loading...

Buah Maja: Manfaat Pohon dan Buah Maja

Posted by

Tanaman Buah Maja. Buah Maja ini dikenal dengan nama lokal Berenuk, Bernuk atau Brenuk, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Calabash Tree. Ada beberapa jenis Crescentia yaitu Crescentia cujete, Crescentia alata, dan Crescentia portoricensis. Bernuk Crescentia alata, berbentuk sama dengan Crescentia cujete, hanya ukuran buahnya agak lebih kecil. Yang buahnya berbeda adalah bernuk Crescentia portoricensis. Bentuk buahnya memanjang seperti labu air, dengan warna hijau tua.Tanaman ini merupakan jenis tanaman perdu dengan tinggi 6 – 10 meter. Tajuk memanjang ke samping, cabang pohon panjang dan tertutup oleh kumpulan dedaunan. Umum dijumpai di tepi hutan, di padang rumput dan di tepi jalan sampai dengan ketinggian 420 meter di atas permukaan air laut. Kulit pohon berwarna pucat, daunnya bisa mencapai 20×6 cm, berbunga di bulan Mei – Januari. Buahnya bisa sebesar bola volley dan mencapai diameter 25 cm, berwarna hijau dengan kulit (tempurung) sangat keras. Kayunya keras, berat namun elastis. 

Buah Maja

MANFAAT TANAMAN MAJA
Meskipun dagingnya berasa pahit dan tidak bisa dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut ternyata secara umum tanaman ini mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain :

1.        Sebagai pupuk cair
Kandungan tanaman ini pernah diteliti di Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional Serikat Tani Indonesia di daerah Bogor. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata buah Maja dapat dimanfaatkan sebagai pupuk cair untuk meningkatkan produktifitas tanaman buah dengan cara sebagai berikut : Buah maja yang tidak terlalu tua (jangan sampai terlalu tua karena kulitnya akan keras sekali) diambil dagingnya, lalu dihancurkan. Daging buah yang sudah hancur dimasukan ke dalam drum yang sudah terisi dengan campuran air dan urine ternak yang ada di sekitar kita. Setelah dicampur, diaduk lalu ditutup dan diamkan selama seminggu, setelah seminggu, buka kembali drum dan lakukan pengadukan lagi, setelah itu tunggu selama seminggu  lagi baru kemudian larutan tersebut bisa diaplikasikan. Untuk pengaplikasian bisa dilihat dari tingkat keenceran, jika larutan cukup pekat maka untuk pengaplikasian bisa diencerkan dengan perbandingan 1: 3 atau 1:5, jika larutan encer bisa langsung diaplikasikan ke tanaman, khususnya untuk tanaman yang menghasilkan buah. Pengaplikasian akan lebih efektif pada saat tanaman berbunga.

2.        Sebagai insektisida alami
Kandungan tanaman ini sangat tidak disukai oleh serangga yang bisa menjadi hama tanaman buah sehingga penyemprotan pupuk cair bisa berfungsi juga sebagai pengusir serangga.

3.        Sebagai pengusir tikus
Informasi manfaat buah Maja sebagai pengusir tikus didapat oleh penulis ketika bertemu dengan seorang warga Trowulan yang kala itu tengah asyik memunguti buah yang jatuh di halaman Museum Majapahit. Ternyata buah itu akan digunakannya sebagai pengusir tikus di rumah. Masuk akal, karena lagi-lagi kandungan zat di dalam buah yang membuat tikus-tikus itu “menghilang” karena mungkin indera penciumannya menangkap bau yang kurang mereka sukai. Caranya mudah yaitu cukup menaruh saja buah tersebut di daerah yang sering disinggahi oleh tikus.

4.        Sebagai bahan kerajinan
Tempurung buah Maja berukuran 2 kali lipat dari tempurung kelapa dan bertekstur keras. Namun di tangan orang yang kreatif, tempurung yang biasa menjadi limbah bisa diolah menjadi kerajinan yang menghasilkan omzet jutaan rupiah per bulan. Seperti yang dilakukan oleh seorang pengrajin dari Bogor yang mengolah tempurung buah Maja menjadi gayung, cangkir, poci/teko, tas tangan, dan lampu duduk. Caranya mudah, petik buahnya lalu buang dagingnya kemudian dijemur di bawah terik matahari. Setelah kering, tempurung bisa langsung dibentuk sesuai selera. Untuk finishing bisa mempercantiknya dengan cat atau vernis.

5.        Sebagai tanaman peneduh jalan dan penghias taman
Tajuknya yang melebar dan daun yang rapat membuat tanaman ini cocok ditanam di taman kota atau di sisi jalan sebagai peneduh. Bisa juga ditanam sebagai penghias halaman rumah karena bentuk tanamannya yang unik dan menarik karena buahnya yang berbentuk besar, bulat berwarna hijau dan bisa tumbuh sampai puluhan buah pada satu pohon.

6.        Sebagai tanaman obat
Di daerah asalnya di Amerika Tengah, tanaman ini biasa digunakan sebagai obat alami untuk beberapa penyakit misalnya penyakit saluran kencing, sakit kepala, sakit gigi, sakit telinga, asma, luka bakar, batuk, demam, menstruasi yang tidak teratur, gangguan prostat. Di Haiti, St. Lucia dan Mexico, buah ini di jus untuk mencegah diare. Di Venezuela digunakan untuk menyembuhkan tumor dan radang. Di Karibia digunakan sebagai obat penahan rasa sakit, anti radang untuk menyembuhkan trauma. Di Kostarika digunakan sebagai obat pencahar/cuci perut.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:51
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.