loading...

Cara Membedakan dan Memilih Kelinci Jantan dan Betina Dengan Mudah

Posted by

Teknik dan Cara Membedakan dan Memilih Kelinci Jantan dan Betina

Kelinci

Kelinci Jantan dan Betina.  Salah satu kemampuan utama yang harus dimiliki seseorang yang ingin menjadi peternak kelinci salah satunya adalah mampu memilih jenis kelamin kelinci. Kemampuan memilih jenis kelamin kelinci ini sangat penting agar perbandingan jantan dan betina saat kita memelihara kelinci bisa seimbang dan sesuai cara pembudidayaan yang baik dan benar.

Biasanya saat pertama membeli kelinci kita percaya saja pada penjualnya bahwa yang mereka bilang kelinci Jantan berarti memang jantan dan yang betina artinya memang kelinci itu betina. Dan kalau kita mau sebenarnya kebanyakan pedagang kelinci juga tidak keberatan menunjukkan cara membedakan kelinci jantan dan betina. Mereka akan dengan senang hati menunjukkan perbedaan jenis kelamin kelinci tersebut dengan menunjukkan bagian organ seksual kelinci, yang penting kita jadi membeli dagangan kelincinya.

Sedangkan jika kita ingin melakukan pemeriksaan sendiripun tidak masalah, karena caranya cukup mudah. Pada anak kelinci yang baru berumur 2 minggu, jenis kelamin dapat dilakukan dengan meraba dan memeriksa tonjolan pada alat kelaminnya.

Anak kelinci jantan memiliki tonjolan panjang dan bulat dengan lekuk bulat di bagian tengahnya. Anak kelinci betina tonjolannya lebih pendek dan ditengahnya terdapat celah (vulva) memenjang. Pada kelinci yang berumur 2 bulan atau lebih, bentuk perbedaan alat kelamin ini tampak dengan jelas. Organ seksual jantan (penis) tampak di sebelah anus berbentuk silinder panjang.

Ciri Kelinci dengan Jenis Kelamin BETINA

Ciri Kelinci dengan Jenis Kelamin JANTAN


Pada kelinci yang sudah dewasa selain pelir juga dapat dilihat testis (kantong pelir) berwarna merah muda yang terletak di samping penis. Organ seksual kelinci betina (vagina) tampak berbentuk celah yang memiliki pembuluh darah yang telihat bergaris pada bagian dalam celah.

Sebaiknya kelinci mulai dipisahkan antara jantan dan betina saat berumur 2 bulan, karena pada umur tersebut birahi kelinci mulai muncul. Pemisahan ini bertujuan agar pembudidayaan kelinci sesuai dengan teknik perbandingan yang tepat antara kelinci jantan dan betina, juga agar kelinci-kelinci jantan yang tidak diperlukan bisa langsung dijual sehingga tidak membebani biaya pakan.

Dengan berlatih beberapa kali maka keahlian membedakan dan memilih kelinci jantan dan betina akan segera dikuasai dengan mudah. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:07
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.