loading...

Bunga Sepatu: Manfaat dan Cara Membuat Obat Herbal dengan Kembang Sepatu

Posted by

Manfaat Bunga / Kembang Sepatu Untuk Kesehatan
Bunga Sepatu. Bunga ini juga populer dengan sebutan Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis) adalah bunga yang mudah sekali tumbuh dan mudah dikembangbiakkan karena sifatnya yang mudah berdaptasi dengan lingkungannya. Cara tercepat mengembangkan atau menanam bunga sepatu atau kembang sepatu ini adalah dengan cara stek batang, caranya ambil batang tanaman bunga sepatu yang sudah tua atau agak tua dengan panjang sekitar 20 - 30 cm, tanam dimedia tanam yang gembur dan sirami secara rutin, maka batang tanaman ini akan mudah tumbuh dan bertunas. Warna Kembang Sepatu sebenarnya tidak hanya merah tetapi ada warna Oranye, Putih dan Kuning.

Adakah manfaat Kembang Sepatu selain untuk tanaman penghias pekarangan dengan warna bunganya yang mencolok dan berwarna-warni? Ternyata banyak manfaat Bunga Sepatu yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan, berikut diantaranya:

Bunga Sepatu

Mencegah jerawat
Karena mengandung antioksidan dalam bentuk vitamin C yang cukup tinggi, bunga sepatu bisa dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah jerawat. Untuk mendapatkan efek anti-jerawat dari bunga sepatu, Anda bisa membuat minyak bunga sepatu dengan resep di bawah ini.
Bahan:
-5 kuntum bunga sepatu merah
-5 lembar daun bunga sepatu
-230 ml minyak zaitun/canola
Cara membuat:
-Tumbuk bunga dan daun sepatu sebentar (tak perlu sampai halus). Kemudian masukkan ke dalam panci.
-Tambahkan minyak dan aduk rata. Kemudian panaskan di atas api kecil sampai panas.
-Angkat panci dari kompor. Biarkan campuran minyak sedikit dingin, kemudian saring.
Oleskan minyak ini pada kulit yang berjerawat secara teratur. Gunakan bola kapas atau cotton bud untuk aplikasi topikal.

Obat Sakit Panas
Biasanya, anak-anak sering terkena sakit panas gara-gara kehujanan, makan es atau jajan sembarangan. Tidak perlu menggunakan obat dokter untuk penyakit-penyakit seperti ini karena justru akan membuat kekebalan tubuh si anak menurun. Ambil saja akar dari tanaman kembang sepatu, cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus. Rebus dalam air mendidih selama 30 menit, kemudian saring. Minum airnya sekaligus.

Mengobati Batuk dan Sariawan
Selain dapat meredakan sakit panas anak, tanaman kembang sepatu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk dan sariawan. Ambil daun kembang sepatu secukupnya, cuci bersih kemudian rebus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring airnya kemudian diminum.

Mengobati Bronkhitis
Bronkhitis merupakan peradangan pada bronchus yang menyebabkan terganggunya kinerja saluran pernapasan ke paru-paru. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan bunga dari kembang sepatu. Caranya, rebus bunga sepatu secukupnya selama 15 menit. Saring airnya, alu diminum.

Obat Penyakit Gonorrhea
Gonorrhea biasa juga disebut sebagai penyakit kencing nanah. Ini merupakan penyakit berbahaya yang harus cepat diatasi. Cuci bersih bunga kembang sepatu secukupnya, lalu direbus selama seperempat jam. Saring airnya dan biarkan semalaman. Di tempat saya istilahnya diembunkan. Esok paginya minum ramuan tersebut.

Obat Sakit Kepala
Rebus daun kembang sepatu selama setengah jam, kemudian airnya digunakan sebagai kompres. Bisa juga digunakan dengan cara diminum.

Mengobati Gondokan
Gondok atau gondokan adalah penyakit akibat pembesaran kelenjar tiiroid. Letaknya di leher bagian bawah jakun atau laring. Untuk mengatasinya gunakan akar kembang sepatu yang direbus dalam air mendidih selama setengah jam. Gunakan sebagai obat kompres.



