loading...

Bunga Kenanga: Manfaat dan Cara Membuat Obat Herbal Ramuan Bunga Kenanga

Posted by

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuan Obat Bunga Kenanga
Bunga Kenongo. Sebutan bunga kenanga dalam bahasa Jawa adalah kenongo, bunga kenanga (Canangium odoratum) merupakan tanaman hias yang biasa ditanam dipekarangan yang cukup luas karena tingginya bisa mencapai belasan meter, tetapi biasanya hanya ditata penanamannya pada ketinggian 1 - 3 meter saja agar lebih dapat dinikmati keindahan bunganya. Bunga Kenanga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan:

Bunga Kenanga
Bunga Kenanga untuk Obat Sesak Napas
Bunga kenanga juga berkhasiat untuk mengobati sesak nafas karena asma maupun alergi. Caranya, ½ genggam bunga kenanga dan 1 ½ sendok gula putih direbus dengan satu gelas air panas hingga tersisa setengah gelas. Saring airnya dan minum secara teratur tiap pagi dan sore hari.

Ramuan Bunga Kenanga untuk Obat Malaria
Untuk mengobati malaria, ambil 3 kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan. Kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, lalu ditutup rapat. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum secara teratur.
 
Jamu Setelah Melahirkan
Setelah melahirkan, seorang ibu perlu memulihkan kembali kondisi tubuhnya. Zaman dahulu kala saat dokter dan bidan masih jarang, para guguni atau paraji, sering membuatkan jamu untuk memulihkan kondisi Ibu yang melahirkan.

Berikut ramuannya: bunga kenanga yang masih muda, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, kunyit, jongrahab, jalawe, dan jakeling. Semua bahan tersebut ditumbuk halus (dipipis), kemudian diseduh dengan air panas. Kemudian airnya disaring dan diminum.

Mengobati Bronkhitis
Untuk mengobati bronkhitis, sediakan 2 kuntum bunga kenanga, lalu direbus dengan satu gelas air panas sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya diminum secara rutin setiap pagi dan sore.



Mengobati Sakit kuning
Penyakit kuning dapat diobati dengan ramuan temulawak dicampur dengan bambu kuning. Namun kenanga bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit kuning.

Untuk mengobati sakit kuning menggunakan bunga kuning, siapkan 3 kuntum bunga kenanga masukkan ke gelas air panas, setelah itu ditutup hingga dingin. Setelah itu minum 3 kali sehari sebanyak 1/3 gelas sekali minum.

Mengobati kudis
50 gram bunga kenanga dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan 20 cc minyak goreng kemudian panaskan sebentar. Setelah dingin oles pada bagian kulit yang terkena kudis.

Ramuan Bunga Kenanga Untuk Obat  Digigit serangga
Bila anda digigit berbagai macam serangga, obati langsung menggunakan bunga kenanga. Caranya sediakan 2 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, serta 10 kuntum bunga melati. Remas dengan 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian tempel pada luka bekas gigitan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:25
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.