loading...

Biji Rambutan, Manfaatnya Untuk Obat Diabetes / Kencing Manis

Posted by

Manfaat Biji Rambutan 

Tanaman atau Pohon Buah rambutan (Nephelium lappaceum) adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapincia Ceap berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Tanaman rambutan ini sudah sangat memasyarakat dan dikenal luas di negara kita. Banyak jenis rambutan yang beredar di pasaran dengan rasa dan tekstur khasnya masing-masing. Buah ini digemari hampir semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Klasifikasi Ilmiah Rambutan:
  • Divisi : Mognoliophyta
  • Kelas : Mognoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Sapindaceae
  • Genus : Nephelium
  • Spesies : N. Lappaceum
Biji rambutan yang anda buang begitu saja saat memakan buah rambutan menyimpan satu manfaat tersembunyi yang mungkin sangat dibutuhkan oleh orang-orang dengan penyakit tertentu, bahkan penyakit yang sebenarnya tidak ada obatnya selain hanya mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh yaitu diabetes. Biji buah rambutan juga dapat dimanfaatkan untuk terapi bagi penderita diabetes atau kencing manis. Biji rambutan tidak beracun dan mengandung karbohidrat, lemak, protein, yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dari gizi. Biji rambutan juga mengandung lemak polifenol cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah) sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis (diabetes mellitus yang cenderung tinggi).
Cara Mengolah Biji Rambutan Untuk Mengobati Kencing Manis
Ambilah Biji rambutan (5 biji) digoreng sangrai (sangria), lalu digiling sampai menjadi serbuk. Kemudian, diseduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.
Penjelasan
Caranya adalah ambilah lima buah rambutan yang sudah masak, pisahkan bijinya. Potong biji rambutan menjadi bagian-bagian kecil, lalu sangrai sampai berwarna kuning kehitaman. Giling halus sampai menjadi bubuk. Masukkan seluruh bubuk ke dalam cangkir, seduh dengan air panas. Setelah dingin, minum bagian air yang bening sekaligus buang ampas atau endapannya. Lakukan sebelum makan sebanyak 1-3 kali sehari, tergantung pada seberapa tinggi kadar gula saat melakukan terapi ini. Konsumsi setiap hari jika perlu.
 
Kesehatan memang mahal harganya, pola makan yang tidak baik adalah pemicu utama timbulnya penyakit-penyakit seperti diabetes, jantung dan asam urat disamping penyebab-penyebab lainnya. Saat anda mengkonsumsi obat, meskipun namanya obat herbal tetap tidak boleh berlebihan karena semua yang berlebihan pasti ada efek sampingnya dan kurang baik buat tubuh kita.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:56
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.