Mencegah penuaan dini

Minyak bunga sepatu yang sudah Anda siapkan ini bisa dimanfaatkan pula untuk perawatan anti penuaan. Sebab emollient dan vitamin C di dalamnya berperan untuk menjaga keremajaan sel-sel kulit.
Oleskan sedikit minyak bunga sepatu pada wajah yang sudah dibersihkan. Lakukan pemijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah sekaligus membantu peresapan minyak ke dalam pori-pori kulit.

Mengangkat sel kulit mati

Bunga sepatu ternyata juga mengandung Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa memanfaatkan bunga ini untuk scrub tubuh.
Ambil segenggam bunga sepatu merah atau putih. Tumbuk sebentar (jangan sampai terlalu halus), kemudian gunakan untuk scrub. Gosokkan ke kulit dalam gerakan melingkar. Setelah itu bilas tubuh hingga bersih.

Masker rambut
Nutrisi dari kelopak bunga sepatu yang dijadikan masker dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan karenanya dapat mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu efek anti penuaan dini pada bunga sepatu juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan kembali rambut yang mulai beruban.
Untuk merawat rambut dengan bunga sepatu Anda tinggal membuat masker rambut dan conditioner dari kelopak dan daun bunga sepatu. Campurkan kelopak bunga sepatu dan beberapa lembar daun bunga sepatu yang sudah dihaluskan dengan sedikit air. Gunakan untuk masker di kulit kepala.
Jika ingin membuat conditioner dari bunga sepatu, Anda tinggal mengganti air dalam resep masker tadi dengan minyak kelapa.

Mewarnai rambut

Bahan-bahan untuk membuat pewarna rambut dengan warna merah gelap adalah segenggam kelopak bunga sepatu merah dan segenggam kelopak mawar merah. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan ke rambut seperti ramuan-ramuan sebelumnya. Untuk campuran pewarna ini, semakin lama Anda mendiamkannya sebelum dibilas, akan semakin maksimal hasilnya.
Ulangi proses tersebut 2 sampai 3 kali seminggu agar warna merah yang didapatkan lebih bagus. Tah hanya memberikan warna merah yang alami, campuran ini juga bisa memberikan kilau yang cantik pada rambut.

Manfaat Teh Kembang Sepatu Untuk Kesehatan
  • Kembang sepatu juga tergolong makanan yang bergizi karena menjadi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, mineral, dan antioksidan. Nutrisi tersebut juga dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan.
  • Bahkan, keluhan umum seperti sakit tenggorokan dan batuk bisa disembuhkan dengan minum teh herbal ini.
  • Mengatasi rambut rontok. Konsumsi teh kembang sepatu secara teratur juga dapat mencegah rambut rontok. Namun, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan masker rambut. Rebus kembang sepatu dan kemudian basuh air rebusan tersebut pada rambut. Cara ini membantu mengobati rambut rontok.
  • Kembang sepatu juga sering digunakan sebagai obat alami untuk jerawat. Jika Anda ingin melawan jerawat, rendam kembang sepatu di dalam air selama beberapa jam dan kemudian haluskan menjadi pasta. Campur dengan madu dan oleskan pada kulit yang berjerawat.
  • Obat alami untuk pilek, flu batuk, dan demam. Teh herbal ini dapat mengobati flu dan demam yang sedang Anda derita.
  • Teh kembang sepatu mengurangi sensasi terbakar dalam tubuh wanita sebagai tanda awal menopause. Wanita juga dapat menikmati manfaat kesehatan dari teh herbal ini setelah menopause. Teh ini dapat memberi efek yang menenangkan serta mendinginkan tubuh.
  • Kaya akan antioksidan. Teh kembang sepatu dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Kembang sepatu juga dikenal sebagai penambah energi lho. Bunga-bunga berwarna merah merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, yang dapat menaikkan metabolisme dan energi tubuh.
  • Penurun kolesterol jahat. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Chung Shan Medical University di Taiwan menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam kembang sepatu dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.
  • Kembang sepatu adalah obat alami untuk hipertensi. Teh herbal ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang secara otomatis menurunkan tingkat stres dan hipertensi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:05
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.