daging salmon yang tergolong sangat lengkap seperti omega 3 dan lain-lain. Dengan dikonsumsi secara mentah, diharapkan kandungan nutrisi dalam daging salmon tidak berkurang baik secara kualitas maupun jumlahnya jika dibandingkan dengan daging salmon yang dimasak terlebih dahulu.

Terdapat satu masalah klasik yang cukup mengganggu saat akan mengolah daging ikan yaitu bau amis yang kadang susah hilang sehingga perlu cara-cara khusus untuk mengolah dagingikan agar rasa amisnya berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Berikut cara menghilangkan bau amis pada daging ikan:
  • Untuk mengolah ikan utuh, cara membersihkannya adalah sebagai berikut, potong kepalanya dan ambilah kotoran ikan yang ada pada bagian depan.
  • Belah dan ambil garis berwarna hitam pada bagian tersebut, hilangkan dan bersihkan bagian yang berwarna hitam-hitam tersebut.
  • Cuci bersih ikan dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan garam sampai kebagian sebelah dalam perut ikan.
  • Setelah bersih gunakan tisu dapur untuk mengeringkan ikan sampai benar-benar bersih
  • Siapkan pisau dapur dan cucilah pisau tersebut dengan air garam.
  • Taburi kedua sisi ikan dengan garam dan diamkan selama beberapa meneit (lebih kurang 10 menit). Tunggu sampai terlihat minyak ikan keluar dan serap atau isaplah dengan menggunakan tisu dapur, karena minyak ikan ini juga memegang peranan dalam menyebabkan bau amis pada ikan.
  • Selanjutnya ikan siap diolah jadi masakan apa saja dan tentunya tanpa rasa atau bau amis
Demikian cara sederhana mengolah ikan agar bau amisnya hilang. Terkadang untuk menghilangkan bau amis juga bisa diberikan jeruk nipis atau dengan sepotong jahe yang dimemarkan dan dimasukkan kedalam masakan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 04:25
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.