loading...

Cara Membedakan dan Memilih Burung Puyuh Jantan dan Betina Dengan Mudah

Posted by

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina
Burung Puyuh. Jika sebelumnya di agrobisnisinfo.com sudah dimuat panduan singkat tetapi lengkap tentang budidaya burung puyuh, berikut masih tentang burung puyuh hanya dikhususkan pada cara membedakan atau memilih burung puyuh berdasarkan jenis kelamin jantan atau betina. Untuk melakukan budidaya burung puyuh yang akan diambil telurnya, tentunya kemampuan membedakan burung puyuh jantan dan betina harus dan wajib dikuasai peternak burung puyuh agar tidak sia-sia memelihara burung puyuh jantan yang tidak akan mungkin bertelur dan hanya akan menghabiskan pakan saja. Burung puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang jauh, ukuran tubuh relatif kecil, berkaki pendek, dan dapat diadu.

Burung puyuh disebut juga gemak (jawa) atau quail (asing), merupakan bangsa burung (liar) yang pertama kali diternakkan di Amerika Serikat tahun 1870 dan terus dikembangkan ke penjuru dunia.
Sedangkan di Indonesia burung puyuh mulai dikenal dan diternakkan sejak akhir 1979. Kini mulai bermunculan di kandang-kandang ternak yang ada di Indonesia (Lampung Post, 2003).

Klasifikasi burung puyuh menurut Redaksi Agromedia (2002) adalah sebagai berikut:
Kelas               : Aves (Bangsa burung)
Ordo                : Galiformes
Sub Ordo        : Phasianoidae
Famili              : Phasianidae
Sub Famili       : Phasianidae
Genus              : Coturnix
Spesies            : Coturnix-coturnix japonica

Kelebihan ternak burung puyuh dibandingkan dengan ternak unggas lainnya menurut Sutoyo (1989) yaitu : Ternak burung puyuh sangat mudah pemeliharaannya, tidak banyak memerlukan tenaga dan biaya yang banyak/besar. Tidak banyak menyita tempat, dapat menampung anak burung puyuh 100 ekor/m2 berumur 1-10 hari dan 60 ekor/m2 untuk burung puyuh berumur di atas 10 hari. Cepat bertelur, sehingga kebutuhan telur keluarga cepat terpenuhi.

Ciri-ciri burung puyuh (Coturnix-coturnix japonica) adalah bentuk badannya relatif lebih besar dari jenis burung- burung puyuh lainya. Panjang badannya 19 cm, badannya bulat, ekor pendek, dan kuat, jari kaki empat buah, warna bulu coklat kehitaman, alis betina agak putih sedang panggul dan dada bergaris (Nugroho dan Mayun, 1986).

Burung puyuh jenis Coturnix-coturnix japonica lazim diternakkan oleh peternak yang menghendaki produksi telur yang tinggi. Burung puyuh ini mampu menghasilkan sebanyak 250-300 butir telur/tahun dengan periode bertelur selama 9-12 bulan. Burung puyuh betinanya mulai bertelur pada umur 35 hari. Dengan ciri khas perbedaan jantan dan betina terdapat pada warna, suara dan berat tubunya.

Burung puyuh betina pada bulu leher dan dada bagian atas warnanya lebih terang serta terdapat totol-totol cokelat tua bagian leher sampai dada, sedangkan burung puyuh jantan bulu dadanya polos berwarna cinnamon (cokelat muda). Suara burung puyuh jantan lebih besar dibandingkan burung puyuh betina sebaliknya bobot burung puyuh betina lebih berat daripada burung puyuh jantan (Nugroho dan Mayun, 1982).

Tabel Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina.
HAL YANG DIAMATI
JANTAN
BETINA
Kepala/Muka
Berwarna coklat gelap
dan rahang bawah gelap
Berwarna coklat terang
dan rahang bawah putih
Bulu Dada
Kuning
Terdapat bercak hitam
atau coklat
Dubur atau anus
Terdapat benjolan
berwarna merah diatas
dubur jika ditekan akan
mengeluarkan
busa berwarna putih
Tidak terdapat benjolan
Suara
Cekeker
Cekikik
Sumber : Sugiharto (2005).


Jadi cara mudah untuk membedakan burung puyuh jantan dan betina adalah dengan melihat ciri-ciri fisik yang tampak berbeda pada puyuh jantan dan betina (lihat foto). Mungkin awalnya agak sedikit kesulitan tetapi yakinlah lama kelamaan jika sudah terbiasa akan sangat mudah membedakan jenis burung puyuh jantan dan betina dengan melihat ciri fisiknya tersebut. Untuk lebih tepat lagi dengan jalan melihat dubur atau anus burung,  Pada anus puyuh jantan terdapat benjolan berwarna merah diatas dubur jika ditekan akan mengeluarkan busa berwarna putih sedangkan pada puyuh betina tidak ada benjolan pada anus. Selama mencoba membedakan dan memilih puyuh jantan dan betina semoga sukses.


Referensi:
www. ilmuternak.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:00
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.