loading...

Cara Menanam dan Merawat Rumput Mutiara dan Rumput Gajah Mini Sebagai Rumput Penghias Taman

Posted by

Cara Tanam Rumput Mutiara dan Rumput Gajah Mini

Rumput Mutiara. Sekilas rumput mutiara mirip dengan rumput gajah mini, tapi bila anda memperhatikan dengan lebih detil maka akan anda lihat perbedaannya. Warna daun pada bagian pinggir hijau tua sedangkan bagian tengah cenderung muda, berbeda dengan rumput gajah mini yang cenderung satu warna yakni hijau tua merata.




Selain itu juga urat daun terlihat jelas berwarna putih sehingga dari jauh ada kesan garis yang menambah indah karakter rumput sebagai ground cover taman anda. Dilihat dari harganya rumput mutiara, sedikit lebih mahal dibanding dengan rumput gajah mini.

Sebenarnya menanam rumput bukanlah hal yang sulit. Anda bisa mengerjakan sendiri tanpa harus mengeluarkan dana untuk membayar tukang taman.

Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menanam dan merawat rumput Anda:

1. Gantilah tanah Anda sedalam 20 cm dengan tanah subur, apabila tanah Anda berupa tanah urugan material atau tanah keras.

2. Tanah subur digemburkan menggunakan garpu atau sekop kecil sehingga tanah menjadi terpisah-pisah dan tidak keras.
3. Sebarkan pupuk organik di atas tanah yang sudah digemburkan tadi dan diamkan selama 1-2 hari sebelum ditanam, agar efek panas pupuk sudah hilang.
4. Buatlah lubang-lubang kecil untuk meletakkan rumput yang sebelumnya sudah dibelah, apabila Anda ingin dalam waktu 1 bulan seluruh tanam anda bisa tertutup dengan rapat, maka jarak antar rumput kira-kira seukuran jari anda.
5. Sebaiknya rumput ditanam pada sore hari sehingga akan mengurangi penguapan yang ditimbulkan oleh panas matahari, sehingga rumput tidak menjadi kering.
6. Setelah semua rumput tertanam sebarkan pasir untuk membuat permukaan rumput menjadi rata.
7. Lakukan penyiraman di awal penanaman tiga kali dalam satu hari, pagi hari sebelum jam 7 pagi, kemudian tengah hari dan sore hari setelah jam 3 sore.
8. Rumput harus terpapar sinar matahari secara langsung karena penting untuk proses fotosintesa, rumput yang terlindung dari sinar pertumbuhannya menjadi terhambat.
9. Musuh pertumbuhan rumput adalah rumput liar atau tanaman kecil yang menjadi gulma tanaman rumput, gulma ini harus secara rutin dicabuti karena akan merebut makanan rumput sehingga pertumbuhan menjadi terganggu.


Cara dan Teknik   penanaman rumput Mutiara dan Gajah Mini

1. MEMILIH RUMPUT
Pilih rumput yang berwarna hijau segar. Warna hijau yang merata menandakan rumput tumbuh subur. ini akan mempercepat adaptasi ditempat baru. Rumput yg didapatkan dari penjual pinggir jalan biasanya berupa lempengan atau lapisan tanah berbentuk kotak atau bulatan yg ditumbuhi dengan jenis rumput. Segera lakukan penanaman agar rumput tidak layu.

2. PENGOLAHAN TANAH
Gemburkan tanah agar hara pada lapisan tanah terangkat dan air lebih meresap. Ratakan tanah sesuai dengan kontur tanah yang diinginkan. Kemudian bersihkan tanah dari puing atau batu serta rumput liar yg dpt mengganggu rumput hias nantinya.

3. BERIKAN PUPUK
Tanah yg subur mempunyai peranan penting dalam mempercepat pertumbuhan rumput. Pupuk yg diberikan dapat berupa pupuk kompos atau pupuk kandang. Untuk luasan 5 x 5 m s/d 10 x10 m dapat diberi pupuk kandang atau kompos sebanyak 25 kg. Pupuk kandang usahakan yg sudah benar-benar matang dan halus, karena dapat mencegah adanya bibit rumput liar pd pupuk. perbandingan pupuk dengan tanah adalah 1 : 1.

4. PENANAMAN
Cara tanam yg baik bisa dilakukan dengan rapi, tersusun seperti papan catur atau lempengan untuk rumput gajah mini. Bila menginginkan pertumbuhan yang baik maka rumput diberi jarak antara 2-4 cm sehingga pertumbuhan tidak berdesakan dan menyembul tdk rata. Namun penanaman bisa dilakukan secara rapat untuk mencegah adanya pengikisan tanah biasanya pada lereng atau kontur yg miring.

5. PEMBERIAN PASIR
Untuk menambah daya serap air, dapat diberikan pasir pada sela-sela tanah yg masih terlihat diantara rumput yg ditanam. Pasir yg diberikan usahakan jangan terlalu banyak dan jgn menutupi rumput. Pasir yg baik digunakan adalah pasir putih dari pantai. Jika memang sulit didapat, bisa juga diganti dengan tanah halus.

6. PENYIRAMAN
Siramlah rumput tanpa menimbulkan genangan air, karena dapat menyebabkan rumput menjadi busuk. Untuk perawatan, penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari.

7. JANGAN INJAK RUMPUT
Rumput yg baru ditanam usahakan jangan sampai terinjak hingga rumput benar-benar terlihat bisa hidup ditempat yg baru. Menginjak rumput dalam keadaan hujan juga bisa merusak rumput dan tanah.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 08:14
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.