loading...

Belajar Sejarah Wahabi langsung dari sumbernya

Posted by

Sering kita jumpai tulisan, komentar, celetukan tentang WAHHABI… ketika ada perbedaan pendapat.

Aslinya, istilah Wahhabi ini berasal dari kata Al Wahhab (Pemberi Karunia), salah satu asmaaul husna sebagaimana kata Ar Rahman, Ar Rahim, Al Malik, Al Qudus, As Salam dst…

Dalam Al Quran kita dapati kalimat ini dalam QS Ali Imran: 8 (Innaka anta al Wahhaab; Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Karunia), atau dalam do’a sering diucapkan Rabbanaa HAB lanaa min azwaajina… (QS Al Furqan [25]: 74). Karena berbentuk fi’il ammar (permintaan) maka huruf waaw sebagai huruf ‘illat dihilangkan dari WAHABA menjadi HAB saja, spt AKALA (makan) menjadi KUL (makanlah), beda huruf dengan QUL (katakanlah).

Kata al Wahhab ini juga dijumpai dalam QS Shad [38]: 9 dan Qs Shad [38]: 35 yg semuanya merujuk pada nama Allah Subhanahu wa ta’ala.

Sosok yang selalu dituding membawa faham wahabi adalah Muhammad bin Abdul Wahhab (hidup 1701 – 1793 M atau 1115 – 1206 H) yang pandangannya sering dianggap radikal dan tekstual. Meski yg menuduh bisa jadi belum pernah baca langsung satupun karya beliau.

Kitab beliau yg mungkin paling tipis dan paling ringkas adalah Kitab Tauhid.

Kalau versi terjemahan biasanya ditulis penulisnya Muhammad at Tamimi. Anda bisa gugling sendiri dan unduh lalu baca, biar ketika diskusi gak asbun.

Adapun mazhab yang paling populer di kalangan umat Islam ada 4, yaitu hanafi, malikiy, syafi’iy, dan hanbaliy dengan tokoh utama masing2 Abu Hanifah (80 – 150 H), Malik bin Anas (93 – 179 H), Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i (150 – 204 H) dan Ahmad bin Hanbal (164 – 241 H). Jadi mereka semua adalah orang-orang yang hidup di antara abad 1 – 3 Hijriyah.

Pendapat Muhammad bin Abdul Wahhab sesungguhnya tidak keluar dari pendapat para Imam terdahulu.

Selain itu ada juga mazhab Zhahiri (tekstualis) yg dipelopori oleh Dawud bin Ali (200 – 270 H). Salah satu tokohnya yg terkenal adalah Ibnu Hazm kelahirian Andalusia (Spanyol) thn 348 H yg hidup di era kejayaan Bani Umayah II. Ia terkenal dengan keilmuannya yang mendalam. Menguasai banyak perbendaharaan ilmiah dan ensiklopedia pada masanya. Para ulama memandang kagum atas prestasi keilmuan yang dicapai Ibn Hazm.

Salah satu kitab beliau yg paling terkenal adalah Al Fashlu fil Milaal wal ahwaa wan nihal yg memuat penjelasan dan perbandingan berbagai macam mazhab, fiqh, aqidah hingga aliran-aliran sesat dalam Islam.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:58

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.